• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perbaiki Postur Tubuh dengan 5 Gerakan Yoga Ini

Perbaiki Postur Tubuh dengan 5 Gerakan Yoga Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Perbaiki Postur Tubuh dengan 5 Gerakan Yoga Ini

Halodoc, Jakarta - Ada banyak hal yang bisa memengaruhi postur tubuh seseorang, termasuk kebiasaan duduk berlama-lama di depan meja dan menatap layar komputer. Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan masalah serius, seperti nyeri punggung, masalah kardiovaskular, masalah pencernaan, dan akhirnya mengubah lekuk tulang belakang. 

Jika kamu duduk dengan postur yang tidak tepat, misalnya membungkuk, maka dapat mengubah postur tubuh secara drastis. Untuk mengatasi postur tubuh yang buruk yaitu dengan melakukan olahraga yoga. Olahraga ini mampu melawan efek negatif duduk di meja sepanjang hari yang berkontribusi pada postur tubuh yang buruk. Bagaimana melakukannya?

Baca juga: Perut Rata dengan 3 Gerakan Yoga Ini

Gerakan Yoga untuk Perbaiki Postur Tubuh

Olahraga yoga dapat memperbaiki postur tubuh secara nyata. Gerakan-gerakan yoga membantu kamu melawan kecenderungan untuk membungkuk serta meningkatkan kesadaran tubuh dan kekuatan otot inti. Semuanya membantu untuk memperbaiki postur tubuh dengan melakukan beberapa gerakan ini:

  • Mountain Pose (Tadasana)

Walaupun gerakan ini terlihat cukup sederhana, mountain pose ini jika dilakukan dengan benar sebenarnya cukup rumit. Pose ini mengajarkan kamu untuk merasakan saat tubuh berada dalam posisi vertikal yang sempurna. Dibutuhkan banyak latihan dan koreksi untuk bisa melakukan ini sendiri.

Awalnya, kamu mungkin mengkompensasi kecenderungan membungkuk dengan mendorong bahu terlalu jauh ke belakang dan menjulurkan dada. Ini bukan inti dari gerakan, namun gerakan ini menemukan posisi netral di mana kamu tidak mencondongkan tubuh ke depan atau ke belakang dan kamu merasa simetris di kedua sisi garis tengah. 

  • Heart Bench

Gerakan ini juga disebut pose ikan. Gerakan ini lebih baik apabila dilakukan sebelum tidur atau setelah perjalanan jauh dengan mobil. Berikut ini cara untuk melakukan gerakan ini, yaitu:

  1. Kamu membutuhkan dua balok yoga.
  2. Atur kedua balok pada ketinggian sedang.
  3. Bagian panjang dari balok diletakkan di antara tulang belikat dan blok yang satunya untuk menahan kepala.
  4. Berbaring di atas balok, temukan posisi yang nyaman.
  5. Relaksasikan seluruh tubuh dan tari bahu menjauh dari telinga saat kamu mengistirahatkan telapak tangan di samping. 
  6. Cobalah lakukan selama 3-5 menit. 

Baca juga: 4 Gerakan Yoga yang Cocok untuk Pengidap Asma

  • Cat-Cow Stretch (Chakravakasana)

Peregangan pose cat-cow ini baik untuk membantu kamu menemukan lekuk tulang belakang yang ideal dan alami. Dengan menggerakkan tulang belakang fleksi (cat) ke ekstensi (cow), melewati otot inti (bagian tengah), kamu akan mempelajari posisi netral dengan lebih akura. Biarkan gerakan yang berasal dari tulang ekor dan naik ke atas tulang belakang sehingga kepala menjadi yang terakhir bergerak. 

  • Bridge Pose (Setu Bandha Sarvangasana)

Gerakan ini dapat membuka dada dan bahu dengan lembut. Ini adalah dua area yang sering menyempit pada orang dengan postur tubuh yang buruk. Gerakan ini juga mampu memperkuat punggung dan memberikan tulang punggung lebih banyak dukungan. 

Setelah kamu mengangkat pinggul, berhenti sejenak untuk menyelipkan setiap tulang belikat ke punggung. Kemudian, kendurkan bokong dan angkat pinggul sedikit lebih tinggi. 

Baca juga: Gerakan Yoga yang Baik untuk Kesehatan Jantung

  • Plank

Gerakan plank adalah cara yang bagus untuk mendapatkan kekuatan otot. Gerakan ini juga dapat mencari area yang lemah. Berhati-hatilah untuk melakukan gerakan ini, pastikan bokong tidak terlalu mencuat atau terkulai. Cobalah untuk menemukan posisi tengahnya. Libatkan perut secara keseluruhan, tarik pusar dengan lembut ke arah tulang belakang. Berusahalah untuk menahan gerakan ini selama satu menit atau lebih. 

Itulah gerakan yoga yang dapat memperbaiki postur tubuh yang dapat kamu coba. Jika setelah melakukan gerakan ini namun postur tubuh tidak kunjung membaik. Maka, itulah saatnya untuk berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc untuk penanganan medis lainnya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2020. Yoga Poses for Better Posture
Yogi Approved. Diakses pada 2020. Practice These 10 Yoga Poses to Correct Bad Posture
Do You. Diakses pada 2020. The 30 DayYoga Challenge