• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perawatan Polisitemia Vera yang Bisa Dilakukan di Rumah

Perawatan Polisitemia Vera yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Menyerang sumsum tulang belakang, penyakit polisitemia vera sebenarnya tidak bisa disembuhkan. Namun, perawatan dan pengobatan perlu dilakukan untuk mengontrol gejala dan mencegah penyakit menjadi lebih parah. Selain pengobatan medis di rumah sakit, pengidap penyakit ini juga perlu melakukan perawatan mandiri di rumah. 

Polisitemia vera merupakan penyakit yang terjadi karena ada gangguan pada sumsum tulang belakang. Meski tergolong langka, tetapi penyakit ini ternyata lebih sering mengintai pria dibandingkan wanita. Kondisi ini menyebabkan ada kelainan atau ketidaknormalan pengaturan sel-sel darah merah di dalam tubuh. Lantas, apa saja perawatan mandiri di rumah yang bisa dilakukan untuk pengidap penyakit ini?

Baca juga: Orang Berusia di Atas 60 Tahun Rentan Kena Polisitemia Vera 

Pengobatan di Rumah untuk Polisitemia Vera

Pada pengidap polisitemia vera, terjadi mutasi gen yang menyebabkan sel-sel pada sumsum tulang memproduksi sel darah merah secara berlebihan. Padahal dalam kondisi normal, tubuh mengatur dan menentukan jumlah sel-sel darah merah yang akan diproduksi sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Sayangnya, hingga kini masih belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab mutasi tersebut. 

Orang yang mengidap penyakit ini biasanya akan mengalami peningkatan jumlah sel darah merah, yang terkadang juga disertai dengan kenaikan platelet dan sel darah putih. Peningkatan kadar hemoglobin dan penurunan kadar hormon eritropoietin juga menjadi tanda seseorang mengalami penyakit ini. Kondisi tersebut akan terdeteksi melalui pemeriksaan. 

Baca juga: 7 Fakta tentang Penyakit Langka Polisitemia Vera

Kabar buruknya, polisitemia vera adalah penyakit kronis yang tidak bisa disembuhkan. Meski begitu, pengobatan tetap dibutuhkan dan harus dijalani oleh pengidapnya. Pengobatan bertujuan untuk mengurangi jumlah sel darah, mencegah komplikasi, serta mengurangi gejala yang muncul. Secara medis, penyakit ini ditangani dengan cara mengeluarkan darah pembuluh darah vena dan konsumsi obat tertentu. 

Selain dengan cara medis, perawatan di rumah juga perlu dilakukan untuk mengatasi penyakit ini. Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan dan sebaiknya diterapkan untuk mencegah penyakit polisitemia vera menjadi semakin parah, di antaranya: 

  • Rutin berolahraga dengan intensitas ringan, hindari memaksakan diri. 
  • Hindari udara yang terlalu dingin, misalnya gunung atau dataran tinggi.
  • Selalu kenakan pakaian yang bisa menghangatkan tubuh pada cuaca dingin dan perbanyak minum air putih. 
  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung dan berlebihan, terutama pada saat cuaca panas. 
  • Perhatikan dan periksa bagian tubuh, terutama kaki dan tangan. Segera hubungi dokter jika muncul luka pada area tubuh tersebut. 
  • Jangan mandi dengan air panas atau melakukan sauna. Selain itu, hindari menggaruk area kulit yang terasa gatal karena bisa menimbulkan luka. 
  • Hentikan kebiasaan merokok.

Kondisi ini sebaiknya tidak dianggap sepele. Pastikan untuk selalu mengikuti saran dokter, menjalani pengobatan medis dengan teratur, dan terapkan gaya hidup sehat. Nyatanya,  hal tersebut bisa membantu mengontrol gejala dan menghindari risiko munculnya komplikasi dari penyakit polisitemia vera.

Baca juga:  Kenali Penyebab dan Cara Penanganan Polisitemia Vera

Cari tahu lebih lanjut seputar penyakit polisitemia vera dan tips perawatan di rumah dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Rare Disease Information. Diakses pada 2020. Polycythemia Vera.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Polycythemia Vera.
Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Polycythemia Vera.