27 December 2017

5 Tips Bagi Ibu Hamil yang Masih Bekerja

5 Tips Bagi Ibu Hamil yang Masih Bekerja

Halodoc, Jakarta – Sebagian wanita memilih untuk terus bekerja selama masa kehamilannya.  Bagi ibu dengan kondisi kehamilan yang sehat, tetap bekerja tidak menjadi masalah. Namun demikian, bekerja saat hamil tentu tidak mudah dan ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan. Agar ibu dapat produktif saat bekerja dan kondisi kehamilannya tetap terjaga, berikut tips-tips yang bisa ibu lakukan:

Menghadapi Efek Samping Kehamilan

Selama masa kehamilan, ibu pasti akan mengalami sejumlah masalah yang timbul sebagai efek samping dari kehamilan. Hal itu dapat mengganggu kinerja ibu selama beraktivitas di tempat kerja. Berikut adalah cara-cara mengatasi berbagai keluhan yang mungkin timbul saat ibu sedang bekerja:

  • Rasa Mual dan Muntah-muntah

Rasa mual dan muntah-muntah akan dialami ibu pada trimester pertama kehamilan. Kondisi tersebut umumnya terjadi pada pagi hari, sehingga sering disebut juga dengan istilah morning sickness.  Namun, sebagian ibu dapat mengalami mual dan muntah-muntah hingga sepanjang hari. Agar efek samping kehamilan ini tidak mengganggu ibu di tempat kerja, coba lakukan cara-cara berikut:

  1. Cari tahu hal- hal apa saja yang menyebabkan ibu merasa mual dan hindari. Misalnya, makanan berbau amis dan menyengat.
  2. Selalu bawa camilan yang sehat, ringan, dan enak untuk dimakan di kantor. Biskuit yang tidak terlalu manis bisa menjadi camilan yang tepat untuk ibu. Camilan dapat membantu menjaga gula darah ibu tetap stabil dan menghilangkan rasa mual ibu.
  3. Meminum air jahe atau teh jahe juga dapat membantu meringankan rasa mual, menurut Mayo Clinic Organization.
  4. Beristirahatlah sebentar jika rasa mual dan muntah-muntah itu datang.

 

  • Kelelahan

Kehamilan juga akan membuat ibu mudah merasa lelah. Salah satu penyebab kondisi ini adalah kurangnya asupan zat besi. Berikut tips-tips agar ibu hamil tetap kuat dan berenergi ketika bekerja:

  1. Ibu dapat menambahkan asupan zat besi dan protein yang terdapat dalam daging merah, sayuran hijau, telur dan susu ke dalam menu makanan ibu setiap hari.
  2. Ingat untuk sering-sering minum air putih selama di tempat kerja.
  3. Jika ibu merasa lelah, tidak ada salahnya untuk beristirahat sejenak dengan cara duduk dan mengangkat kedua kaki ke atas.
  4. Berdiri dan berjalan-jalan sebentar setelah lama duduk dapat membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh dan meningkatkan stamina ibu.

 

Tips Bekerja Saat Hamil

Beberapa tips lainnya yang bisa ibu coba lakukan agar kondisi kandungan ibu tetap sehat meski ibu aktif bekerja adalah sebagai berikut:

  • Makan Lebih Sering

Ibu hamil perlu makan lebih banyak karena kini sudah ada janin di dalam kandungan ibu yang juga butuh diberi asupan makanan. Namun, hal ini bukan berarti ibu harus mengonsumsi porsi makanan berkali-kali lipat lebih banyak dalam sekali makan, tapi ibu bisa menambah frekuensi mkan menjadi 3-5 kali dalam sehari. Dan karena makanan yang masuk ke dalam tubuh ibu juga akan dikonsumsi Si Kecil, maka ibu sebaiknya mengonsumsi hanya makanan yang sehat dan bergizi, seperti sayu-sayuran, buah-buahan, susu, telur, keju dan daging.

  • Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Pakaian khusus ibu hamil adalah busana yang tepat karena dirancang khusus untuk membuat ibu hamil nyaman melakukan aktifitasnya sehari-hari. Sebagai alternatif lain, ibu dapat mengenakan pakaian yang longgar dan berbahan katun. Selalu bawa sweater untuk menghangatkan tubuh ibu jika suhu di ruangan kantor sangat dingin.

  • Olahraga & Beristirahat

Kehamilan sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk bisa bermalas-malasan. Ibu hamil tetap dianjurkan untuk aktif bergerak dan melakukan olahraga ringan. Berjalan-jalan di lingkungan kantor dapat menjadi olahraga yang sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi kaki bengkak selama hamil. Namun, ibu juga sebaiknya mengambil waktu untuk beristirahat sejenak jika merasa lelah.

  • Hindari Bekerja Melebihi Batas

Sebaiknya ibu bekerja dalam batas waktu yang normal, maksimal 8 jam dalam sehari. Bekerja dalam waktu yang sangat lama dan ibu terlalu lama berdiri akan berdampak buruk kepada janin. Jadi, ibu bisa membicarakan mengenai batas waktu kerja kepada pimpinan di kantor.

Kini ibu dapat meminta saran kesehatan untuk kondisi kehamilan ibu dengan menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Ibu juga dapat membicarakan masalah kesehatan yang dialami kepada dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga memudahkan Ibu untuk mendapatkan produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Caranya sangat mudah, tinggal order dan pesanan akan diantarkan dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.