Rutin Konsumsi Buah Ini untuk Menutrisi Kulit dari Dalam

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Juli 2021

"Konsumsi buah dan sayur setiap hari adalah gaya hidup sehat yang perlu kamu terapkan sedini mungkin. Tak hanya menjaga kesehatan secara keseluruhan, konsumsi buah khususnya, juga bisa memberikan nutrisi untuk kulit dari dalam."

Rutin Konsumsi Buah Ini untuk Menutrisi Kulit dari DalamRutin Konsumsi Buah Ini untuk Menutrisi Kulit dari Dalam

Halodoc, Jakarta – Konsumsi buah dan sayur setiap hari adalah hal yang sangat disarankan oleh semua ahli kesehatan. Namun, sebagian besar orang mungkin lebih menyukai buah karena makanan sehat ini lebih kaya rasa sehingga lebih nikmat dimakan.

Tak hanya nikmat, buah juga mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan. Selain itu, pola makan yang tidak sehat seperti tanpa konsumsi buah rutin dapat merusak metabolisme, menyebabkan penambahan berat badan, dan bahkan merusak organ, seperti jantung dan hati.

Namun, yang paling perlu kamu garis bawahi adalah fakta bahwa apa yang kamu makan juga mempengaruhi organ lain seperti kulit.

Saat para ilmuwan mempelajari lebih banyak tentang pola makan sehat dan kesehatan tubuh, semakin jelas dan kuat buktinya bahwa apa yang kamu makan dapat secara signifikan mempengaruhi kesehatan, bahkan memengaruhi kesehatan kulit. 

Baca juga: 7 Buah yang Bermanfaat untuk Menjaga Kecerahan Wajah

Konsumsi Buah Ini untuk Dapatkan Kulit Sehat

Jika kamu ingin mendapatkan kulit sehat dan ingin menutrisinya dari dalam, maka kamu wajib konsumsi buah berikut ini lebih sering:

  1. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat dan lemak ini bermanfaat bagi banyak fungsi dalam tubuh, termasuk kesehatan kulit. Konsumsi buah alpukat secara rutin akan memberikan tubuh cukup lemak dan ini sangat penting untuk membantu menjaga kulit tetap kenyal dan lembap.

Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 700 wanita menemukan bahwa asupan lemak total yang tinggi, khususnya jenis lemak sehat yang ditemukan dalam alpukat, telah dikaitkan dengan kulit yang lebih kenyal dan sehat.

Bukti awal juga menunjukkan bahwa alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kerusakan UV pada kulit ini dapat menyebabkan kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya. 

Alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang baik, yang merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif. Sayangnya, banyak orang tidak mendapatkan cukup vitamin E melalui makanan mereka. Menariknya, vitamin E tampaknya lebih efektif bila dikombinasikan dengan vitamin C.

Vitamin C ini juga penting untuk kesehatan kulit karena kulit membutuhkannya untuk membuat kolagen, yang merupakan protein struktural utama yang membuat kulit kuat dan sehat. Kekurangan vitamin C jarang terjadi akhir-akhir ini, tetapi gejala umum termasuk kulit kering, kasar, dan bersisik yang cenderung mudah memar. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif. 

  1. Buah Beri Hitam

Konsumsi buah beri yang kaya vitamin ini juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Buah ini juga merupakan tambahan yang manis dan asam untuk menu sarapan smoothie yang sehat. Hebatnya lagi, buah ini juga dapat berfungsi sebagai eksfoliator yang lembut. 

Buah ini memiliki dua bentuk asam alfa hidroksi (AHA), sitrat dan malat. Mereka adalah pengelupas kimia yang dengan lembut memecah hal-hal yang menyatukan sel-sel kulit, sehingga sel-sel mati dengan mudah terkelupas tanpa penggosokan yang keras.

Baca juga: 15 Buah dan Sayur yang Lebih Sehat Dimakan dengan Kulitnya

  1. Delima

Delima juga merupakan buah yang mengandung jenis antioksidan kuat yang disebut polifenol. Ternyata, buah berbiji ini memiliki kandungan antioksidan tiga kali lipat dibandingkan teh hijau dan anggur merah. 

Konsumsi buah delima rutin berarti kamu memasok kebutuhan antioksidan untuk kesehatan tubuh. Polifenol ini dapat menetralkan radikal bebas berbahaya yang jika tidak ia bisa merusak sel-sel dan meningkatkan risiko penyakit.  Polifenol juga dianggap mengurangi peradangan, yang dianggap sebagai akar penyebab banyak penyakit kronis.

  1. Pepaya 

Konsumsi buah pepaya juga sangat disarankan untuk menjaga kesehatan kulit. Ini karena buah pepaya mengandung molekul antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Manfaat buah pepaya untuk kulit juga dapat mengurangi garis halus dan kerutan yang merupakan tanda-tanda dari penuaan dini.

Pepaya juga mengandung enzim papain. Enzim ini sering kali ditambahkan ke dalam produk-produk eksfoliasi kulit yang bertindak sebagai zat untuk melawan peradangan dan mencegah penuaan.

Baca juga: 6 Buah yang Bisa Disulap Menjadi Bahan Masker Wajah Alami

Itulah beberapa buah untuk menjaga kesehatan kulit. Jika kamu membutuhkan saran dokter mengenai cara menjaga kesehatan kulit, sebaiknya tanyakan langsung pada dokter di Halodoc.

Dokter di Halodoc akan selalu siaga menjawab semua pertanyaan mengenai kesehatan kulit, kapan dan di mana saja. Praktis bukan? Yuk, gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. 23 Foods That Are Good for Your Skin. 
Healthline. Diakses pada 2021. The 12 Best Foods for Healthy Skin.
Women’s Health Magazine. Diakses pada 2021. 22 Best Foods For Naturally Glowing Skin.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan