Cegah Anak Alergi, Ibu Hamil Wajib Konsumsi ini saat Hamil

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Agustus 2022
Cegah Anak Alergi, Ibu Hamil Wajib Konsumsi ini saat HamilCegah Anak Alergi, Ibu Hamil Wajib Konsumsi ini saat Hamil

"Ada beberapa makanan sehat yang perlu dikonsumsi ibu hamil, untuk menurunkan risiko alergi pada anak. Salah satunya adalah yoghurt."

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi makanan sehat selama masa kehamilan adalah salah satu hal yang perlu dilakukan oleh ibu. Hal ini dilakukan guna mempersiapkan kesehatan ibu dan anak yang berada dalam kandungan. Nyatanya, ibu yang memiliki riwayat alergi berpotensi untuk menularkan alergi pada bayi dalam kandungan. Alergi sendiri memiliki pengertian reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap bahaya meskipun sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh kamu.

Penyebab alergi yang paling banyak adalah faktor makanan. Ada banyak cara yang bisa ibu lakukan untuk mencegah anak terlahir dengan alergi. Pada saat ibu sedang mengandung, sebaiknya hindari mengonsumsi karbohidrat dan lemak secara berlebihan. Kedua nutrisi tersebut akan memberikan dampak peradangan dalam tubuh bayi dan memicu inflamasi. Keadaan tersebut akan memicu imun anak untuk bereaksi lebih keras. Selain itu, ibu juga perlu menghindari beberapa makanan yang memang menjadi sumber alergi bagi ibu. Namun, jika ibu tidak memiliki alergi terhadap apapun, tidak ada pantangan bagi ibu hamil.

Sebenarnya untuk mencegah anak memiliki alergi ketika dilahirkan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang memiliki banyak nutrisi dan gizi untuk bayi. Tidak hanya itu, sebaiknya ibu tidak berlebihan saat mengonsumsi satu jenis makanan. Mengonsumsi makanan secara berlebihan pada saat kehamilan, nyatanya dapat membuat kesempatan anak terlahir dengan alergi makanan menjadi lebih besar.

Namun untuk mencegah kemungkinan, tidak ada salahnya ibu hamil mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Probiotik adalah bakteri baik yang bisa membantu ibu untuk meningkatkan imunitas tubuh. Probiotik dapat membantu tubuh ibu untuk menyeimbangkan bakteri baik dan bakteri buruk dalam tubuh, sehingga tubuh bisa bekerja sesuai dengan fungsinya.

Banyak makanan yang mengandung probiotik. Tentunya, tidak hanya untuk mencegah alergi pada anak, beberapa makanan ini juga memiliki kandungan nutrisi dan gizi lainnya agar ibu tetap sehat dan perkembangan bayi dalam kandungan pun sehat.

1. Yoghurt

Salah satu sumber probiotik alami yang bisa ibu konsumsi adalah yoghurt. Tidak hanya sebagai sumber probiotik, yoghurt nyatanya memiliki banyak manfaat lainnya untuk ibu hamil. Salah satunya untuk melancarkan pencernaan.

Masalah pencernaan adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh ibu hamil. Ibu hamil bisa mengonsumsi yoghurt dengan campuran buah-buahan lainnya. Hal ini agar nutrisi yang ibu konsumsi semakin sempurna.

2. Tempe

Tentu tempe adalah salah satu makanan yang paling mudah ditemui di Indonesia. Ya, tempe juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai sumber probiotik yang alami. Berasal dari kacang kedelai yang difermentasi, tempe mengandung vitamin B12 yang diperlukan oleh ibu. Perhatikan proses pengolahan tempe dengan baik, agar segala kandungan dan nutrisinya masih bisa dirasakan oleh ibu hamil.

3. Keju

Beberapa jenis keju, seperti cheddar dan gouda, nyatanya mengandung probiotik yang cukup baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Tidak hanya dari makanan, banyak faktor yang dapat menyebabkan anak terlahir dengan memiliki alergi. Salah satunya adalah faktor lingkungan. Tidak ada salahnya ibu bertanya pada dokter mengenai masalah alergi pada anak jika memiliki keluhan. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter tepercaya. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2022. I'm Pregnant. Can I Lower My Baby's Food Allergy Risk?
Parents. Diakses pada 2022. Baby Food Allergies: Fact and Fiction.
NHS UK. Diakses pada 2022. Have a Healthy Diet in Pregnancy.
Healthline. Diakses pada 2022. Mom’s Diet in Pregnancy Can Affect Child’s Allergies.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan