• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini Manfaat Pepaya untuk Kulit dan Rambut

Perlu Tahu, Ini Manfaat Pepaya untuk Kulit dan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Kalau kamu sedang membeli buah di toko buah-buahan atau pedagang buah keliling, pepaya pasti tidak pernah absen dijadikan display. Di Indonesia, pepaya mudah sekali ditemukan. Buah ini memiliki cita rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Tidak heran, banyak orang yang menyukai buah yang satu ini. Pepaya juga sering dicari-cari ketika seseorang mengalami masalah pencernaan karena ampuh mengatasi sembelit.

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Buah?

Tapi, tahukah kamu bahwa manfaat pepaya lebih dari itu ? Bukan cuma sembelit, ternyata pepaya juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Nah, dikutip dari Healthline, berikut sejumlah manfaat pepaya untuk kesehatan rambut dan kulit, yaitu:

  1. Mencegah Penuaan

Pepaya mengandung likopen, yaitu antioksidan yang dapat melawan tanda-tanda penuaan. Kerusakan kulit umumnya disebabkan oleh paparan radikal bebas yang berlebihan. Nah, likopen yang terkandung dalam pepaya mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas ini dengan membuat kulit tetap halus dan awet muda.

Studi yang diterbitkan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health menyebutkan, wanita berusia lanjut yang mengonsumsi campuran antioksidan termasuk vitamin C dan likopen, ternyata memiliki pengurangan kedalaman kerutan wajah.

  1. Mengontrol Jerawat

Pepaya mengandung enzim papain dan chymopapain yang dapat ditemukan dalam kandungan produk-produk untuk pengelupasan kulit. Enzim ini membantu mengurangi jerawat dengan menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Papain juga dapat menghilangkan keratin rusak yang menumpuk di kulit dan membentuk benjolan kecil. 

Vitamin A yang ada dalam pepaya diketahui juga berperan dalam pengobatan jerawat. Retinol adalah bentuk vitamin A topikal yang sering digunakan untuk mengobati serta mencegah lesi jerawat yang meradang.

Baca Juga: Selain Buah, Daun Pepaya juga Punya Manfaat untuk Kesehatan

  1. Mengobati Melasma

Melasma ditandai dengan sebagian area kulit menjadi lebih gelap dari kulit di sekitarnya. Nah, pepaya bisa dijadikan obat rumah untuk melasma. Dikutip dari Healthline, kandungan enzim, beta-karoten, vitamin, dan phytochemical dalam pepaya memiliki sifat pencerah kulit, sehingga dapat membantu mengobati melasma

Meskipun tidak berdasar oleh penelitian klinis, kandungan papain dalam pepaya terbukti dapat melarutkan protein tidak aktif, sehingga mampu mencerahkan dan melembutkan kulit. Kalau kamu mengidap melasma dan kondisinya sulit sekali disembuhkan, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih tepat. Sebelum mengunjungi rumah sakit, kamu bisa membuat janji dengan dokter terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc.

  1. Nutrisi untuk Rambut

Penelitian yang diterbitkan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health mengungkapkan, vitamin A dalam pepaya membantu kulit kepala untuk menghasilkan sebum yang memberi nutrisi, memperkuat, dan melindungi rambut. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu perlu menjadikan pepaya sebagai masker. Cara pembuatan masker pepaya sederhana saja. 

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah setengah pepaya matang, setengah cangkir minyak kelapa, dan satu sendok teh madu asli. Hancurkan pepaya sampai menjadi pasta, lalu campurkan dengan minyak kelapa dan madu. Setelah masker jadi, oleskan ke rambut dan biarkan selama 30-40 menit. Kemudian bilas, keramas, dan kondisikan rambut seperti biasanya.

  1. Membantu Pertumbuhan Rambut

Selain mencegah radikal bebas untuk kulit, antioksidan dalam pepaya mampu merangsang pertumbuhan rambut. Jika kamu sedang mengalami kerontokan dan ingin mengobatinya secara alami, kamu bisa menggunakan masker pepaya di atas secara rutin. Gunakan masker setidaknya 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Baca Juga: Kupas Tuntas, Manfaat Buah Semangka Bagi Tubuh

  1. Mencegah Ketombe

Salah satu penyebab utama ketombe adalah jamur yang mirip seperti ragi disebut malassezia. Artikel yang telah diterbitkan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health menunjukkan, sifat antijamur dari biji pepaya dapat membantu mengendalikan dan mencegah ketombe.

Nah, itulah beberapa manfaat dari pepaya untuk kulit dan rambut kamu. Hal ini membuktikan pepaya tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, namun juga mampu menunjang penampilan kamu lebih baik dengan kulit dan rambut yang sehat.

Referensi :
Healthline. Diakses pada 2020. Benefits of Papaya for Your Skin and Hair.
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Wrinkle reduction in post-menopausal women consuming a novel oral supplement: a double-blind placebo-controlled randomized study.
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Phytochemical and Antifungal Profiles of the Seeds of Carica Papaya L.
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Endogenous retinoids in the hair follicle and sebaceous gland.