Selain Buah, Daun Pepaya juga Punya Manfaat untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Selain Buah, Daun Pepaya juga Punya Manfaat untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta - Buah pepaya telah lama dikenal manfaatnya, terutama dalam melancarkan pencernaan. Namun, manfaat baik ternyata juga bisa datang dari daunnya, lho. Rasanya yang pahit membuat banyak orang menghindarinya, padahal manfaat daun pepaya sangatlah baik bagi tubuh. Apa saja ya?

Dalam setiap 100 miligram daun pepaya, terkandung Tocophenol sebanyak 35 miligram. Daun pepaya tua memiliki kandungan senyawa fenolik, sedangkan pada daun pepaya yang masih muda, ada kandungan enzim papain yang berfungsi untuk memecah protein karena bersifat proteolitik

Namun secara umum daun pepaya mengandung papain 10 persen, khimoprotein 45 persen, dan lisozim 20 persen. Enzim khimoprotein akan berfungsi sebagai katalisator dalam reaksi hidrolisis antara protein dan polipeptida. Sedangkan enzim lisozim merupakan zat antibakteri yang bekerja dengan cara memecah dinding sel bakteri.

Baca juga: Mengenal Okra, Sayuran yang Baik untuk Pengidap Diabetes

Sementara itu, rasa pahit daun pepaya disebabkan oleh kandungan alkaloid karpain yang sangat efektif digunakan untuk menurunkan demam, mereduksi tekanan darah, dan membunuh mikroba seperti amuba. Jika ingin lebih yakin, kamu bisa mendiskusikan manfaat daun pepaya ini dengan dokter.

Sekarang, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan bisa dilakukan di aplikasi Halodoc, lho. Lewat fitur Talk to a Doctor, kamu bisa obrolkan langsung gejalamu melalui Chat atau Voice/Video Call.

Segudang Manfaat yang Ditawarkan Daun Pepaya

Bicara soal manfaat, daun pepaya nyata menawarkan banyak, lho. Dengan kandungan zatnya yang begitu banyak, berikut manfaat daun pepaya untuk kesehatan:

1. Mengobati Nyeri Haid

Siapa yang setiap bulannya selalu bergulat dengan nyeri haid? Meski banyak produk obat yang digadang mampu mengatasinya, nyeri bulanan ini ternyata bisa diatasi dengan mengonsumsi daun pepaya, lho. Caranya, ambil satu lembar daun pepaya, air, asam jawa, dan garam, rebus hingga matang. Minumlah air rebusan tersebut.

2. Penambah Nafsu Makan 

Punya anak yang susah makan? Daun pepaya bisa menjadi solusi. Tumbuk daun pepaya, saring, lalu ambil airnya. Air inilah yang dapat digunakan sebagai obat penambah nafsu makan anak.

3. Melancarkan ASI 

Busui tentu gelisah jika produksi ASI mulai tidak lancar. Namun, tidak perlu cemas, sebab hal ini dapat diatasi juga dengan daun pepaya. Caranya adalah ambil lima lembar daun pepaya, letakkan di atas api hingga layu, kemudian tempelkan pada bagian payudara, kecuali pada puting saat masih hangat.

Baca juga: Enak Dibuat Jus, Ketahui 7 Manfaat Alpukat

4. Sebagai Suplemen Alami untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Alih-alih mencoba berbagai produk suplemen daya tahan tubuh, mengapa tidak coba cara alami dahulu? Kandungan nutrisi dalam daun pepaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mencegah berbagai penyakit dan infeksi. 

5. Menurunkan Tekanan Darah 

Sebagai penurun darah tinggi, dapat digunakan rebusan lima lembar daun pepaya dengan setengah liter air. Minum air rebusan tersebut dengan menambahkan gula atau madu sebagai pemanis.

6. Memperkuat Tulang dan Gigi 

Selain mengonsumsi susu dengan kandungan kalsium tinggi, memperkuat tulang dan gigi ternyata juga bisa dilakukan dengan banyak mengonsumsi daun pepaya, lho. Kandungan alami yang dimiliki oleh daun pepaya, dapat memperkuat tulang dan gigi. Olahlah daun pepaya menjadi berbagai kreasi sajian dan selipkan dalam menu harian. 

7. Menghilangkan Jerawat

Untuk menghilangkan jerawat, tumbuk dua lembar daun pepaya tua yang sudah di jemur sebelumnya. Campurkan air hangat pada tumbukan tersebut, kemudian oleskan pada muka yang berjerawat selama kurang lebih 20-30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

8. Membantu Pertumbuhan Rambut

Melimpahnya kandungan phytochemical dalam daun pepaya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Zat ini juga mampu mencegah berbagai masalah rambut seperti kulit kepala gatal, kebotakan, dan penipisan rambut.

Baca juga: 5 Jenis Asupan Makanan untuk Pengidap Anemia

9. Melawan Diabetes

Tak hanya hipertensi, pengidap diabetes juga ternyata bisa merasakan manfaat baik dari mengonsumsi daun pepaya. Daun ini mampu meningkatkan sensitivitas glukosa, mengurangi kadar gula yang tinggi, serta mengurangi biomarker yang berhubungan dengan diabetes tipe II. 

Sumber antioksidan yang melimpah dapat mencegah kelebihan glukosa dalam aliran darah, yang juga dapat mengurangi kerusakan. Seperti diketahui bahwa diabetes dapat menyebabkan kerusakan organ, saraf, luka dan sebagainya. Kandungan dalam daun pepaya dapat mempercepat penyembuhan luka pada pengidap diabetes dan mencegah stres oksidatif.

Itulah berbagai manfaat daun pepaya yang mungkin tidak kamu duga. Mulai sekarang perbanyak konsumsi daun pepaya dan sayuran hijau lainnya, agar tubuh tetap fit, ya. Selain itu, penting juga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Untuk melakukan pemeriksaan, kini kamu bisa langsung buat janji dengan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc, lho. Tunggu apa lagi? Yuk download aplikasinya sekarang!