• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Hidup Bersih dan Sehat untuk Jaga Kesehatan Keluarga
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Hidup Bersih dan Sehat untuk Jaga Kesehatan Keluarga

Pola Hidup Bersih dan Sehat untuk Jaga Kesehatan Keluarga

5 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 September 2022

“Penting untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat di era pandemi seperti sekarang. Dengan demikian, kamu dan keluarga bisa terhindar dari ancaman virus COVID-19.”

Pola Hidup Bersih dan Sehat untuk Jaga Kesehatan KeluargaPola Hidup Bersih dan Sehat untuk Jaga Kesehatan Keluarga

Halodoc, Jakarta – Kendati kurva kasus COVID-19 di Indonesia kian melandai, kamu tetap tidak boleh abai dalam menjaga kesehatan. Virus SARS-CoV-2 sebagai penyebab COVID-19 masih ada dan mengintai sekeliling kamu dan keluarga. Untuk itu, penting untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan guna melindungi diri dan keluarga dari ancaman virus ini.

Studi menunjukkan bahwa COVID-19 dapat bertahan di permukaan selama beberapa jam atau hingga beberapa hari. Namun, virus yang menempel di permukaan ini dapat dibasmi melalui pembersihan dan disinfeksi. Itu sebabnya, penting sekali menerapkan pola hidup bersih untuk menjaga kesehatan keluarga agar terhindar dari penularan COVID-19.

Baca juga: Ketahui Segala Hal Mengenai COVID-19

Terapkan Pola Hidup Bersih untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

Lantas, langkah-langkah apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga?

Nah, berikut sejumlah tips yang perlu kamu lakukan:

1.          Jaga Kebersihan Pribadi

Untuk menjaga kesehatan keluarga, tindakan pertama yang perlu kamu ambil tentunya memastikan kebersihan diri dengan baik. Adapun sejumlah hal yang patut kamu lakukan untuk menjaga kebersihan diri, seperti:

●   Tidak sembarangan menyentuh mata, hidung dan mulut.

●   Hindari batuk atau bersin ke tangan. Tutup mulut dan hidung dengan siku atau tisu saat batuk atau bersin.

●   Jaga jarak minimal 1 meter dari orang yang batuk atau bersin.

●   Rutin membersihkan diri setelah beraktivitas di luar rumah. Pastikan kamu memilih produk sabun yang terbukti ampuh membunuh virus dan bakteri. NUVO Hand Soap bisa menjadi pilihan sabun perawatan terbaik untuk menjaga kesehatan keluarga. Produk ini ampuh membunuh kuman, termasuk bakteri dan virus. Wangi tahan lama efektif menghilangkan bau amis, serta extra moisturizing formula sehingga kulit tetap lembap dan lembut. Perlindungannya bahkan mampu bertahan 24 jam 7 hari.

●   Jika menggunakan hand sanitizer pastikan mengandung alkohol minimal 60 persen. Gosok tangan secara bersamaan selama 20-30 detik hingga tangan terasa kering. NUVO Anti Bacterial Hand Sanitizer & Hand Spray adalah pilihan tepat juga karena mampu membunuh kuman dalam waktu 10 detik. Produk ini mengandung 70 persen alkohol sehingga dapat membersihkan tangan dari kuman dan bakteri, serta efektif membunuh virus corona. Ia pun dilengkapi dengan ekstra moisturizer untuk menjaga kelembapan kulit, tidak lengket ditangan, kemasan praktis, dan mudah dibawa!

2.          Bersihkan Lingkungan Rumah

Jangan lupa juga untuk membersihkan permukaan yang sering disentuh di rumah secara teratur. Tindakan pencegahan ini penting dilakukan untuk menurunkan risiko infeksi. Selalu ikuti petunjuk yang tertera pada produk pembersih saat menggunakannya.

Nah, beberapa contoh permukaan rumah yang sebaiknya rutin kamu bersihkan adalah gagang pintu, meja, kursi, permukaan dapur dan kamar mandi, keran, ponsel dan mainan anak-anak. Apabila ada sebuah permukaan yang kotor, bersihkan terlebih dahulu dengan sabun atau deterjen dan air. Kemudian gunakan produk desinfektan yang mengandung alkohol sekitar 70 persen atau pemutih.

Larutan pemutih rumah tangga yang diencerkan pun dapat digunakan pada beberapa permukaan. Kamu juga bisa menggunakan NUVO Antiseptic Wet Wipes untuk membersihkan permukaan atau benda-benda yang kotor di sekitar rumah. NUVO Antiseptic Wet Wipes juga dapat membunuh kuman dalam waktu 10 detik dan efektif membunuh virus corona. 

Baca juga: Apakah COVID-19 Bisa Menular Lewat Makanan?

3.          Cuci Pakaian dengan Tepat

Hingga saat ini, masih belum jelas berapa lama virus COVID-19 dapat bertahan pada kain. Namun, ada sejumlah item pada pakaian yang memiliki elemen plastik dan logam. Nah, ketika virus menempel bahan-bahan ini, mereka umumnya dapat bertahan selama beberapa jam hingga beberapa hari.

Maka dari itu, sebaiknya segera cuci pakaian yang sudah digunakan di luar ruangan. Jangan lupa selalu ganti pakaian bersih saat kembali ke rumah setelah pulang dari tempat ramai. Berikut sejumlah tips dalam mencuci pakaian di rumah:

●   Cuci seprai, handuk, dan pakaian secara teratur.

●   Gunakan sabun atau deterjen dalam mencuci seprai, handuk dan pakaian.

●   Jika memungkinkan gunakan air hangat saat mencuci untuk memastikan virus dan bakteri telah mati.

●   Keringkan semua pakaian dengan baik.

●   Basuh atau cuci tangan dengan sabun dan air, atau gunakan pembersih tangan berbasis alkohol setelah mencuci.

●   Cuci atau desinfektan tas dan keranjang cucian.

4.          Persiapkan Makanan Secara Higienis

Meskipun saat ini tidak ada bukti COVID-19 mampu menular dari makanan atau kemasan makanan, masih ada kemungkinan infeksi melalui permukaan atau benda yang terkontaminasi virus.

Risiko yang lebih besar berasal dari kontak dekat dengan orang lain saat berbelanja makanan di luar atau menerima pengiriman makanan. Seperti biasa, kebersihan yang baik saat menangani makanan sangat penting untuk mencegah penyakit bawaan makanan.

Maka dari itu, ada sejumlah tindakan pencegahan yang bisa kamu lakukan, seperti:

●   Cuci produk yang belum dikemas, seperti buah dan sayuran secara menyeluruh di bawah air mengalir.

●   Cuci tangan dengan sabun dan air atau gunakan pembersih tangan berbasis alkohol, sebelum dan setelah menangani makanan. NUVO Hand Soap adalah pilihan yang tepat dalam melindungi kamu dan keluarga terhadap kuman. Formulanya ekstra lembut dan wanginya tahan lama sehingga efektif menghilangkan bau amis. Dilengkapi dengan ekstra moisturizer untuk menjaga kelembapan kulit.

●   Gunakan talenan terpisah untuk menyiapkan daging dan ikan mentah.

●   Masak makanan dengan suhu yang disarankan.

●   Jika memungkinkan, simpan makanan yang mudah busuk dalam lemari es atau beku

●   Selalu perhatikan tanggal kedaluwarsa produk.

Baca juga: Protokol Kesehatan Keluarga untuk Mencegah Penyebaran COVID-19

Sudah jelas bukan seberapa pentingnya menjaga kebersihan di era pandemi ini? Segera dapatkan rangkaian produk NUVO di toko kesehatan Halodoc agar kesehatan kamu dan keluarga tetap terjaga. Jangan tunda sampai sakit, ayo segera download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
UNICEF. Diakses pada 2022. Cleaning and hygiene tips to help keep the COVID-19 virus out of your home.
Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. Diakses pada 2022. Hygiene and Sanitation Challenge for COVID-19 Prevention in Indonesia.
NSW Health. Diakses pada 2022. Hygiene at home.