Perlu Tahu, Ini 10 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 September 2023

“Salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah dapat menggunakan langkah sederhana, seperti rutin membersihkan wajah. Lainnya, dapat dibantu dengan prosedur medis seperti laser.”

Perlu Tahu, Ini 10 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara AlamiPerlu Tahu, Ini 10 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami

Halodoc, Jakarta – Pori-pori adalah lubang pada kulit yang berfungsi mengeluarkan keringat dan minyak (sebum). Lubang-lubang ini bisa membesar karena berbagai hal, salah satunya penumpukan kotoran yang terperangkap di dalamnya. Namun, kamu tak perlu cemas karena banyak cara mengecilkan pori-pori wajah yang alami dan aman.

Sayangnya, tidak banyak yang tahu kalau pori-pori wajah yang membesar ini bisa memicu berbagai masalah kulit. Contohnya, produksi minyak yang berlebih, munculnya jerawat, hingga komedo. Nah, pertanyaannya, bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah?

cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami

Apa Penyebab Pori-pori Wajah Besar?

Penyebab pori-pori wajah besar bukan hanya berasal dari penumpukan kotoran pada permukaan kulit. Beberapa kondisi ini juga berperan dalam masalah tersebut:

1. Fluktuasi hormon

Ukurannya pori-pori ikut berubah sesuai dengan fluktuasi hormon. Misalnya, wajah ibu hamil terkadang terlihat lebih halus dan berseri ketika kehamilan. Sebagian lainnya justru memiliki kulit kusam dan berminyak.

2. Paparan UV berlebihan

Paparan sinar matahari memicu penebalan kulit dan menurunkan produksi kolagen. Dampaknya, elastisitas kulit akan berkurang, sehingga kulit terlihat lebih kendur dan memiliki pori-pori yang besar.

Selain kulit, paparan UV juga bisa berdampak pada tubuh secara menyeluruh. Baca artikel → Mengenal Dampak Sinar Matahari pada Tubuh Manusia untuk informasi lebih lengkap. 

3. Pertambahan usia

Seiring waktu, elastisitas kulit makin berkurang, begitu pula dengan produksi kolagen. Dampaknya, kulit jadi terlihat kendur atau melorot, muncul keriput, dan pori-pori terlihat lebih membesar. 

4. Sering mencuci muka

Membersihkan wajah memang aktivitas yang wajib. Namun, jika terlalu sering, cara ini justru berisiko melebarkan pori-pori wajah. Sebab, penggunaan sabun wajah berpotensi mengiritasi kulit. Dampaknya, kulit jadi menebal dan melebarkan ukuran pori-pori.

5. Merokok

Merokok tidak hanya merusak kesehatan paru-paru saja, tapi juga kulit. Kebiasaan ini dapat merusak elastisitas kulit dan berisiko menimbulkan tanda penuaan diri. Misalnya, pori-pori besar, keriput, dan kendur.

6. Melewatkan double cleansing

Teknik membersihkan wajah double cleansing berfungsi untuk memastikan tidak akan residu atau kotoran yang masih tertinggal pada permukaan kulit. Sebab, partikel tersebut yang menjadi salah satu pemicu pori-pori besar. 

7. Makan makanan berlemak

Mengonsumsi makanan berlemak dapat meningkatkan produksi minyak pada wajah, sehingga pori-pori berisiko tersumbat dan membesar. Jadi, sebaiknya ganti dengan makanan sehat dengan yang rendah lemak, sayuran, dan buah-buahan.

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami

Besarnya pori-pori menjadi tempat yang nyaman bagi kotoran dan bakteri. Jika tidak segera kamu tangani, kondisi itu dapat memicu munculnya jerawat yang meradang. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan beberapa langkah sederhana berikut ini:

1. Rutin membersihkan wajah 

Langkah perawatan kulit yang pertama bisa dengan rutin membersihkannya sebanyak 2 kali sehari. Namun, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah ini:

  • Basahi wajah dengan air biasa (tidak dingin dan tidak panas).
  • Aplikasikan sabun cuci wajah sesuai jenis kulit dan pijat dengan gerakan melingkar. Lakukan selama 30 sampai 60 detik.
  • Bilas sampai bersih dan tepuk-tepuk sampai kering. Jangan menggosok atau mengelapnya.
  • Praktikkan cara ini dalam 2 kali sehari pada pagi dan malam hari untuk mencegah penumpukan kotoran pada pori-pori.

2. Cara mengecilkan por-pori wajah dengan menggunakan pelembap 

Menggunakan pelembap secara teratur dapat membantu mengecilkan pori-pori sekaligus mengencangkan kulit. Tak hanya itu, produk ini juga membantu meningkatkan elastisitas kulit, sehingga tampak lebih awet muda.

3. Mengaplikasikan tabir surya 

Selain pelembap, pastikan juga untuk selalu menggunakan tabir surya. Terutama jika kamu banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Sebaiknya gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 guna melindungi kulit dari paparan sinar UV. 

4. Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan eksfoliasi

Cara mengecilkan pori-pori wajah juga bisa dengan mendapatkan perawatan yang tepat. Salah satunya dengan mengeksfoliasi secara rutin, setidaknya 1 sampai 2 kali seminggu. Perawatan ini bisa kamu lakukan dengan bahan alami. Misalnya, gula, garam, madu, dan soda kue.

5. Mengonsumsi makanan sehat 

Selain perawatan dari luar, cara mengecilkan pori-pori wajah juga harus berasal dari dalam. Agar kulit wajah selalu sehat, pastikan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Selain itu, kamu bisa membaca artikel ini untuk mengetahui makanan apa saja yang menyehatkan kulit → 8 Makanan Untuk Kulit Sehat Sepanjang Tahun.

6. Mengevaluasi produk perawatan kulit

Caranya, pilih produk skincare yang mampu mengurangi kelebihan sebum pada kulit. Produk jenis ini berpotensi mengiritasi kulit ketika kamu pakai dalam jangka panjang. Kandungannya berupa asam salisilat.

Asam salisilat memang dapat mengecilkan pori-pori, tapi berisiko mengikis lapisan atas kulit, sehingga menjadi lebih kering. Efeknya tak hanya mengiritasi, tapi membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya.

Jadi, pastikan bahwa semua produk skincare yang kamu gunakan memiliki label non-comedogenic. Produk ini berbasis air dan tidak berisiko menyumbat pori-pori. Dengan begitu, lubang pori-pori dapat tersamarkan seiring waktu.

7. Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan masker tanah liat

Masker tanah liat atau clay mask efektif membantu menghilangkan kotoran, kulit mati, dan minyak pada permukaan kulit. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakannya dua kali seminggu.

Namun, hindari menggunakannya setelah mengeksfoliasi kulit. Sebab, cara ini justru bisa meningkatkan risiko iritasi. Dampaknya, proses perawatan yang kamu lakukan justru tidak menghasilkan manfaat maksimal.

8. Hapus riasan sebelum tidur

Tidur dengan riasan tak hanya berisiko merusak kulit, tapi juga membesarkan ukuran pori-pori. Sebab, kosmetik bisa bercampur dengan minyak dan kotoran, serta bakteri yang berpotensi menyumbat pori-pori.

9. Mencukupi kebutuhan air 

Selain menerapkan beberapa langkah tadi, air putih juga dapat membantu menjaga kesehatan pori-pori. Cara kerjanya dengan:

  • Menghidrasi kulit dari dalam.
  • Menghilangkan racun dari pori-pori.
  • Meningkatkan kesehatan kulit secara menyeluruh.

Jadi, pastikan untuk mencukupi kebutuhan air putih, setidaknya 2 liter setiap hari. Kamu juga bisa memenuhi asupannya lewat jus buah tanpa gula tambahan atau infuse water.

10. Kompres air hangat

Apakah air hangat bisa mengecilkan pori-pori? Meski cara ini tak dapat mengecilkan secara langsung, tapi suhu panas dapat merelaksasi dan membuka pori-pori. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah membersihkan kotoran yang menumpuk.

Nah, itulah cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami ataupun melalui tindakan medis. Jika tak berhasil, kamu atau anggota keluargamu yang mengalami kondisi ini bisa tanyakan pada dokter spesialis kulit secara online melalui Halodoc untuk penanganan lebih lanjut.

Referensi: 
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2023. What Can Treat Large Facial Pores?
Healthline. Diakses pada 2023. Top 8 Ways to Get Rid of Large Pores.
WebMD. Diakses pada 2023. How to Minimize Your Pores.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan