Perlu Tahu, Ini Cara Mengobati Lumpuh Otak pada Anak

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Oktober 2019
Perlu Tahu, Ini Cara Mengobati Lumpuh Otak pada AnakPerlu Tahu, Ini Cara Mengobati Lumpuh Otak pada Anak

Halodoc, Jakarta – Salah satu gangguan kesehatan yang rentan menyerang anak-anak adalah lumpuh otak alias cerebral palsy. Penyakit ini terjadi karena adanya gangguan pada tumbuh kembang anak, terutama perkembangan otak. Lumpuh otak menyebabkan pengidapnya mengalami gangguan pada gerakan dan koordinasi tubuh. Umumnya, gangguan perkembangan otak terjadi saat anak masih berada di dalam kandungan atau saat proses persalinan. 

Tidak hanya sebelum lahir, lumpuh otak juga bisa terjadi pada anak usia 2–5 tahun. Ada beberapa gejala yang sering muncul sebagai tanda dari penyakit ini, seperti tangan dan kaki mulai kehilangan fungsi dan menyebabkan organ ini tidak bekerja secara maksimal. Cerebral palsy secara umum menyebabkan gangguan gerakan reflek, yaitu memiliki gerakan yang kaku. Dalam beberapa kasus, kondisi sebaliknya malah mungkin terjadi lumpuh otak membuat tubuh pengidapnya terlalu lemas atau lentur. 

Baca juga: Faktor Penyebab Bayi Mengalami Lumpuh Otak

Pengobatan untuk Lumpuh Otak pada Anak

Lumpuh otak yang menyerang anak biasanya akan ditandai dengan gejala yang khas, yaitu postur tubuh yang terganggu serta gerakan yang tidak terkendali. Pengidap lumpuh otak biasanya akan berjalan dengan sedikit goyang atau terlihat sedikit aneh. Lumpuh otak pada bayi ditandai dengan gejala hilang reflek genggaman atau merangkak dengan satu kaki diseret. 

Cerebral palsy pada anak tidak hanya menyebabkan kelumpuhan, tetapi juga memicu gejala-gejala lainnya. Pengidap penyakit ini biasanya juga akan mengalami gangguan pada proses perkembangan otak. Hal itu kemudian bisa memicu terjadinya cacat intelektual, gangguan penglihatan dan pendengaran, serta kejang-kejang. Gangguan yang muncul akibat lumpuh otak bisa saja bersifat ringan hingga berat, tetapi biasanya tidak terlihat di awal.

Baca juga: 4 Gejala yang Menjadi Indikasi Orang Terkena Lumpuh Otak

Sayangnya, hingga kini masih belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab utama lumpuh otak bisa menyerang anak. Namun, penyakit lumpuh otak alias cerebral palsy sering disebut lebih rentan terjadi pada bayi yang lahir secara prematur. Sebab saat bayi terlahir prematur, ada kemungkinan pembuluh darah ke otak belum berkembang sempurna, sehingga menyebabkan gangguan perkembangan pada organ tersebut. 

Risiko penyakit ini juga disebut meningkat karena beberapa faktor, seperti mutasi pada gen yang mengontrol perkembangan otak, infeksi ibu yang memengaruhi perkembangan janin, hingga gangguan suplai darah ke otak yang sedang berkembang. Pernah mengalami trauma akibat kecelakaan atau terjatuh juga bisa menjadi penyebab lumpuh otak bisa menyerang bayi.

Kabar buruknya, belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan cerebral palsy. Meski begitu, kondisi ini tidak boleh dibiarkan tanpa penanganan sama sekali. Pengobatan untuk kondisi ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam beraktivitas secara mandiri. Lumpuh otak pada anak dilakukan dengan pemberian obat-obatan, terapi seperti fisioterapi dan terapi bicara, serta operasi. Tindakan operasi biasanya dilakukan bila kaku otot akibat lumpuh otak mengakibatkan kelainan pada tulang.  

Baca juga: Jangan Keliru, Ketahui Mitos Tentang Bell's Palsy

Masih penasaran tentang penyakit lumpuh otak pada anak dan apa saja cara pengobatannya? Tanya dokter di aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah bicara dengan dokter kapan dan di mana saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips kesehatan dan rekomendasi beli obat yang lebih aman dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Cerebral Palsy.
Healthline. Diakses pada 2019. Cerebral Palsy.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan