• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rutin Minum Infused Water Bisa Cegah Mimisan?

Rutin Minum Infused Water Bisa Cegah Mimisan?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Mimisan menjadi salah satu perdarahan pada hidung yang dapat terjadi pada siapa saja. Bukan orang dewasa, anak-anak rentan mengalami mimisan. Jika mimisan yang dialami tidak disertai dengan gejala lain seperti demam dan mimisan tidak berlangsung lebih dari 5 menit, kondisi ini tentu bisa kamu atasi dengan mandiri di rumah.

Baca juga: Mimisan Bisa Jadi Tanda 5 Penyakit Ini

Jangan khawatir, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah mimisan. Menjaga kelembapan udara pada ruangan maupun kamar juga bisa dilakukan sebagai pencegahan mimisan. Tidak hanya itu, infused water juga berguna untuk mencegah mimisan. Ini ulasannya.

Benarkah Infused Water dapat Cegah Mimisan?

Mimisan atau epistaksis adalah perdarahan yang terjadi pada hidung dan dapat keluar melalui salah satu lubang hidung atau kedua lubang hidung. Pada tiap kondisi, mimisan memiliki durasi dan jumlah yang berbeda. Dilansir dari Cleveland Clinic, mimisan bukan kondisi yang membahayakan jika berlangsung tidak terlalu lama dan dapat diatasi secara mandiri di rumah.

Segera kunjungi rumah sakit terdekat saat mimisan terjadi lebih dari 20 menit, adanya perubahan warna kulit pada pengidap mimisan, jantung berdebar, dan alami kelelahan. Apalagi jika kondisi ini terjadi setelah kamu mengalami benturan pada area kepala. Penanganan secara medis tentu perlu dilakukan untuk memastikan penyebab mimisan.

Mimisan dapat dicegah dengan melakukan beberapa gaya hidup sehat, salah satunya adalah memenuhi kebutuhan air putih bagi tubuh setiap harinya. Lalu, apakah infused water dapat digunakan untuk cegah mimisan? Dilansir dari Healthline, infused water atau detox water adalah air mineral yang dipadukan dengan beberapa potongan buah, sayuran, maupun tanaman herbal. Kondisi ini membuat air memiliki sedikit rasa dari sayuran, buah, atau tanaman herbal yang dicampurkan pada air mineral. 

Baca juga: Jangan Panik, Ini Penyebab Mimisan pada Anak

Ada beberapa manfaat infused water yang cukup terkenal, seperti menurunkan berat badan, menghambat proses penuaan dini, dan menjaga kesehatan pencernaan. Namun, apakah benar infused water dapat mencegah mimisan? Infused water dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan cairan perharinya. Dengan begitu, tubuh kamu terhidrasi dengan baik.

Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat membuat kamu terhindar dari dehidrasi. Tidak hanya memengaruhi kulit yang menjadi lebih kering, dehidrasi yang tidak diatasi dapat sebabkan selaput lendir pada bagian hidung menjadi kering dan meningkatkan risiko mimisan. Jadi, tidak ada salahnya untuk konsumsi infused water agar kebutuhan cairan dalam tubuh tetap terpenuhi dengan baik. 

Ketahui Penyebab Mimisan

Ada beberapa penyebab seseorang mengalami mimisan, seperti membuang ingus yang terlalu kencang, alami cedera pada bagian hidung, masuknya benda asing pada hidung, benturan yang cukup keras pada kepala, penyakit hipertensi, dan penyakit yang menyebabkan gangguan pembekuan darah. Tanyakan pada dokter lewat aplikasi Halodoc tentang penyebab mimisan lainnya yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Mengapa Mimisan Dapat Terjadi Ketika Tubuh Kelelahan?

Namun, sebaiknya jangan panik ketika kamu mengalami mimisan. Duduklah tegak dan hindari berbaring ketika alami mimisan. Tidak ada salahnya atasi mimisan dengan bahan alami, misalnya es batu. Kamu juga dapat menggunakan es batu yang telah dibalut kain lembut untuk mengompres pada bagian sisi pangkal hidung yang alami perdarahan agar dapat segera mereda atau berhenti. Jika mimisan belum berhenti juga, maka sebaiknya segera ke rumah sakit terdekat.

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2020. When Is a Bloody Nose an Emergency?
Intermountain Healthcare. Diakses pada 2020. How Infused Water Can Help You Stay Hydrated?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Nosebleed