16 April 2018

5 Menit untuk Hidup Lebih Sehat

5 Menit untuk Hidup Lebih Sehat

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan adalah bekal yang harus disiapkan. Salah satu cara yang cukup populer untuk menjaga kesehatan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan rutin berolahraga. Namun sayangnya, kesadaran terhadap pentingnya berolahraga masih sangat kecil. Terutama pada masyarakat yang hidup di perkotaan.

Nyatanya, ada saja alasan yang bisa membuat seseorang melewatkan hari tanpa berolahraga. Nah, kalau kamu termasuk orang yang memiliki tingkat kesibukan yang tinggi, perlu tahu nih jenis olahraga yang cocok! Yaitu jenis olahraga yang tidak membutuhkan waktu terlalu lama, tapi memiliki manfaat yang tak kalah dari olahraga lainnya. Apa itu?

Jawabannya adalah berlari. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk melakukannya. Caranya adalah dengan berlari secepat mungkin dan tanpa henti selama waktu tersebut. Bahkan sebuah studi menyebut bahwa olahraga ini bisa memberikan manfaat seperti berlari santai selama 45 menit.

Berlari selama lima sampai sepuluh menit disebut dapat memperpanjang hidup sampai beberapa tahun. Hal ini tentu jauh lebih baik dan menguntungkan dibandingkan dengan orang yang tidak pernah berolahraga sama sekali.

Namun, bukan berarti kamu tidak harus melakukan jenis olahraga yang lain. Kalau kamu memiliki waktu yang lebih luang, cobalah untuk melakukan jenis kegiatan lain untuk menghindari rasa bosan yang bisa berujung dengan malas berolahraga.

Sebab, pada dasarnya semua jenis olahraga memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. Kamu bisa mencoba olahraga lain yang tak kalah sederhana dan menyenangkan, seperti berjalan kaki di taman, bermain tenis, joging, bersepeda, atau berolahraga di gym.

Butuh Komitmen

Nyatanya, hal tersulit dalam olahraga adalah memulainya. Sebab, kebanyakan orang merasa enggan untuk merasa lelah dan berkeringat. Padahal, meninggalkan olahraga adalah satu hal yang bisa memberi dampak pada tubuh dan bisa memengaruhi suasana hati juga.

Rutin berolahraga setiap hari dapat menjaga keseimbangan antara energi yang masuk dan yang keluar dari dalam tubuh. Orang dewasa disarankan untuk melakukan olahraga setiap hari dengan intensitas sedang dan durasi yang secukupnya. Yaitu, olahraga intensitas sedang selama 150 menit dalam seminggu atau olahraga dengan intensitas tinggi selama 75 menit seminggu.

(Baca juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat)

Namun, rata-rata penduduk di seluruh dunia belum dapat memenuhi dosis olahraga yang dianjurkan tersebut. Padahal, penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa orang yang berolahraga selama 45 menit benar-benar akan mendapat manfaat sehat.

Perubahan kesehatan yang dirasakan seperti peredaran oksigen dalam tubuh yang semakin baik dan berhubungan dengan penurunan risiko kematian dini. Selain itu, orang yang rutin berolahraga pun akan mengalami penurunan lemak dalam aliran darah, yang terkait dengan penyakit kardiovaskular.

Nah, nyatanya tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk berolahraga, bahkan cukup hanya dengan lima menit. Artinya, kamu sama sekali tak lagi memiliki alasan untuk melewatkan olahraga. Selain membuat sehat, berolahraga juga memiliki manfaat untuk memperbaiki suasana hati alias mood. Sebab, berolahraga bisa merangsang tubuh dan otak memproduksi hormon yang bisa menekan stres dan membuat seseorang menjadi lebih bahagia.

Menjaga kesehatan juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi vitamin tambahan. Lebih mudah beli vitamin, obat, dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Gratis ongkos kirim, lho. Yuk download sekarang di App Store dan Google Play!