• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada Gangguan Ginjal saat Muncul Sakit Pinggang?

Waspada Gangguan Ginjal saat Muncul Sakit Pinggang?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Banyak orang yang mungkin menganggap, sakit pinggang adalah tanda adanya gangguan di ginjal. Namun benarkah sakit pinggang pertanda sakit ginjal? Jawabannya, belum tentu. Keseringan sakit pinggang tidak selalu karena ada gangguan pada ginjal. Sebab, ada banyak kondisi kesehatan lain, yang ditandai dengan nyeri atau sakit pinggang. Gangguan ginjal tertentu, seperti batu ginjal, memang seringkali memunculkan gejala sakit pinggang. 

Namun, untuk gangguan ginjal lain selain batu ginjal, seringkali tidak disertai gejala sakit pinggang, melainkan nyeri pada otot tulang belakang. Lantas, bagaimana mengetahui bahwa sakit pinggang yang dialami adalah tanda gangguan batu ginjal? Biasanya, sakit pinggang karena batu ginjal berlokasi di area pinggang kanan atau kiri, area ginjal berada. Namun, jika sakit pada pinggang dirasakan agak sebelah tengah, bisa jadi itu tanda penyakit lain.

Baca juga: Hati-Hati, Anak-Anak Juga Bisa Kena Gagal Ginjal Akut

Bukan Cuma Sakit Pinggang, Ini Gejala Awal Gangguan Ginjal

Ketika mendengar kata gagal ginjal, itu berarti kerusakan dan gangguan ginjal yang dialami seseorang telah masuk ke stadium paling akhir. Kondisi ini membuat ginjal tak lagi bisa membuang racun dalam darah atau mengendalikan kadar cairan tubuh. Lalu, apakah mungkin untuk mengetahui gejala awal gangguan ginjal?

Mengenali gangguan ginjal sejak dini tentu lebih berpeluang besar untuk menyembuhkannya. Namun biasanya, seseorang yang merasakan ciri-ciri gangguan ginjal stadium awal, tetapi malah mengaitkannya dengan penyakit lain, atau mengabaikannya karena masih terasa ringan. Akibatnya, pengidap gangguan ginjal kerap tidak menyadari kondisinya hingga ginjalnya benar-benar rusak. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui lebih jauh tentang gejala awal gangguan ginjal. Berikut beberapa sinyal yang dikirimkan tubuh, yang merupakan tanda adanya gangguan pada ginjal:

1. Sering Ingin Buang Air Kecil

Kenali gejala awal gangguan ginjal ketika kamu merasa ingin buang air kecil lebih sering, terutama di malam hari. Hal ini terjadi ketika ginjal tak bisa menyaring dengan baik, sehingga frekuensi ingin buang air kecil akan meningkat.

2. Urine Berbusa atau Berdarah

Adanya busa dalam urine mengindikasikan adanya kelebihan protein dalam urine. Bentuk busanya serupa dengan busa yang terlihat ketika membuat telur orak-arik karena jenis proteinnya pun sama, yaitu albumin. Selain busa, perhatikan juga warna urine, karena terkadang darah juga bisa terdeteksi pada urine. 

Baca juga: Ginjal Juga Bisa Kena Kista, Ini Faktanya

3. Area Sekitar Mata Sering Bengkak

Ketika ginjal tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik, artinya protein albumin bisa bocor ke luar jaringan. Membengkaknya area di sekitar mata bisa jadi indikasi ada kebocoran protein yang seharusnya tersimpan di bagian-bagian tubuh kendor, seperti pada area mata.

4. Betis dan Kaki Membengkak

Gangguan ginjal rupanya bisa berpengaruh pada area kaki. Hal ini dapat dilihat dari membengkaknya betis dan kaki, termasuk pergelangan kaki, akibat penumpukan sodium. 

5. Mudah Lelah dan Susah Fokus

Ini adalah tanda adanya penumpukan racun dan darah yang tidak jernih dalam tubuh. Akibatnya, seseorang mudah merasa lemah, lelah, sakit, dan sulit fokus. Gejala awal gangguan ginjal yang satu ini sangat bisa membuat aktivitas sang pengidap terganggu.

6. Sulit Tidur

Ketika ginjal tak bisa menyaring racun dengan baik, racun akan tetap berada dalam darah dan tidak terbuang lewat urine. Akibatnya, pengidapnya akan merasa sulit tidur. Karena gejala awal gangguan ginjal yang satu ini, pengidap bisa saja kurang mendapatkan jam tidur yang dibutuhkan tubuhnya.

Baca juga: Benarkah Penyakit Ginjal Polikistik Bisa Diturunkan?

7. Kulit Kering

Saking pentingnya peran ginjal, mereka bisa menghilangkan racun dan kelebihan cairan dalam tubuh. Bahkan, ginjal juga berfungsi menghasilkan sel darah merah dan memastikan asupan mineral dalam dosis yang tepat dalam darah. Kulit yang kering dan gatal bisa jadi tanda bahwa mineral dalam darah sangat sedikit. Ini juga merupakan tanda adanya gangguan pada ginjal kamu, lho.

8. Otot Terasa Kaku dan Kram

Fungsi ginjal yang tidak maksimal bisa menyebabkan timbulnya gejala penyakit ginjal selanjutnya, yaitu otot terasa kaku dan kram. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan elektrolit, seperti rendahnya kalsium atau fosfor dalam tubuh.

Itulah beberapa gejala awal gangguan ginjal yang perlu diwaspadai, alih-alih hanya fokus pada gejala sakit pinggang saja. Semakin dini gangguan ginjal terdeteksi, pengobatan dapat semakin optimal. Untuk itu, jangan pernah menyepelekan gejala apapun yang terjadi pada tubuh, dan bicarakan pada dokter di Halodoc, kapan dan di mana saja. Dokter akan memberikan diagnosis, saran, atau resep obat dan vitamin yang mungkin kamu butuhkan. Jika dapat resep obat, kamu bisa beli obatnya lewat aplikasi Halodoc juga, lho.

Referensi:
National Kidney Foundation. Diakses pada 2020. Signs You May Have Kidney Disease.
Better Health Channel. Diakses pada 2020. Kidney Failure.
Life Options. Diakses pada 2020. Kidney Disease Option.