Tak Hanya Sembuhkan Luka, Ini 5 Manfaat Lain Centella Asiatica

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Januari 2023

“Centella asiatica memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari menurunkan gejala cemas hingga mencegah tanda penuaan dini pada kulit.”

Tak Hanya Sembuhkan Luka, Ini 5 Manfaat Lain Centella AsiaticaTak Hanya Sembuhkan Luka, Ini 5 Manfaat Lain Centella Asiatica

Halodoc, Jakarta – Centella asiatica atau daun pegagan menjadi salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya yaitu mampu menyembuhkan luka yang ada pada permukaan kulit secara optimal.

Bukan hanya menyembuhkan luka, centella asiatica juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan. Bukan hanya kesehatan kulit, tetapi kesehatanmu secara menyeluruh. Yuk, simak ulasan mengenai berbagai manfaat centella asiatica untuk kesehatan berikut ini!

Manfaat Lain dari Centella Asiatica

Centella asiatica atau daun pegagan juga dikenal dengan nama gotu kola. Tanaman herbal ini dipercaya memiliki berbagai kandungan dengan sifat antimikroba, antidiabetes, anti peradangan, hingga antidepresan. Begitu banyak kandungan yang baik untuk kesehatan, maka banyak masyarakat menggunakan tanaman ini sebagai tanaman herbal.

Kamu bisa menemukan ekstrak daun pegagan dalam bentuk kapsul atau bubuk yang bisa dicampur dengan makanan atau minuman yang kamu konsumsi. Selain itu, tidak jarang daun pegagan juga menjadi campuran pada produk perawatan kulit.

Salah satu manfaat yang cukup terkenal dari centella asiatica yaitu mampu mengatasi luka. Tanaman ini mampu mengatasi luka bakar dan luka sayatan yang terbilang ringan sehingga bisa pulih dengan baik.

Namun, selain mampu menyembuhkan luka, ada berbagai manfaat dari daun pegagan yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Menurunkan gejala gangguan cemas dan stres

Daun pegagan memiliki kandungan yang bersifat anti kecemasan di dalamnya. Untuk itu, manfaat ini sangat baik digunakan pada seseorang yang mengalami gangguan cemas atau stres yang memicu keluhan kesehatan pada tubuh.

Kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi obat herbal yang mengandung 500 miligram daun pegagan, sebanyak dua kali sehari dalam waktu dua minggu. Tentunya masih diperlukan berbagai penelitian yang lebih mendalam mengenai efek daun pegagan ini pada kesehatan. 

Agar kondisi kesehatan mental menjadi lebih baik, pastikan kamu juga menggunakan berbagai obat-obatan yang telah disarankan oleh dokter untuk mengatasi gejala cemas dan stres.

2. Mengurangi pembengkakan pada kaki

Tanaman herbal ini mampu mengurangi masalah retensi cairan, pembengkakan pada kaki, hingga sirkulasi darah pada tubuh. 

Kamu bisa mengonsumsi tanaman ini dalam bentuk kapsul secara rutin. Hasilnya, pembengkakan pada kaki bisa menjadi lebih membaik.

3. Mengatasi insomnia

Daun pegagan dinilai mampu menurunkan risiko insomnia pada pengidap gangguan tidur. Hal ini terjadi karena daun pegagan mampu meredakan gejala cemas dan stres yang bisa memicu insomnia.

4. Meningkatkan kemampuan kognitif

Centella asiatica mampu meningkatkan kemampuan kognitif secara menyeluruh, khususnya pada pengidap alzheimer. 

Selain itu, ekstrak daun pegagan dan asam folat mampu meningkatkan kemampuan kognitif seseorang pasca mengalami stroke. Namun, ekstrak daun pegagan lebih dinilai lebih efektif dalam meningkatkan daya ingat.

5. Mencegah gejala penuaan dini

Daun pegagan juga banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan. Berbagai kandungan daun pegagan mampu mencegah gejala penuaan dini, seperti munculnya kerutan halus, mengencangkan kulit, hingga mengatasi jerawat yang membandel.

Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan dengan menggunakan tanaman herbal ini. Namun, perlu diingat, bahwa penggunaan tanaman herbal bukanlah sebagai pengobatan utama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. 

Sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan pada rumah sakit agar kamu bisa mendapatkan pengobatan yang tepat secara medis. Kamu bisa menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2023. Everything You Need to Know About Gotu Kola.

Very Well Health. Diakses pada 2023. What is Gotu Kola?

Nourish by Web MD. Diakses pada 2023. Health Benefits of Gotu Kola.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan