• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini Cara Mengatasi Tulang Rusuk yang Sakit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini Cara Mengatasi Tulang Rusuk yang Sakit

Perlu Tahu, Ini Cara Mengatasi Tulang Rusuk yang Sakit

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 02 November 2021
Perlu Tahu, Ini Cara Mengatasi Tulang Rusuk yang Sakit

“Tulang rusuk bisa terasa sakit karena berbagai sebab. Mulai dari kondisi ringan seperti cedera otot, hingga penyakit serius seperti kanker tulang. Cara mengatasinya bisa dengan kompres dingin, minum obat pereda nyeri, dan pengobatan lainnya.”

Halodoc, Jakarta – Mengalami sakit pada tulang rusuk? Kondisi ini dapat terjadi setelah mengalami cedera, seperti otot yang tertarik atau patah pada tulang. Namun, pada beberapa kasus, ini juga bisa terjadi tanpa sebab yang jelas.  

Rasa sakit pada tulang rusuk bisa terjadi segera setelah cedera atau berkembang perlahan seiring waktu. Ini juga bisa menjadi tanda dari suatu kondisi medis yang mendasari. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Berikut ini pembahasannya!

Baca juga: Ini 4 Fungsi Rangka dan Bagian-bagiannya

Cara Mengatasi Sakit pada Tulang Rusuk

Untuk mengatasi sakit pada tulang rusuk, kamu perlu tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Sebab, pengobatan yang bisa dilakukan tergantung pada penyebab nyeri yang dialami. 

Jika sakit pada tulang bagian ini disebabkan oleh cedera ringan. Misalnya memar atau otot yang tertarik, pengobatan rumahan yang bisa dilakukan adalah mengompres dingin area yang sakit. Ini bermanfaat untuk meredakan nyeri dan mengurangi pembengkakan. 

Untuk meredakan rasa sakit yang dialami, kamu juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti asetaminofen. Apabila obat tersebut tidak bisa membantu, konsultasikanlah pada dokter untuk mendapatkan obat lain. 

Selain meresepkan obat yang dibutuhkan, dokter juga biasanya memberi pembungkus kompresi. Ini adalah perban besar yang elastis, untuk membalut dada. Ini bisa menahan area dada dan tulang rusuk dengan erat, sehingga cedera lebih lanjut dan rasa sakit yang parah bisa dicegah.

Meski begitu, tidak semua kasus sakit pada tulang bagian ini membutuhkan pembungkus kompresi. Sebab, ada risiko sulit untuk bernapas saat mengenakannya.

Jika rasa sakit pada tulang rusuk disebabkan oleh kanker tulang, kamu perlu berdiskusi lebih lanjut dengan dokter untuk membicarakan pilihan pengobatan yang sesuai. Dokter akan mencoba mencari tahu asal kanker dan memeriksa apakah kanker menyebar ke area lain dalam tubuh.

Baca juga: Berbagai Manfaat Gips saat Mengalami Patah Tulang

Pada kasus kanker tulang, dokter mungkin menyarankan operasi untuk mengangkat sel kanker atau biopsi pertumbuhan abnormal. Dalam beberapa kasus, operasi pengangkatan tidak mungkin dilakukan atau mungkin terlalu berbahaya. 

Pada kasus seperti ini, dokter dapat memilih untuk mengecilkannya menggunakan kemoterapi atau terapi radiasi. Setelah pertumbuhannya cukup kecil, dokter kemudian dapat mengangkatnya melalui pembedahan.

Hal-Hal yang Jadi Kemungkinan Penyebab

Penyebab paling umum dari nyeri tulang rusuk adalah otot yang tertarik atau memar pada tulang. Kemungkinan Penyebab lain rasa sakit di area tulang rusuk adalah:

  • Tulang patah.
  • Luka di dada.
  • Penyakit yang memengaruhi tulang, seperti osteoporosis.
  • Radang selaput paru-paru.
  • Kejang otot.
  • Tulang rawan tulang rusuk bengkak.

Bisakah Dicegah?

Pada kasus sakit tulang rusuk akibat ketegangan otot atau keseleo, upaya pencegahan tentu bisa dilakukan. Dengan cara meregangkan otot, menggunakan peralatan olahraga dengan benar, dan tetap minum air putih yang cukup.

Baca juga: 3 Cara Mencegah Osteoporosis Terjadi di Usia Muda

Jika suatu penyakit menjadi penyebab sakit pada tulang rusuk, perbanyaklah istirahat dan ikuti rencana pengobatan dari dokter. Perawatan rumahan mandiri, seperti mengoleskan es pada luka atau mandi air hangat, juga dapat membantu mencegah rasa sakit.

Itulah pembahasan mengenai sakit pada tulang rusuk dan cara mengatasinya. Dapat diketahui bahwa kondisi ini bisa terjadi karena cedera ringan, hingga masalah kesehatan serius seperti kanker. Pengobatan yang bisa dilakukan perlu disesuaikan dengan penyebabnya

Segera download aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter, jika kamu mengalami rasa sakit pada tulang rusuk. Dokter dapat membantu mengidentifikasi penyebab dan memberi saran pengobatan yang tepat.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What Causes Rib Pain and How to Treat It.
Very Well Health. Diakses pada 2021. Causes of Rib Cage Pain.