Pertimbangkan Hal Ini saat Memilih Kandang Hamster

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Juli 2021
Pertimbangkan Hal Ini saat Memilih Kandang HamsterPertimbangkan Hal Ini saat Memilih Kandang Hamster

“Ada beberapa tips memilih kandang hamster yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk memeliharanya. Salah satu syaratnya adalah menyediakan fasilitas untuk ia bermain.”

Halodoc, Jakarta – Kamu berniat untuk memelihara hamster? Jika iya, kamu perlu mempertimbangkan beberapa faktor penting, salah satunya adalah pemilihan kandang. Disarankan untuk memilih kandang yang besar, aman, dan mudah dibersihkan. Ini beberapa syarat yang diperlukan dalam memilih kandang hamster:

Baca juga: Inilah Berbagai Jenis Iguana yang Berbentuk Sangat Unik

1. Jenis Kandang

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih kandang hamster adalah jenisnya. Kandang hamster memiliki beberapa jenis, seperti kandang kawat dengan alas plastik, kandang dari mika plastik dengan banyak partikel dan tabung, atau akuarium kaca dengan penutup. Masing-masing kandang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam kemudahan pembersihan, ventilasi, dan keamanan.

Kamu juga perlu memperhatikan dari segi dorongan dan kemampuan hamster untuk mengunyah. Terkadang mereka mengunyah kandangnya sendiri, sehingga kandang kawat tidak direkomendasikan. Sebagai gantinya, kamu disarankan untuk menaruh banyak mainan yang bisa dikunyah dalam kandang.

2. Mudah Dibersihkan

Tips memilih kandang hamster selanjutnya adalah yang mudah dibersihkan. Umumnya orang-orang memilih kandang kawat dengan alas plastik karena mudah dibersihkan. Kamu cukup mengangkat bagian bawah kandang, dan bersihkan seperlunya. Semakin banyak partikel dalam kandang, semakin susah proses pembersihan dilakukan. Selain kandang kawat dengan alas plastik, kandang akuarium juga mudah dibersihkan, meskipun memiliki berat yang lumayan.

3. Memiliki Ventilasi yang Baik

Kandang dengan ventilasi terbaik adalah kandang kawat dengan alas plastik. Kandang akuarium dan mika plastik dengan tabung di dalamnya cenderung tertutup, sehingga sirkulasi udara di dalam kandang tidak berjalan dengan baik. Meski memiliki ventilasi yang baik, kandang kawat dengan alas plastik tidak memiliki perlindungan lebih terhadap terpaan angin. Oleh karena itu, disarankan untuk menaruh kandang di dalam ruangan.

4. Perhatikan Ukuran Kandang

Ukuran kandang dapat disesuaikan dengan jenis hamster. Agar ia tetap aktif dan sehat, disarankan untuk memilih kandang dengan ukuran yang besar. Sediakan ruangan yang cukup untuk berlari dan bermain. Jika ruangan cukup luas, kamu bisa menambahkan partikel tabung dan roda untuk ia bermain.

Baca juga: Jenis Hamster yang Sangat Menggemaskan

5. Perhatikan Keamanan Kandang

Jika memilih kandang kawat dengan alas plastik, perhatikan jarak antar jeruji. Jangan sampai lebih besar dari ukuran badan hamster agar ia tidak meloloskan diri. Jangan membeli kandang dengan kawat horizontal karena memungkinkan hamster untuk memanjat. Pastikan pintu kandang terkunci dengan aman, karena ada beberapa hamster yang sangat mahir dalam membuka pintu.

6. Berikan Mainan dalam Kandang

Tips memilih kandang hamster selanjutnya adalah memberikan mainan dalam kandang. Hamster harus memiliki roda putar di dalam kandang. Namun, pastikan roda tersebut sesuai dengan ukuran badannya. Idealnya, roda harus memiliki permukaan yang kokoh dan tidak ada palang sebagai penyangga, sehingga tidak ada anggota badan atau bagian tubuh hamster yang terjepit.

7. Sediakan Tempat Menggali

Apapun jenis kandang yang kamu pilih, sediakan tempat untuk menggali. Fasilitas yang satu ini dapat dibuat dengan menumpuk serbuk kayu sebagai alas. Serbuk bermanfaat sebagai media pengerat. Perhatikan jenis serbuk kayu, karena tidak semua serbuk kayu aman dan cocok untuk alas hamster. Jangan gunakan serbuk kayu dari pohon cedar, pinus, atau serbuk kayu lain yang mengandung fenol karena dapat merusak sistem respirasi, hati, dan kulit hamster.

Selain sebagai media pengerat, serbuk kayu tebal pada alas kandang bermanfaat untuk menyerap urine hamster, sehingga kandang tetap kering. Jangan lupa untuk membersihkan dan mengganti serbuk kayu jika dirasa sudah kotor demi kenyamanan hamster.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini saat Membuat Kandang Iguana

Itulah beberapa tips dalam memilih kandang hamster. Jika kamu memiliki kesulitan dalam melakukannya atau memiliki masalah pada kesehatan hewan peliharaan, silahkan diskusikan gangguan dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
The Spruce Pet. Diakses pada 2021. Choosing the Best Cage for Your Syrian Hamster.
PDSA.org. Diakses pada 2021. The ideal home for your hamster.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan