• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Banyak Nutrisi dalam Sepiring Capcay?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Banyak Nutrisi dalam Sepiring Capcay?

Seberapa Banyak Nutrisi dalam Sepiring Capcay?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 September 2021
Seberapa Banyak Nutrisi dalam Sepiring Capcay?Seberapa Banyak Nutrisi dalam Sepiring Capcay?

“Penerapan pola hidup sehat pada Si Kecil dapat dilakukan dengan beragam cara, seperti mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi penting. Salah satu resep yang dapat dijadikan sebagai sumber nutrisi penting untuk Si Kecil adalah capcay. Sebab, berbagai bahan seperti sayuran yang digunakan untuk memasak capcay memiliki kandungan nutrisi pentingnya masing-masing. Seperti misalnya wortel yang kaya akan kandungan vitamin A, serta beta karoten.”

Halodoc, Jakarta – Capcay merupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan nutrisi penting bagi tubuh. Sebab, capcay pada umumnya dibuat dari berbagai jenis sayuran segar, yang dicampur dengan udang dan bumbu seperti bawang putih, saus tiram, cabai, dan lain sebagainya. Masakan yang satu ini dapat ibu sajikan untuk menu makanan Si Kecil agar kebutuhan tubuhnya akan nutrisi penting terpenuhi dengan baik. Bila asupan nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi, tentu hal tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil. 

Selain itu, semakin cepat ibu memperkenalkan makanan sehat dan bergizi kepada anak, maka menerapkan pola makan yang sehat akan semakin mudah tumbuh pada diri Si Kecil. Lantas, seberapa banyak nutrisi yang terkandung dalam sepiring capcay? Simak informasinya di sini!

Baca juga: Macam-Macam Sumber Makanan Sehat untuk Anak

Kenali Nutrisi yang Terkandung dari Setiap Bahan Capcay

Umumnya, resep masakan capcay akan terdiri dari beberapa bahan dari sayuran segar seperti sawi putih, wortel, kembang kol, brokoli, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah penjelasan terkait bahan capcay dan kandungan nutrisinya, antara lain:

  1. Wortel

Setiap potongan wortel yang dicincang dan direbus mengandung 52 kalori, dan lebih dari empat kali asupan vitamin A harian yang dianjurkan untuk orang dewasa, dalam bentuk beta karoten. Vitamin A sangat penting untuk penglihatan yang sehat. Selain itu, wortel juga merupakan sumber serat yang baik, serta mengandung kalium, mangan, tiamin, niasin, asam folat, dan vitamin C dan K.

  1. Kembang Kol

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang lazim dijumpai pada capcay. Ibu perlu mengetahui bahwa manfaat kembang kol sangat beragam karena mengandung vitamin penting seperti vitamin B1, B2, C, dan vitamin K. Selain itu, kembang kol juga mengandung mineral  magnesium, kalium, fosfor, niasin, serta senyawa sulforaphane. Senyawa tersebut juga ditemukan pada brokoli, dan berfungsi untuk membantu pencegahan kanker.

  1. Sawi Putih

Sayuran yang satu ini adalah sumber serat, vitamin A, B, B2, B6, C, dan juga vitamin K. Selain itu, sawi putih juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti zat besi, fosfor, dan juga niasin.

  1. Jagung Muda

Jagung muda yang dikenal sebagai nama putren atau Baby Corn adalah sumber serat dan karbohidrat yang baik. Di samping itu, jagung muda memiliki kadar kolesterol, lemak jenuh, dan natrium (Na) yang rendah.

  1. Brokoli

Sayuran yang satu ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Brokoli mengandung serat, vitamin A, B1, B2, B6, C, E, K serta kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, mangan hingga asam folat. Selain itu, brokoli juga mengandung zat pencegah kanker layaknya kembang kol.

Baca juga:  5 Buah-buahan untuk Redakan Kolesterol Tinggi

  1. Buncis

Buncis adalah sayuran yang mengandung protein zat besi, magnesium, fosfor, kalium, mangan, asam pantotenat, hingga niasin. Selain itu, buncis juga mengandung beberapa vitamin penting seperti vitamin B1, B2, B6, dan juga vitamin C.  

  1. Kol

Kol juga merupakan sayuran yang lazim ditemukan pada capcay, selain kembang kol. Kol sendiri mengandung serat, protein, karbohidrat vitamin A, B1 (tiamin), B6, dan vitamin C. Nutrisi penting lainnya yang terkandung dalam kol adalah kalsium, fosfor, magnesium, kalium, hingga asam folat.

  1. Udang

Selain sayuran, umumnya capcay juga menggunakan udang sebagai bahannya. Udang sendiri adalah makanan laut yang kaya nutrisi penting. Seperti misalnya protein yang tinggi, vitamin B12, zinc, kalium, fosfor, kalsium, hingga asam lemak omega 3. Namun, ibu perlu memperhatikan kuantitas udang bila ingin memasak capcay meski nutrisi udang sangat kaya. Sebab, udang tinggi akan kolesterol, sehingga bila dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif pada tubuh.

  1. Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu yang dipakai saat memasak capcay. Namun, sayuran yang ini juga mengandung banyak nutrisi yang tidak kalah penting dengan bahan utama lainnya pada capcay. Sebab, bawang putih dikenal sebagai antibiotik alami, sehingga mampu melawan penyakit seperti misalnya pilek. Selain itu, bawang putih juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol pada tubuh.

Nah, begitulah kandungan gizi yang terdapat pada sepiring capcay berdasarkan setiap komponen bahan masakan tersebut. Segala kandungan nutrisi pada capcay tentu dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh Si Kecil. 

Seperti misalnya, kandungan serat yang tinggi dapat melancarkan buang air besar, sehingga dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam capcay juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh Si Kecil. 

Baca juga: 5 Khasiat Sayuran dan Buah Berwarna yang Belum Banyak Diketahui

Selain mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, memenuhi asupan nutrisi penting juga dapat dilakukan melalui konsumsi vitamin dan suplemen. Melalui aplikasi Halodoc, Ibu dapat membeli vitamin anak yang bermanfaat untuk tumbuh kembangnya, tanpa perlu mengantri berlama-lama di Apotek. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

Medical News Today. Diakses pada 2021. What are the most healthful vegetables?
AyahBunda. Diakses pada 2021. GIZI DALAM SEPORSI CAPCAY
iNews. Diakses pada 2021. Resep Capcay Kampung, Menu New Normal untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh