• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Siapa Saja yang Berisiko Mengidap Kanker Sarkoma Ewing?

Siapa Saja yang Berisiko Mengidap Kanker Sarkoma Ewing?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Hingga kini kanker masih termasuk dalam salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti. Pasalnya, angka kematian akibat kanker cukup tinggi. Tak hanya itu saja, kanker bisa menyebabkan kualitas hidup seseorang menurun akibat gejala yang mengganggu mereka untuk beraktivitas sehari-hari. Apalagi jika kanker menyerang area tulang, seperti kanker sarkoma Ewing, seseorang bisa sangat terbatas untuk bisa beraktivitas. 

Kanker Sarkoma Ewing tercatat sebagai salah satu jenis kanker yang cukup langka, dan ia paling sering dialami oleh anak-anak dan remaja. Meski begitu, semua golongan usia juga berisiko terkena kanker ini. Kanker Sarkoma Ewing menyerang tulang atau jaringan lunak di sekitar tulang. Ia paling sering dimulai pada tulang kaki dan panggul, tetapi bisa terjadi pada tulang mana saja. Pada kasus yang lebih jarang, kanker bisa bermula dari jaringan lunak dada, perut, anggota badan atau lokasi lainnya.

Baca juga: Sarkoma Ewing, Kanker Tulang pada Anak dan Remaja

Apa Saja Gejala Kanker Sarkoma Ewing?

Tanda dan gejala khas dari kanker sarkoma Ewing antara lain: 

  • Nyeri, bengkak, atau nyeri di dekat daerah yang sakit.
  • Sakit tulang.
  • Kelelahan yang tidak bisa dijelaskan.
  • Demam tanpa sebab yang jelas. 
  • Penurunan berat badan yang tidak disengaja. 

Apakah anak memiliki gejala seperti yang disebutkan di atas? Sebaiknya orangtua tidak tinggal diam. Segera diskusikan hal ini dengan dokter di Halodoc untuk mendapatkan penanganan awal. Jika dibutuhkan, dokter juga akan memberikan rujukan untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit. Tak perlu khawatir, karena semua ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Ingat, penanganan awal yang cepat dan tepat adalah hal penting demi mencegah komplikasi yang tidak diinginkan.

Baca juga: Pemeriksaan untuk Mendiagnosis Kanker Sarkoma Ewing

Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Sarkoma Ewing

Hingga kini para ahli belum menemukan penyebab pasti dari kanker sarkoma Ewing. Sejauh ini sarkoma Ewing diketahui dapat bermula ketika sebuah sel mengembangkan perubahan dalam DNA-nya. DNA sel ini berisi instruksi yang memberi tahu sel apa yang harus dilakukan. Saat DNA berubah, maka sel akan berkembang biak dengan cepat dan terus hidup, padahal sel sehat seharusnya mati. Alhasil, tumor akan terbentuk dan dapat menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat. Sel-sel abnormal dari tumor juga bisa pecah dan bermetastasis (menyebar) ke seluruh tubuh.

Dalam sarkoma Ewing, perubahan DNA paling sering memengaruhi gen yang disebut EWSR1. Jika dokter mencurigai bahwa anak mengidap sarkoma Ewing, sel kanker mungkin diuji untuk mencari apakah DNA mengalami perubahan atau tidak. 

Tah hanya itu, ada juga beberapa faktor risiko yang bisa sebabkan seseorang alami kanker sarkoma Ewing, antara lain: 

  • Usia. Sarkoma Ewing dapat terjadi pada usia berapa pun, tetapi lebih cenderung terjadi pada anak-anak dan remaja.
  • Ras. Sarkoma Ewing lebih umum pada orang-orang keturunan Eropa. Kondisi ini pun tercatat lebih jarang terjadi pada orang keturunan Afrika dan Asia Timur.

Baca juga: 4 Penyebab Terjadinya Kanker Tulang pada Anak

Waspadai Komplikasi Kanker Sarkoma Ewing

Apabila anak atau remaja yang mengidap penyakit ini telat atau tidak mendapatkan pertolongan yang tepat, maka dikhawatirkan beberapa komplikasi bisa terjadi. Beberapa jenis komplikasi tersebut antara lain: 

  • Sel Kanker Menyebar. Sarkoma Ewing dapat menyebar dari tempat ia bermulai ke daerah lain. Alhasil, perawatan dan pemulihan akan jauh lebih sulit untuk dilakukan. Sarkoma Ewing paling sering menyebar ke paru-paru dan ke tulang lainnya.
  • Efek Samping Pengobatan Jangka Panjang. Perawatan agresif yang diperlukan untuk mengendalikan sarkoma Ewing ternyata juga bisa menyebabkan efek samping, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Tim medis akan membantumu mengelola efek samping yang terjadi selama pengobatan berlangsung dan memberikan daftar efek samping yang harus diperhatikan pada tahun-tahun setelah perawatan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What Is Ewing’s Sarcoma?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Ewing Sarcoma.
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Ewing Sarcoma.
WebMD. Diakses pada 2020. What Is Ewing’s Sarcoma?