3 Pengobatan Alami Atasi Jerawat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
3 Pengobatan Alami Atasi Jerawat

Halodoc, Jakarta - Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat dengan minyak dan sel-sel kulit mati. Sumbatan tersebut tidak hanya dapat menyebabkan jerawat, tetapi juga komedo. Jerawat adalah hal yang paling umum terjadi pada seorang remaja, walaupun dapat menyerang semua orang di semua rentang usia.

Perawatan yang efektif dapat kamu lakukan, tetapi jerawat yang terjadi bisa bertahan lama. Jerawat dan benjolan yang dapat sembuh dengan perlahan, dan ketika salah satu jerawat sudah menghilang, gangguan yang sama di lokasi lainnya dapat muncul.

Jerawat yang terjadi pun dapat tergantung pada tingkat keparahannya. Gangguan pada wajah tersebut dapat menyebabkan tekanan emosional dan melukai kulit. Semakin awal kamu memulai pengobatan, maka semakin rendah risiko kamu terhadap masalah tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Hilangkan Jerawat

Penyebab Jerawat

Terdapat empat faktor utama yang menyebabkan seseorang mengalami jerawat pada tubuhnya, yaitu:

  • Kelebihan produksi minyak.

  • Folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

  • Bakteri.

  • Kelebihan aktivitas sejenis hormon.

Jerawat biasanya muncul di wajah, dahi, dada, punggung bagian atas dan bahu karena area kulit tersebut memiliki kelenjar minyak paling banyak. Folikel rambut terhubung ke kelenjar minyak. Pada dinding folikel yang menonjol dapat menghasilkan komedo.

Jerawat muncul seperti bintik-bintik merah dengan pusat putih yang berkembang ketika folikel rambut tersumbat menjadi meradang atau terinfeksi bakteri. Penyumbatan dan peradangan yang berkembang jauh di dalam folikel rambut menghasilkan benjolan mirip kista di bawah permukaan kulit. Pori-pori lain di kulit kamu biasanya tidak terlibat dalam jerawat.

Baca Juga : Inilah Hormon Jerawat dan Cara Mengatasinya

Pengobatan Alami untuk Mengatasi Jerawat

Beberapa pengobatan alami yang paling populer untuk jerawat adalah penggunaan ekstrak herbal alami. Pengobatan ini telah digunakan oleh para ahli pengobatan tradisional selama ratusan tahun. Berikut adalah beberapa pengobatan alami untuk atasi jerawat:

  1. Minyak Pohon Teh

Salah satu pengobatan alami untuk atasi jerawat adalah minyak pohon teh. Cairan tersebut mengandung antibakteri alami dan anti-inflamasi, yang berarti dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Kandungan dari bahan alami tersebut juga dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat.

Disebutkan bahwa produk dari minyak pohon teh dapat mengurangi jumlah luka jerawat pada orang dengan jerawat ringan hingga sedang. Hal tersebut karena minyak pohon teh dapat berperan seperti 5 persen benzoil peroksida, yang merupakan obat jerawat biasa yang dijual bebas.

  1. Cuka Sari apel

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk pengobatan jerawat adalah cuka sari apel. Bahan tersebut dibuat dengan cara memfermentasi sari apel, atau jus tanpa filter dari apel yang ditekan. Seperti cuka lainnya, cuka dikenal karena kemampuannya melawan banyak jenis bakteri dan virus.

Cuka sari apel mengandung beberapa asam organik yang telah terbukti membunuh bakteri penyebab jerawat. Kandungan asam suksinat telah terbukti dapat menekan peradangan yang disebabkan oleh bakteri P. acnes, yang dapat mencegah jaringan parut. Pengobatan tersebut juga dapat meminimalisir minyak penyebab jerawat.

  1. Madu

Madu telah digunakan untuk merawat kondisi kulit, seperti jerawat, selama ribuan tahun. Bahan ini mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu untuk membersihkan limbah dan puing-puing dari pori-pori yang tersumbat. Umumnya, madu digunakan dalam pembalut luka karena sifatnya yang anti bakteri dan penyembuhan luka.

Untuk mengatasi jerawat yang timbul, kamu dapat menggunakan jari atau kapas yang bersih. Setelah itu, gosoklah sedikit madu ke bagian jerawat yang tumbuh. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan madu ke masker wajah atau tubuh kamu.

Baca Juga : Begini Cara Menghilangkan Jerawat dengan Metode Alami

Itulah beberapa pengobatan alami yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Jika kamu ingin membuat janji temu dengan dokter di rumah sakit perihal jerawat, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan Halodoc. Ayo, download sekarang di App Store dan Google Play!