• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Posisi Tidur Cegah Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Posisi Tidur Cegah Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat hamil, wanita rentan mengalami gangguan pada tubuhnya, entah karena perubahan hormon atau bertambahnya beban yang dipikul. Beberapa gangguan tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu gangguan yang kerap terjadi pada ibu hamil adalah sakit pinggang. Pasti ibu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Sakit pinggang pada ibu hamil juga dapat memengaruhi pola tidur karena rasa nyeri yang ditimbulkan. Maka dari itu, penting untuk wanita yang sedang mengandung agar mengetahui posisi tidur yang tepat, supaya sakit pinggang tidak terus-menerus terjadi. Berikut beberapa posisi tidur yang direkomendasikan untuk ibu yang sedang hamil!

Baca juga: Ini Posisi Tidur yang Disarankan saat Hamil

Mencegah Sakit Pinggang dengan Penyesuaian Posisi Tidur

Timbulnya rasa sakit pada pinggang adalah gangguan yang umum terjadi pada ibu hamil. Hal ini umumnya ditandai dengan rasa tidak nyaman pada daerah pinggang bawah dan mampu memengaruhi fungsi sendi, otot, hingga saraf. Penyebab dari terjadinya sakit pinggang disebabkan oleh kombinasi dari kelainan hormonal, peredarah darah, hingga perubahan postur.

Terkadang, pilihan pengobatan yang dilakukan umumnya dapat buruk, karena penyebab dari gangguan tersebut sulit untuk ditentukan. Selain itu, perawatan yang ada umumnya memiliki tingkat keberhasilan yang kecil. Dokter biasanya akan memberikan saran terhadap penyesuaian gaya hidup dan perubahan pada posisi tidur.

Selama trimester pertama, posisi tidur apa pun aman untuk dipilih selama dirasa nyaman. Ibu dapat memilih posisi terlentang, menyamping, hingga terkurap. Kombinasi dari posisi-posisi tersebut juga tidak masalah. Hal tersebut karena rahim belum tumbuh cukup besar yang dapat mengganggu tidur. Namun, gangguan lainnya mungkin dapat membuat sulit untuk tidur.

Baca juga: Posisi Tidur yang Berbahaya untuk Ibu Hamil

Namun, ketika sudah memasuki trimester kedua dan ketiga, posisi tidur tertentu sangat direkomendasikan agar tidak membahayakan janin dan menimbulkan rasa sakit pada tubuh. Salah satu gangguan yang dapat terjadi adalah sakit pinggang. Maka dari itu, berikut adalah posisi tidur yang direkomendasikan untuk ibu hamil agar tubuhnya tetap sehat:

Posisi Tidur Menyamping

Tidur dengan posisi menyamping adalah pilihan yang paling baik bagi ibu hamil ketika beristirahat. Akan lebih baik lagi jika tidur pada posisi sebelah kiri. Posisi ini disebut-sebut paling baik karena memberikan tekanan paling sedikit pada rahim dan membuat pernapasan menjadi lebih lancar.

Selain memberi kenyamanan, tidur pada posisi menyamping ke arah kiri juga dapat meningkatkan sirkulasi darah. Hal tersebut dapat membuat transfer nutrisi dari satu bagian tubuh ke bagian lainnya menjadi lebih baik. Selain itu, posisi tidur ini juga dapat menjaga berat badan tetap normal karena membuat liver menjalankan fungsinya dengan maksimal.

Ibu juga dapat menggunakan bantal yang agak keras guna menopang tubuh bagian atas saat tidur agar pernapasan menjadi lebih lancar. Posisi ini juga tidak memungkinkan gravitasi untuk memberikan tekanan besar pada diafragma, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Memanfaatkan bantal kecil di bawah perut juga dapat berguna untuk menopang berat badan. Cara ini dapat membantu untuk memberikan dukungan yang baik pada janin yang sedang tumbuh dan mencegah terjadinya sakit punggung dan pinggang yang kerap terjadi pada trimester kedua dan ketiga.

Dengan mempraktekkan posisi tidur yang tepat saat hamil, diharapkan tidak ada gangguan yang berarti selama mengandung hingga melahirkan. Selain itu, janin yang berada di dalam perut juga akan tetap sehat sesuai dengan pertumbuhannya. Akhirnya, semua yang diharapkan akan sesuai dengan rencana.

Baca juga: 5 Tips Bagi Ibu Hamil yang Masih Bekerja

Apabila ibu mempunyai pertanyaan terkait posisi tidur yang paling baik ketika hamil atau hal lainnya yang berhubungan dengan kandungan dan janin, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah sekali, ibu hanya cukup download aplikasi Halodoc di smartphone agar mendapatkan akses kesehatan tanpa batas.

Referensi:
NCBI. Diakses pada 2020. Pregnancy and low back pain.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Tips on how to sleep when pregnant.