Perut Rata dengan 3 Gerakan Yoga Ini

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Perut Rata dengan 3 Gerakan Yoga Ini

Halodoc, Jakarta - Hampir setiap orang mengidamkan perut yang rata. Segala usaha untuk meratakannya akan dilakukan, mulai dari diet hingga berolahraga. Sudah pernahkah kamu mencoba olahraga yoga untuk meratakan perut? 

Banyak yang telah membuktikan bahwa yoga mampu meratakan perut secara efektif karena cara kerjanya yang memusatkan keseimbangan pada perut. Namun yang terpenting yaitu konsistensi kamu dalam menjalani olahraga ini supaya semakin efektif dalam meratakan perut. Kamu bisa menanyakan olahraga atau gaya hidup lainnya pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai cara meratakan perut. 

Baca juga: Kunci Menjalani Diet Sehat yang Perlu Diketahui

Gerakan atau posisi yoga berikut ini perlu kamu latih untuk merasakan keterlibatan inti tubuh, mengangkat, dan menopang seluruh tubuh dari perut. Jika dilatih secara rutin, maka perut rata idaman bisa didapatkan.

1. Posisi Warrior 1

Tahap pertama, ambil langkah mundur kaki kiri sekitar 3 kaki dan tekuk lutut kanan ke arah sudut 90 derajat. Coba arahkan jari-jari kaki sedikit ke depan sambil menjaga tumit tetap ditekan.

Tahap berikutnya, angkat kedua lengan ke langit-langit. Tujuan gerakan ini agar membuat paha sejajar dengan lantai. Kamu akan merasa seolah-olah berusaha mencapai langit-langit dengan ujung jari saat kamu tenggelam dengan tubuh bagian bawah. Jaga supaya tubuh bagian atas tetap lurus dan tahan selama 1 menit. Kemudian kembalilah pada posisi berdiri.

Lalu, turunkan kaki kanan kamu ke belakang 3 kaki dan tekuk kaki kiri ke sudut 90 derajat. Bawa lengan lurus ke langit-langit dan tahan selama 1 menit. Luangkan waktu sebentar dan perhatikan jika ada perbedaan antara satu sisi dan sisi lainnya. Salah satu tujuan posisi yoga ini, selain mendapatkan perut yang rata, adalah untuk menyeimbangkan tubuh untuk mencegah cedera dan menciptakan simetri. 

2. Posisi Spinal Twist

Posisi yoga ini dilakukan dengan menyatukan lutut dan menggulungnya ke punggung. Peluk lutut ke dada dan perlahan-lahan goyangkan sisi tubuh kamu, pijat punggung bagian bawah. Kemudian jaga lutut sebelah kanan ke dada dan gerakkan kaki kiri lurus ke lantai. Lalu ambil napas dalam-dalam. Saat menghembuskan napas, bawa lutut kanan melewati tubuh ke arah sisi kiri ruangan sambil menjaga kedua bahu di lantai. Setelah itu bahwa lengan kanan kamu lurus keluar dari bahu kamu dan lihat ke kanan. 

Kamu perlu menahan regangan selama 30 detik, lalu ganti sisi. Untuk melakukan ini, kedua lutut harus kembali ke dada. Kali ini lutut kiri kamu tetap di dalam dan kaki kanan lurus ke lantai. Bawa lutut kiri ke sisi kanan ruangan dengan tangan kiri lurus keluar dari bahu, lalu lihat keluar bahu kiri kamu. 

Baca juga: 5 Rahasia Yoga yang Bermanfaat Bagi Tubuh

3. Posisi Kursi

Gerakan ini diawali dari posisi berdiri, satukan kaki dengan kaki bersentuhan. Tenggakkan pinggul kamu ke belakang seolah sedang duduk di kursi dan angkat tangan ke atas, pegang lurus ke sampai telinga. Tahan selama 45 detik hingga 1 menit. Apabila kamu ingin lebih menantang diri sendiri, coba untuk menggeser sedikit lebih berat ke tumit kamu. Gerakan ini untuk menggerakkan otot-otot agar bekerja dengan seimbang. 

Itulah gerakan yoga yang bisa dilakukan untuk membantu kamu meratakan perut. Selain rutin berolahraga, tentunya memerhatikan pola makan sehari-hari juga diperlukan agar hasilnya menjadi maksimal.

Referensi:

Prevention. Diakses pada 2019. Yoga Poses for A Flatter Belly.
Health. Diakses pada 2019. The Best Yoga Pose for A Flat Belly.