Penyebab Alergi yang Muncul Tiba-Tiba saat Masa Kehamilan

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   01 Desember 2020
Penyebab Alergi yang Muncul Tiba-Tiba saat Masa KehamilanPenyebab Alergi yang Muncul Tiba-Tiba saat Masa Kehamilan

Halodoc, Jakarta – Alergi pada masa kehamilan adalah kondisi yang sebenarnya bisa saja terjadi. Kondisi ini bisa muncul pada orang yang memang memiliki riwayat alergi sebelum hamil, atau belum pernah mengalaminya sama sekali. Dengan kata lain, alergi tiba-tiba muncul saat masa kehamilan. Lantas, apa yang menjadi penyebab hal ini bisa terjadi? 

Alergi adalah respons tubuh yang muncul akibat paparan alergen alias zat pemicu alergi. Semua orang bisa mengalami kondisi ini, termasuk ibu hamil. Ada banyak faktor yang bisa meningkatkan risiko munculnya alergi pada masa kehamilan, mulai dari paparan zat alergen hingga perubahan yang terjadi baik pada fisik maupun perubahan hormon. 

Baca juga: Cegah Anak Alergi, Ibu Hamil Wajib Konsumsi ini saat Hamil

Alergi pada Masa Kehamilan 

Respons tubuh terhadap alergi bisa beragam, mulai dari bersin, kesulitan bernapas, hingga sensasi gatal pada mata yang terasa mengganggu. Meski sebelumnya tidak memiliki riwayat alergi, gejala tersebut tetap bisa muncul pada masa kehamilan. Sayangnya, mengatasi alergi pada ibu hamil mungkin tidak semudah pada kondisi normal. 

Ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat-obatan, sebab ada risiko kandungan obat bisa memberi dampak negatif pada tubuh ibu maupun janin yang dikandung. Nyatanya, alergi adalah kondisi yang cukup umum menyerang wanita hamil, bahkan yang sebelumnya tidak memiliki gejala alergi. 

Baca juga: Ibu Hamil Alergi Susu, Ini 8 Makanan Pengganti yang Tepat

Namun, pada orang yang sebelumnya sudah memiliki riwayat alergi, tidak perlu khawatir. Wanita yang memiliki riwayat alergi masih memiliki peluang untuk menjalani kehamilan yang sehat dan aman. Kendati begitu, disarankan untuk tetap rutin melakukan pemeriksaan ke dokter, sebab kehamilan bisa membuat gejala alergi menjadi lebih buruk dari biasanya. 

Jika sebelumnya sudah memiliki riwayat alergi, ibu hamil sebaiknya selalu menghindari hal-hal yang bisa memicu alergi. Jika memungkinkan, ibu hamil bisa meminta bantuan dari suami atau anggota keluarga lain untuk selalu mengingatkan dan mencegah paparan alergen. Pertolongan pertama perlu dilakukan untuk mengatasi gejala alergi, terutama alergi yang memicu gangguan pada saluran pernapasan. 

Ibu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk mencari tahu pertolongan pertama untuk mengatasi alergi pada masa kehamilan. Sampaikan gejala alergi pada masa kehamilan pada dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Untuk mencegah munculnya gejala alergi pada masa kehamilan, ibu disarankan untuk selalu menghindari zat pemicu alergi. Selain itu, terapkan juga pola hidup sehat untuk membantu mencegah munculnya masalah alergi pada masa kehamilan. Alergi yang muncul pada masa kehamilan bisa saja bersifat seasonal alias bertahan pada musim tertentu saja. 

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Gatal-gatal saat Hamil

Pada kondisi yang ringan, gejala alergi biasanya akan menghilang dalam waktu tertentu. Kabar buruknya, ada beberapa kelompok ibu hamil dengan alergi bisa mengalami kondisi ini dalam jangka panjang, bahkan memburuk seiring berjalannya waktu. Kalau itu yang terjadi, disarankan langsung melakukan pemeriksaan ke rumah sakit untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab alergi muncul pada masa kehamilan. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Treat Seasonal Allergies During Pregnancy.
WebMD. Diakses pada 2020. Allergies.
What to Expect. Diakses pada 2020. Allergies During Pregnancy. 


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan