4 Gerakan Yoga yang Cocok untuk Pengidap Asma

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4-gerakan-yoga-yang-cocok-untuk-pengidap-asma-halodoc

Halodoc, Jakarta – Yoga dikenal sebagai jenis olahraga yang punya banyak manfaat. Beberapa manfaat yoga yang terkenal adalah meningkatkan suasana hati, menghilangkan stres dan meningkatkan fleksibilitas. Namun, manfaat yoga sebenarnya enggak hanya sebatas itu saja lho. Tahukah kamu bahwa yoga bisa menjadi latihan untuk mengatasi asma? Yuk, simak gerakan yoga yang cocok untuk pengidap asma di bawah ini.

Dalam sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Jurnal Fisiologi dan Farmakologi di India, para peneliti membandingkan fungsi paru-paru dan kapasitas difusi (seberapa baik paru-paru memproses udara) pengidap asma sebelum dan 2 bulan sesudah berlatih yoga. Hasilnya, para peneliti tersebut menemukan bahwa pernapasan yoga dan postur peregangan dapat meningkatkan kekuatan pernapasan, mengendurkan otot-otot dada, memperluas paru-paru, dan membantu menenangkan tubuh.

Secara umum, pose berdiri yang melibatkan gerakan menekuk lutut ke depan dan ke belakang, seperti pose shoulder stand dan The Plow, dapat memijat tulang belakang dan membantu kondisi paru-paru kamu, sehingga sistem kekebalan tubuh kamu menjadi lebih kuat. Selain itu, ada juga beberapa pose yoga khusus yang dapat membantu mengatasi gejala asma dan alergi.

Baca juga: 5 Pose Yoga untuk Kesehatan Pencernaan

1. Pose Warrior 1

Pose ini akan membantu dada dan paru-paru kamu lebih terbuka dan dengan bantuan gravitasi, pose ini juga akan membantu mengalirkan lendir dari hidung dan paru-paru kamu. Caranya, pertama-tama berdirilah tegap dengan kedua lengan ditaruh di samping tubuh. Kemudian, langkahkan kaki kanan ke depan sejauh mungkin, dan tekuk lutut kanan hingga paha kiri kamu sejajar dengan lantai. Usahakan agar tumit kaki kiri belakang tetap berpijak di lantai. Saat kamu menekuk lutut kanan, angkat kedua tangan di atas kepala dan usahakan agar jaraknya hanya selebar bahu. Kedua tangan juga harus lurus ke atas dan kedua telapak tangan saling berhadapan (lengan kamu harus berada tepat di samping telinga).

Lakukan pose ini sambil menarik napas dan buang napas secara perlahan. Tahan pose warrior 1 ini selama 3 hingga 10 tarikan napas yang dalam dan lambat. Setelah selesai, kembali berdiri dan ulangi pose dengan kaki kiri di depan.

2. Pose Half Moon

Pose yoga yang satu ini memudahkan kamu bernapas dengan membuka tulang rusuk dan paru-paru kamu, sehingga akan membantu menjernihkan kepala bila kamu sedang mengalami gejala demam, seperti bersin, pilek, dan mata berair.

Caranya adalah berdirilah tegap dengan kaki selebar bahu dan lengan di samping tubuh. Letakkan tangan kiri di pinggul kiri dan putar kaki kanan 90 derajat ke kanan. Lalu secara perlahan, rentangkan lengan kanan lurus ke samping setinggi bahu. Kemudian, tekuk pinggang kamu, raih dengan tangan kanan dan taruh ujung jari kamu di lantai, beberapa inci di depan kaki kanan. Setelah itu, angkat kaki kiri lurus ke belakang hingga sejajar dengan lantai dan buka pinggul ke kiri. Rentangkan lengan kiri kamu agar sejajar dengan lengan kanan kamu. Putar kepala dan lihatlah tangan kiri kamu. Tahan pose ini selama 3 hingga 5 tarikan napas. Setelah selesai, kembalilah berdiri dan ulangi pose di sisi yang berlawanan.

3. Pose Shoulder Stand

Baik pose shoulder stand dan plow sama-sama digunakan untuk membuka saluran hidung dan membantu meredakan sinus. Lipat dua atau lebih selimut menjadi persegi panjang dan susun untuk membantu kamu melakukan pose ini.

Cara melakukan shoulder stand adalah berbaringlah sehingga kepala kamu ada di lantai dan pundak kamu ada di atas selimut. Letakkan tangan kamu rata di lantai, sehingga sejajar dengan tubuh kamu, lalu tekuk lutut dan letakkan kaki rata di lantai. Kemudian, angkatlah kedua kaki lurus ke atas. Dengan bantuan kedua tangan, angkat juga pinggang kamu ke atas, sehingga tidak menyentuh lantai. Tahan pose ini selama 30 detik. Seiring kekuatan kamu meningkat, kamu bisa menambahkan waktunya secara bertahap, 5–10 detik lebih lama sampai bisa melakukannya dengan nyaman selama 3 menit.

Baca juga: Sinusitis Bikin Kepala Pusing? Atasi dengan Cara Ini

4. Plow Pose

Plow pose biasanya dilakukan setelah melakukan pose shoulder stand. Dimulai dari pose shoulder stand, tekuk pinggul, sehingga lutut mengarah ke wajah kamu, dan perlahan-lahan taruh kaki hingga jari-jari kaki menyentuh lantai di belakang kepala. Tubuh kamu harus tegak lurus dengan lantai dan kaki harus lurus dan benar-benar memanjang. Pose ini memang sedikit lebih sulit dan rawan cedera. Karena itu bagi kamu yang masih pemula, sebaiknya lakukan pose ini di bawah pengawasan instruktur yoga yang ahli.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dihindari Pengidap Asma

Itulah 4 pose yoga yang baik untuk dilakukan pengidap asma. Bila kamu ingin membeli obat asma, gunakan saja aplikasi Halodoc. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. 4 Best Yoga Poses If You Have Allergies Or Asthma.