• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gerakan Yoga yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Gerakan Yoga yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Yoga kini menjadi salah satu jenis olahraga yang semakin digemari. Tidak heran, karena olahraga ini memang sangat baik untuk kamu yang ingin meditasi dan menghilangkan kepenatan, mengusir segala energi negatif dari tubuh dan menjadi lebih tenang. Namun tidak hanya itu, ternyata yoga pun punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya jantung. 

Pasalnya, angka kematian yang terjadi karena jantung semakin meningkat setiap tahunnya, dan ini tentu harus menjadi perhatian lebih, terutama untuk diri sendiri. Penyebabnya tak lain tidak bukan adalah pola hidup dan pola makan yang tidak sehat yang mengakibatkan terjadinya tekanan darah dan kolesterol tinggi. 

Gerakan-Gerakan Yoga untuk Jantung Lebih Sehat

Tentu saja, menjaga kesehatan tubuh dengan membiasakan pola hidup dan pola makan yang sehat harus kamu lakukan. Selain meningkatkan imunitas tubuh secara keseluruhan, hidup sehat dan pola makan yang baik akan membantu menjaga kesehatan jantung kamu. Hasilnya akan semakin maksimal jika kamu rutin melakukan olahraga dan meditasi, seperti yoga. 

Baca juga: 5 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jiwa

Lalu, mengapa harus yoga? Pastinya, karena yoga melibatkan fokus dan meditasi serta fisik. Rutin melakukan yoga akan membuat kamu lebih paham tentang apa yang dibutuhkan tubuh, bagaimana mengendalikan emosi dan pikiran. Nantinya, kamu akan bisa menyesuaikan diri dengan kesehatan mental dan fisik. Secara tidak langsung, aktivitas yoga akan membantu kerja paru, sirkulasi darah, dan jantung menjadi lebih optimal. 

Masalah jantung memang tidak bisa dianggap sepele, karena kelainan ini menyumbang angka kematian terbesar di dunia. Jadi, jika kamu merasa ada gejala yang tidak biasa pada jantung kamu, segera buat janji dengan dokter ahli penyakit dalam di rumah sakit terdekat agar kamu segera mendapatkan penanganan. Pakai aplikasi Halodoc agar buat janji dengan dokter apa saja di rumah sakit semakin mudah. 

Baca juga: Temukan Cara Awet Muda Melalui Yoga

Lalu, apa saja gerakan yoga yang memang baik untuk kesehatan jantung? Berikut ini di antaranya: 

  • Janu Sirsasana

Gerakan ini diawali dengan duduk dan posisi kaki lurus ke depan. Lalu, tekuklah lutut kanan ke arah luar hingga membentuk sudut 90 derajat atau menyiku. Selanjutnya, tekan telapak kaki kanan kamu ke paha kiri bagian dalam. Bungkukkan tubuh hingga kedua tangan kamu berhasil menyentuh telapak kaki kiri. Sembari melakukannya, buanglah napas dan tarik jari kaki kiri ke arah tubuh. Tahan selama 5 sampai 10 siklus napas dan lakukan bergantian pada kaki satunya. 

  • Padangusthasana

Gerakan ini diawali dengan berdiri tegak, lebarkan kaki hingga sejajar pinggul, dan letakkan tangan pada kedua pinggul. Tarik napas perlahan dan hembuskan, kemudian condongkan tubuh untuk meraih jari-jari kaki. Biarkan kepala dan leher lebih relaks, jika paha belakang terasa kencang, tekuklah lutut sedikit. 

  • Setu Bandha Sarvangasana

Awali dengan berbaring telentang, posisi kaki selebar pinggul, lalu tekuk lutut. Sebisa mungkin, bawa kaki sedekat mungkin ke bagian tulang duduk. Lalu, tarik napas, tekan kaki, dan lengan ke lantai dan angkatlah pinggul ke atas. Genggamlah kedua tangan dan ayunkan ke bahu, lalu tekan ke lantai. Bukalah dada dan angkat bagian kaki dan panggul ke atas. 

  • Supta Padangusthasana

Berbaringlah telentang dan letakkan kepala senyaman mungkin di lantai. Tekuk lutut kanan dan angkat kaki kanan ke atas dengan memegang jempol menggunakan tangan kanan. Sementara itu, letakkan tangan kiri di atas agar kaki kiri tetap stabil. Luruskan kaki kanan sesuai dengan kemampuan. 

Baca juga: 5 Tips Sebelum Melakukan Olahraga Yoga

Referensi: 
Active. Diakses pada 2019. 4 Yoga Poses for a Healthy Heart.
Sharecare. Diakses pada 2019. 8 Best Yoga Poses for Heart Health.
NDTV Food. Diakses pada 2019. 10 Easy Yoga Postures for a Healthy Heart.