• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Prosedur Operasi untuk Atasi Tumor Wilms

Prosedur Operasi untuk Atasi Tumor Wilms

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Anak-anak ternyata dapat mengalami gangguan kesehatan yang menyerang ginjal. Tumor Wilms atau nefroblastoma adalah jenis tumor yang menyerang ginjal anak-anak 3-4 tahun dan umumnya dialami oleh anak laki-laki. Meskipun tumor Wilms merupakan salah satu penyakit yang jarang terjadi, namun, tumor Wilms lebih sering muncul dibandingkan dengan jenis tumor lainnya.

Baca juga: Apakah Orang Dewasa Bisa Terkena Tumor Wilms?

Anak yang mengalami tumor Wilms dapat mengalami gejala nyeri dan pembengkakan pada area perut. Sebaiknya jangan sepelekan gejala yang dialami anak dan segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit. Prosedur operasi dapat dilakukan untuk mengatasi tumor Wilms. Ketahui prosedur yang dijalankan bagi tindakan operasi tumor Wilms.

Kenali Gejala Awal Tumor Wilms pada Anak

Tumor Wilms dikenal juga sebagai kanker ginjal pada anak. Meskipun umumnya kondisi ini menyerang satu bagian ginjal saja, tidak menutup kemungkinan menyerang kedua ginjal. Tentunya pendeteksian lebih awal akan memudahkan pengobatan yang harus dijalani oleh pengidap tumor Wilms.

Melansir Mayo Clinic, kebanyakan pengidap tumor Wilms tidak mengalami gejala yang pasti. Namun,  ada beberapa pengidap yang mengalami pembengkakan pada area perut dan nyeri sebagai gejala awal dari tumor Wilms. Setelah gejala tersebut dialami, umumnya pengidap juga mengalami demam yang disertai dengan munculnya darah pada urine. 

Pengidap juga mengalami mual yang umumnya disertai dengan muntah. Selain itu, pengidap tumor Wilms umumnya mengalami konstipasi yang disertai kehilangan nafsu makan, napas yang menjadi lebih pendek, dan tekanan darah tinggi. Sebaiknya jangan tunda lakukan pemeriksaan pada rumah sakit ketika ibu menemukan beberapa gejala tersebut pada anak. 

Lalu, apa penyebab anak mengalami tumor Wilms? Melansir dari Kids Health, faktor genetik seperti sindrom cacat lahir menjadi salah satu faktor pemicu mengapa anak mengalami tumor Wilms. Selain itu, ada beberapa faktor lain, seperti riwayat keluarga yang memiliki Beckwith Wiedemann Syndrome, kelainan pada kelamin dan saluran kemih, serta memiliki Denys Drash Syndrome.

Baca juga: Ketahui 5 Tingkat Keparahan Tumor Wilms

Pengobatan Tumor Wilms dengan Tindakan Operasi

Ada berbagai pemeriksaan yang bisa kamu lakukan untuk mendiagnosa tumor Wilms, seperti tes darah, tes urine, biopsi, dan juga tes pencitraan. Tumor Wilms dapat diatasi dengan melakukan beberapa pengobatan, salah satunya tindakan operasi pengangkatan ginjal atau dikenal dengan nefrektomi.

Melansir Mayo Clinic, nefrektomi menjadi salah satu pengobatan yang paling aman dilakukan. Namun, ada beberapa risiko yang mungkin terjadi, seperti perdarahan, infeksi, atau gangguan pada organ yang paling dekat dengan ginjal. Tentunya ada prosedur yang perlu dilakukan saat akan menjalani tindakan operasi atau nefrektomi.

Ada beberapa tindakan operasi nefrektomi yang bisa dilakukan, seperti laparoskopi atau open nephrectomy. Tentunya apapun tindakannya, pengidap tumor Wilms diberikan suntikan anestesi untuk menghilangkan rasa sakit atau nyeri saat tindakan berlangsung. Melansir National Kidney Foundation, setelah operasi selesai dilakukan, tim medis umumnya akan segera memeriksa kesehatan pasien khususnya bagian tubuh dikendalikan oleh ginjal.

Baca juga: 3 Komplikasi yang Disebabkan oleh Tumor Wilms

Setelah tindakan operasi, pengidap tumor Wilms disarankan untuk tidak melakukan kegiatan yang berat, seperti mengangkat barang berat. Selain itu, sebaiknya perhatikan beberapa jenis makanan yang dikonsumsi agar luka bekas operasi segera pulih. Itulah penjelasan tentang penanganan tumor Wilms. Jika ada yang masih ditanyakan, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc, kapan saja dan di mana saja. 

Referensi:
National Kidney Foundation. Diakses pada 2020. Nephrectomy
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Nephrectomy
Kids Health. Diakses pada 2020. Wilms Tumor
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Wilms’ Tumor