• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selebriti Ini Alami Butterfly Effects karena Lupus

Selebriti Ini Alami Butterfly Effects karena Lupus

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Lupus menjadi salah satu penyakit autoimun yang menyebabkan terjadinya peradangan pada sejumlah organ tubuh. Gejalanya bervariasi, mulai dari ringan hingga berat tergantung dari kondisi masing-masing pengidapnya. Gejala yang umum terjadi adalah kelelahan pada tubuh, rambut mengalami kerontokan, demam, sendi menjadi kaku, munculnya ruam kulit, dan masalah pada memori. Namun, gejala khas dari lupus ini adalah munculnya butterfly effects. 

Butterfly effects, atau ruam yang seperti kupu-kupu ini muncul pada area pipi kanan dan kiri hingga hidung. Biasanya, lupus juga disertai dengan masalah kulit lainnya, termasuk hipersensitif terhadap cahaya matahari, ruam ungu pada beberapa bagian tubuh, termasuk pada wajah, leher, dan lengan, serta terjadinya luka pada mulut untuk beberapa pengidap penyakit ini. Nah, ternyata, ada beberapa selebriti yang juga berjibaku dengan lupus, siapa saja?

  • Selena Gomez

Penyanyi sekaligus aktris asal Amerika, Selena Gomez adalah salah satu selebriti papan atas yang didiagnosis mengidap penyakit lupus. Ini dibuktikan dengan salah satu unggahan di akun Instagram miliknya yang menampilan foto sang aktris tengah menjalani transplantasi ginjal karena penyakit ini. Tentu saja, selama menjalani perawatan, Selena harus membatalkan semua jadwal manggungnya yang telah tersusun rapi. Kini, ia mengaku telah lebih sehat. 

Baca juga: 3 Jenis Penyakit Lupus, Apa Saja?

  • Lady Gaga

Meskipun tidak pernah menunjukkan gejala seperti yang terjadi pada Selena, penyanyi, aktris, sekaligus pencipta lagu Lady Gaga mengaku memiliki risiko tinggi untuk mengalami penyakit ini. Ia berujar bahwa sang bibi meninggal akibat lupus, dan menjadikannya seseorang dalam keluarga yang berisiko tinggi untuk memiliki kondisi kesehatan yang sama. Namun, ia tetap berusaha untuk menjalani pola hidup yang sehat sebagai tindakan pencegahannya. 

  • Trick Daddy

Seorang penyanyi rap asal Amerika sekaligus aktor dan produser Trick Daddy juga divonis mengidap discoid lupus. Namun, ia mengaku tidak lagi menjalani pengobatan medis selama ini. Pasalnya, ia berujar bahwa setiap pengobatan yang dijalani harus membuatnya berakhir pada pemeriksaan lanjutan untuk mendeteksi apakah ada komplikasi ginjal sebagai dampaknya jadi, sebagai gantinya, ia memilih untuk menjalani program diet ghetto dan mengaku hingga saat ini tidak pernah mengalami komplikasi. 

Baca juga: Lupus Menyerang Otak, Ini Bahaya yang Terjadi

  • Nick Cannon

Nick Cannon, penyanyi rap multitalenta mengalami gejala lupus yang sangat parah pada tahun 2012 silam. Ia mengalami gagal ginjal dan terindikasi adanya gumpalan darah pada bagian paru-parunya. Sayangnya, Cannon mengaku belum pernah mengetahui penyakit ini hingga ia mengidapnya sendiri. Sekarang, ia mengaku sudah merasa lebih baik dengan membiasakan pola hidup dan pola diet yang tepat sebagai tindakan pencegahan komplikasi. 

  • Toni Braxton

Penyanyi yang berhasil meraih penghargaan Grammy Awards ini berjuang melawan lupus sejak tahun 2011 silam. Beberapa hari dihabiskannya dengan hanya berbaring, tetapi kini ia mengaku telah mampu mengatasinya. Bahkan, Toni harus menjalani perawatan berulang kali di rumah sakit untuk meredakan gejala lupus yang sangat mengganggunya, termasuk pemberian pola makan yang tepat untuk tindakan pencegahan. 

Baca juga: Kenali Fakta Mengenai Penyakit Lupus

Apa pun gejala yang kamu alami tidak boleh kamu abaikan. Jika kamu merasa ada yang janggal dengan kondisi tubuhmu, tanyakan langsung pada dokter. Jika perlu, buat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat agar kamu bisa segera mendapatkan penanganan. Pakai saja aplikasi Halodoc, mau bertanya langsung dengan dokter atau buat janji, semua bisa dengan aplikasi ini. 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2020. 9 Celebrities with Lupus.
Health. Diakses pada 2020. 9 Celebrities with Lupus.
Umass Medical School. Diakses pada 2020. Famous Faces with Lupus.