• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rutinitas Pagi Hari yang Baik untuk Kesehatan Mental
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rutinitas Pagi Hari yang Baik untuk Kesehatan Mental

Rutinitas Pagi Hari yang Baik untuk Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani : 15 Februari 2021
Rutinitas Pagi Hari yang Baik untuk Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta - Mengawali hari dengan rutinitas pagi yang baik telah lama menjadi hal penting yang disarankan banyak ahli kesehatan mental. Apalagi jika kamu tengah menghadapi depresi dan kecemasan, rutinitas pagi yang baik akan membuat perbedaan nyata dalam kesehatan mental dan kamu akan merasa ada yang kurang saat tidak melakukannya. 

Saat membangun rutinitas pagi, penting juga untuk mempertimbangkan berapa banyak waktu yang kamu miliki. Meskipun kamu hanya punya waktu 20 menit setiap pagi, kamu bisa menggunakan waktu itu dengan sebaik mungkin. Jika waktu yang kamu miliki terlalu sempit, maka coba identifikasi hal yang membuat kamu merasa stres sepanjang hari, dan ini bisa saja berbeda tiap orang. Jadi, jangan memaksakan untuk melakukan berbagai aktivitas padahal waktu yang kamu miliki sangat sempit.

Baca juga: Ketahui 9 Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari 

Beberapa Jenis Aktivitas yang Baik untuk Mengawali Hari

Jika kamu ingin meningkatkan kesehatan mental, ada beberapa rutinitas pagi yang disarankan untuk dilakukan, misalnya:

Merapikan Tempat Tidur

Padahal merapikan tempat tidur tidaklah menguras banyak waktu. Sayangnya, banyak orang yang sering mengabaikannya. Jika kamu saat ini tidak biasa merapikan tempat tidur setiap pagi, mungkin kini kamu perlu mempertimbangkannya kembali. 

Kebiasaan merapikan tempat tidur diduga berkorelasi positif dengan tidur yang lebih nyenyak dan suasana hati yang lebih bahagia secara keseluruhan. Dengan merapikan tempat tidur, berarti kamu telah menunjukan pada diri sendiri bahwa kamu bisa melakukan pekerjaan dengan benar. Dengan begini, maka ini akan membuat kamu lebih merasa ringan untuk mengerjakan pekerjaan lainnya sepanjang hari. 

Minum 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Reviews, dehidrasi dapat berdampak negatif pada fungsi kognitif. Kebanyakan orang bangun dalam kondisi dehidrasi, dan dengan rehidrasi di pagi hari maka ini akan membantu meningkatkan kognisi. Dehidrasi juga dikaitkan dengan kelelahan serta gejala suasana hati yang buruk, termasuk lekas marah dan kebingungan. 

Meskipun hidrasi yang cukup mungkin tidak akan menyembuhkan masalah kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan, dehidrasi kronis juga kemungkinan tidak akan membuat kondisi tersebut lebih mudah ditangani. Minum air putih adalah cara yang baik untuk memberikan energi pada diri sendiri untuk mengatasi gejala yang menyertai banyak masalah kesehatan mental.

Baca juga: Ini Alasan Harus Kurangi Minum Kopi di Pagi Hari 

Sarapan Sehat 

Sarapan juga sangat disarankan untuk mengawali hari. Makan sesuatu dalam waktu satu jam atau lebih setelah bangun tidur akan mencegah kamu merasakan gejala agitasi. Makanlah sesuatu, terutama sesuatu dengan karbohidrat kompleks, lemak dan protein, karena tidak hanya akan meningkatkan suasana hati, tetapi juga akan memberi dorongan energi untuk membawamu melalui aktivitas pagi. 

Banyak penelitian mendukung klaim ini. Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition menemukan bahwa mereka yang sarapan setiap hari tidak mengalami depresi dibandingkan kelompok kontrol yang tidak sarapan setiap hari. Mereka yang sarapan juga melaporkan tingkat stres yang lebih rendah. Studi lain menemukan hubungan antara konsumsi rutin sarapan sereal ternyata bisa menurunkan kadar kortisol, yakni hormon penyebab stres.

Namun, akan lebih baik lagi jika kamu juga minum vitamin harian setelah sarapan sehat. Kini kamu juga bisa beli vitamin dan suplemen yang kamu butuhkan di Halodoc, lho. Pesanan kamu pun akan tiba kurang dari satu jam, sehingga kini kamu tak perlu repot keluar rumah hanya untuk beli obat.

Baca juga: Rekomendasi Menu Sarapan Sehat untuk Hari yang Produktif

Jauhi Gadget

Meskipun teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental seseorang, penggunaan smartphone ternyata dapat dengan mudah menyebabkan perilaku kompulsif yang kemudian malah mengganggu kesehatan mental. Penelitian juga telah menemukan bahwa penggunaan smartphone bisa meningkatan kecemasan dan depresi. Jadi, pertimbangkan untuk menghindari atau mengurangi penggunaan gadget di pagi hari. Dengan menghindari gadget, maka kamu akan terlindungi dari informasi tentang berita, politik, atau drama media sosial, yang sering kali dapat menyebabkan suasana hati yang buruk.

Aktivitas Fisik 

Bagi mereka yang memiliki jadwal padat, melakukan aktivitas fisik di pagi hari adalah salah satu cara yang baik untuk memastikan mereka berolahraga di hari itu. Karena olahraga terbukti memiliki efek positif pada suasana hati dan dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan, jadi hal ini perlu dipertimbangkan untuk diprioritaskan. Olahraga pun tak harus berat, karena peregangan ringan juga bisa membantu melancarkan aliran darah. Olahraga akan melepaskan endorfin, yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. 

ReferensI:
Good Therapy. Diakses pada 2021. 11 Tips for a Morning Routine That Supports Mental Health.
National Alliance of Mental Health. Diakses pada 2021. The Power of a Morning Routine.
SELF. Diakses pada 2021. 9 Small Morning Habits That Will Make Your Whole Day So Much Better.