11 February 2018

Kupas Tuntas, Manfaat Buah Semangka Bagi Tubuh

Kupas Tuntas, Manfaat Buah Semangka Bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta — 92% kandungan buah semangka adalah air. Walaupun begitu buah segar ini mengandung banyak nutrisi. Ada banyak manfaat buah semangka yang perlu kita ketahui, seperti mengandung vitamin A, B6 dan C, lycopene, antioksidan, dan asam amino. Ditambah lagi, buah tropis ini bebas dari lemak, rendah sodium dan hanya memiliki 40 kalori setiap cangkirnya.

 

Makanan yang mengandung antioksidan untuk mencegah kanker dan asam amino tinggi untuk sebagai protein tinggi yang bisa membantu tubuhmu untuk bisa berfungsi secara optimal.

 

Ilmuwan menemukan 15 - 20 miligram kandungan lycopene per-dua gelas penyajian. Lycopene sendiri merupakan zat kimia alami yang sering ditemukan di buah-buahan dan sayuran, dan dapat menstimulasi reaksi sehat di tubuh. Senyawa inilah yang memberikan warna merah di semangka, tomat dan grapefruit. Lycopene dikaitkan dengan kesehatan jantung, tulang dan pencegahan kanker prostat.

 

Untuk memaksimalkan asupan lycopene dari buah semangka, sebaiknya kamu mengonsumsi buah semangka yang sudah matang. Semakin merah warna buah semangka, semakin matang buah tersebut. Kandungan yang terdapat di semangka pun dipercaya bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, kesehatan kulit dan mata.  

 

Daging dibagian dalam pada buah semangka yang berwarna merah dan kulit buah semangka ini juga ternyata mengandung lebih banyak asam amino sitrulin lho!. Kamu bisa mengetahui manfaat buah semangka lainnya dengan tanyakan ke dokter ahli di Halodoc melalui voice/video call dan chat. Selain itu, kamu juga bisa beli vitamin dan cek laboratorium tanpa harus keluar rumah. Tunggu apalagi? Ayo, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play.