• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sebelum Jadi Vegan, Ketahui Mitos dan Faktanya

Sebelum Jadi Vegan, Ketahui Mitos dan Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Gaya hidup vegan kini mulai dilirik oleh banyak orang. Karena fokus pada makanan yang berasal dari tanaman, gaya hidup ini diyakini mampu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Melansir Insider, terdapat peningkatan veganisme dari 1 persen populasi menjadi 6 persen hanya dalam tiga tahun. Meskipun popularitasnya meningkat, masih ada banyak hal tentang veganisme yang belum sepenuhnya dimengerti orang.

Baca juga: 5 Menit untuk Hidup Lebih Sehat

Yuk, simak beberapa mitos dan fakta tentang veganisme berikut ini: 

Mitos: Menjadi Vegan Itu Sulit

Meskipun banyak yang mengatakan bahwa hal ini tergantung pada keadaan sosial-ekonomi, namun kenyataannya kini menjalani gaya hidup vegan lebih mudah daripada sebelumnya. Kini mulai banyak tersedia restoran yang menyajikan makanan siap saji ramah-vegan. Situs belanja online juga semakin banyak menyajikan makanan-makanan vegan yang siap untuk diantar langsung ke rumah kamu. Asalkan sudah komitmen untuk menjalankan gaya hidup ini, maka kamu tidak akan kesulitan menjalankannya.

Mitos: Vegetarian dan Vegan Akan Sulit Mendapatkan Cukup Protein

Selama ini protein selalu identik dengan daging, maka beberapa orang merasa khawatir jika menjadi vegan kelak, asupan protein mereka tidak terpenuhi. Padahal mendapatkan asupan protein dari sumber nabati juga bisa mencukupi kebutuhan harian. Protein nabati biasanya mengandung lebih banyak serat dan sedikit lemak jenuh, sehingga sangat baik untuk jantung.

Ada banyak sumber protein nabati yang bisa kamu pilih, seperti kacang-kacangan, produk kedelai, dan biji-bijian. Namun, mereka yang vegan harus makan protein lebih banyak daripada mereka yang tidak karena protein dalam makanan nabati terbungkus dalam dinding sel tanaman yang lebih sulit dicerna. Oleh karena itu, kacang burrito, tahu dan tumis sayuran, atau cabe lentil adalah jenis sumber protein yang bisa diandalkan.

Baca juga: 4 Gaya Hidup Sehat Ala Atlet yang Bisa Ditiru

Mitos: Makanan Vegan Tidak Mengenyangkan

Sejauh ini, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa ada perbedaan dalam rasa kenyang antara daging dan produk berbasis kedelai. Di sisi lain, sebenarnya dibutuhkan beberapa minggu bagi tubuh untuk terbiasa dengan pola makan yang berbeda. Cobalah terapkan pola makan vegan selama 30 hari. Pada akhir bulan, kamu akan menyadari bahwa makanan vegan bisa memuaskan selera makan menjadi lebih baik daripada produk hewani.

Fakta: Vegan Bikin Tubuh Kekurangan Zat Besi

Pada dasarnya, tidak ada diet yang benar-benar sempurna. Saat memutuskan menjalankan diet vegan, maka kamu harus menerima risiko bahwa tubuh mungkin kekurangan vitamin B12, vitamin D, zat besi, dan nutrisi lain yang kebanyakan ditemukan dalam produk hewani. Namun, bukan berarti ini menjadi tidak disarankan, karena kamu bisa memenuhinya melalui suplemen.

Lagipula, jika kamu menjalani diet yang banyak mengandung daging seperti diet keto, maka kamu juga dapat mudah mengalami kekurangan vitamin C, vitamin K, atau serat. Untuk lebih amannya, sebaiknya diskusikan dengan dokter caranya agar nutrisi tubuh terpenuhi dengan baik. Caranya, tinggal gunakan smartphone kamu dan gunakan fitur chat di aplikasi Halodoc. Dokter akan memberikan saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. 

Baca juga: Mudah Lelah, Waspada 7 Tanda Anemia yang Perlu Diatasi

Fakta: Vegan Tidak Hanya Fokus Seputar Makanan

Kebanyakan orang yang memutuskan menjadi vegan awalnya tidak memfokuskan tentang pola makan saja. Melainkan berfokus pada gaya hidup secara keseluruhan yang lebih ramah lingkungan.

Jadi, mereka tidak hanya makan makanan yang berasal dari tumbuhan, tetapi berusaha mengenakan semuanya barang kebutuhan hidup yang tidak terbuat dari hewan. Misalnya adalah perias wajah, produk perawatan kulit, wajah, dan tubuh. Sebab, lebih dari 100 juta hewan dirugikan dalam produksi dan pengujian hal-hal yang kita gunakan setiap hari.  

Referensi:
Insider. Diakses pada 2020. Things You’re Getting Wrong About Veganism.
The Vegan Society. Diakses pada 2020. Myths About Veganism.
Academy of Nutrition and Dietetics. Diakses pada 2020. Building a Healthy Vegetarian Meal Myths and Facts.