• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perkuat Imun Tubuh, Masturbasi Bisa Cegah Virus Corona?

Perkuat Imun Tubuh, Masturbasi Bisa Cegah Virus Corona?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Sejak beberapa bulan terakhir, penduduk dunia sedang menjalani fase yang sangat tidak menyenangkan. Ya, virus corona yang menjadi penyebab COVID-19 sudah ditetapkan sebagai pandemi global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak Maret lalu. COVID-19 sudah memaksa kita semua untuk melakukan physical distancing dan karantina di rumah.

Kebanyakan orang pada awalnya hanya menganggap sepele virus ini seperti halnya flu biasa. Namun, semenjak kasus melonjak drastis di berbagai negara, orang-orang mulai panik dan khawatir serta melakukan berbagai cara untuk memperkuat sistem imun. Selain menerapkan gaya hidup sehat, apakah benar bahwa sistem imun tubuh menjadi lebih kuat berkat masturbasi? 

Baca juga: Tak Pandang Usia, Kaum Muda Juga Bisa Terinfeksi Virus Corona

Masturbasi Bantu Cegah Corona, Benarkah?

Di Indonesia, membicarakan hal terkait masturbasi memang masih cukup tabu. Padahal, aktivitas seksual ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan sistem imun. Penelitian yang dilakukan oleh Departemen Psikologi Medis di University Clinic of Essen, Jerman, menerbitkan hasil penelitian yang cukup menarik dalam jurnal Neuroimmunomodulation pada tahun 2004.

Penelitian ini mengamati sekelompok pria yang terdiri dari 11 orang partisipan. Studi ini mengamati efek orgasme melalui masturbasi terhadap jumlah sel darah dan sistem kekebalan tubuh. Jumlah sel darah putih setiap peserta dicatat lima menit sebelum dan 45 menit setelah mencapai orgasme tunggal. Hasilnya, sel darah putih meningkat jumlahnya setelah para pria tersebut mengalami orgasme. 

Meski begitu, tidak semua peneliti sependapat dengan hal ini. Gail Saltz, MD, profesor psikiatri di Presbyterian Weill-Cornell School of Medicine di New York-School Hospital, mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada penelitian yang secara khusus membuktikan bahwa masturbasi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara mencegah atau membantu melawan infeksi. Menurutnya, rangsangan seksual diyakini dapat memengaruhi produksi bahan kimia yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh. 

Sejauh ini, masturbasi hingga tercapainya orgasme telah diyakini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti mengurangi stres, mengurangi tekanan darah, meningkatkan kepercayaan diri, menghilangkan rasa sakit, dan membuat tidur lebih nyenyak. Semua hal tersebut dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Jika kamu ingin tahu apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imun selama pandemi global COVID-19 ini berlangsung, kamu bisa diskusikan dengan dokter di Halodoc. Ambil smartphone kamu, dan buka fitur chat di aplikasi Halodoc. Dokter berpengalaman akan memberikan informasi kesehatan dan tips untuk menjaga kesehatan selama pandemi ini berlangsung. Download aplikasinya sekarang juga, ya!

Baca juga: Tertawa Bisa Bantu Atasi Cemas karena Corona, Ini Faktanya

Tubuh Lebih Rileks Berkat Masturbasi

Selama pandemi global COVID-19 ini jelas kita semua mau tidak mau terpapar berita yang kurang menyenangkan dari berbagai media setiap hari. Mulai dari ancaman krisis ekonomi, stabilitas politik, hingga angka kematian yang semakin meningkat membuat kita stres, cemas, dan mulai panik.  Nah, di sinilah manfaat masturbasi bisa kamu dapatkan.

Melansir Big Think, masturbasi menyalurkan dopamin, yakni senyawa kimia yang berkaitan dengan rasa kenikmatan. Berkat aliran dopamin yang dilepaskan selama orgasme, ada juga pelepasan hormon yang disebut oksitosin, yang lebih sering disebut sebagai "hormon cinta." Senyawa ini tidak hanya meningkatkan suasana hati, tetapi juga akan mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi. Oksitosin juga bekerja dengan cara mengurangi kortisol, yakni hormon stres yang akan meningkat saat kamu merasa cemas, takut, dan panik.

Orgasme juga merupakan aktivitas yang akan meledakan jumlah dopamin di tubuh manusia secara alami. Dengan meningkatkan kadar oksitosin dan dopamin serta menurunkan kortisol, otak akan menjadi lebih santai, gembira, dan tenang. 

Baca juga: Tom Hanks dan Cerita Mereka yang Sembuh dari Corona

Tidak hanya itu, Mayo Clinic juga mengatakan bahwa hampir semua jenis olahraga dapat bertindak sebagai penghilang stres. Pasalnya mereka terbukti mampu melepaskan endorfin. Nah, masturbasi juga bisa kita anggap sebagai aktivitas fisik, bukan?

Ingat, meskipun masturbasi dapat menghentikan sejumlah hormon penting tubuh, namun masturbasi tidak dapat menghindarkan kamu dari sakit. Cara terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan menerapkan pola makan sehat dan rutin berolahraga. Atau kamu juga bisa mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc!

Referensi:
Big Think. Diakses pada 2020. Masturbation Boosts Your Immune System, Helping You Fight Off Infection and Illness.
Health. Diakses pada 2020. Does Masturbating Boost Your Immune System? We Asked a Doctor.
Healthline. Diakses pada 2020. Masturbation Effects on Your Health: Side Effects and Benefits
Tirto. Diakses pada 2020. Masturbasi Tingkatkan Sistem Imun dan Bisa Cegah Infeksi Virus.