Kenali Jenis Hormon Kehamilan dan Fungsinya untuk Wanita Hamil

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Kenali Jenis Hormon Kehamilan dan Fungsinya untuk Wanita Hamil

Halodoc, Jakarta – Bagi wanita yang tengah hamil, hal ini bisa jadi menyenangkan sekaligus tidak mengenakkan. Pada waktu-waktu tertentu, selalu ada ketidaknyamanan baru yang dirasakan. Hal ini salah satunya disebabkan oleh perubahan hormon.

Jenis hormon saat hamil ini pun beragam. Ada yang muncul hanya ketika hamil dan ada pula hormon yang telah ada sebelumnya. Perbedaannya hanya pada kadarnya saja saat tubuh hamil. Berikut ini beberapa jenis hormon kehamilan beserta fungsinya yang wajib kamu kenali:

Human Chorionic Gonadotropin

Apabila seorang wanita mengalami kehamilan, Human Chorionic Gonadotropin (hCG) akan mengalami peningkatan. Hormon yang diproduksi di plasenta ini berguna untuk menguatkan kehamilan khususnya di usia kehamilan muda. Kadarnya sendiri akan meningkat di usia kehamilan 10 hingga 12 minggu pertama.

Estrogen

Setiap wanita memiliki hormon estrogen di tubuhnya. Jika sedang hamil, hormon ini akan meningkat secara drastis yang ditandai dengan rasa mual, terutama di trimester pertama. Estrogen bermanfaat untuk memperbaiki sistem aliran darah atau pembentukan pembuluh darah serta memberikan nutrisi dan mendukung perkembangan janin.

Progesteron

Beberapa ciri peningkatan hormon progesteron adalah pusing akibat rendahnya tekanan darah, mual, mulas, serta sembelit. Selain itu, ada pula rambut halus yang tumbuh di bagian payudara. Fungsi hormon ini selama proses kehamilan adalah untuk menjaga otot rahim tetap rileks, menjaga ketebalan dinding rahim, serta menjaga sistem imun terhadap pertumbuhan janin.

Human Placental Lactogen

Saat memasuki minggu keenam kehamilan, plasenta akan memproduksi hormon Human Placentral Lactogen (HPL). Manfaatnya adalah untuk menyiapkan nutrisi yang dibutuhkan janin serta merangsang kelenjar susu di payudara sampai masa menyusui.

Oksitosin

Sedangkan di akhir kehamilan, ada hormon oksitosin yang  menstimulasi kelenturan leher rahim yang dibutuhkan dalam persiapan proses persalinan. Oksitosin ini juga yang membantu stimulasi puting susu dalam produksi ASI.

Prolaktin

Peningkatan hormon prolaktin sebanyak 10 hingga 20 kali lipat akan terjadi selama seorang wanita hamil. Prolaktin berfungsi untuk menyiapkan jaringan payudara untuk menyusui. Tidak hanya itu, hormon ini pun akan membantu produksi ASI yang melimpah.

Nah, beragam jenis hormon kehamilan ini sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan kandungan serta janin. Apabila kamu merasakan sesuatu yang tidak nyaman dan mengganggu, ada baiknya untuk segera mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc, sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Ada beragam pilihan komunikasi berupa chat, voice, atau video call untuk berdiskusi dengan dokter yang ada di Halodoc. Bila ingin membeli kebutuhan medis seperti obat atau vitamin, kamu bisa menggunakan layanan Pharmacy Delivery yang akan mengantarkan ke tempat tujuan dalam waktu kurang dari satu jam.

Selain itu, Halodoc saat ini juga telah melengkapi fiturnya dengan layanan Lab Service. Layanan baru ini memungkinkan kamu untuk melakukan pemeriksaan darah dan juga menentukan jadwal, lokasi, dan petugas lab yang akan datang ke lokasi tujuan. Hasil lab bisa segera dilihat langsung pada aplikasi layanan kesehatan Halodoc. Bukan hanya itu, Halodoc pun telah bekerjasama dengan Laboratorium Klinik terpercaya, yaitu Prodia. Jadi tunggu apa lagi? Segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.

Baca juga: Cara Ideal Cegah Gemuk Saat Hamil