Ini 5 Daftar Obat untuk Luka Bernanah dan Bengkak di Apotek

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Januari 2024

“Luka bernanah dan bengkak bisa menghambat aktivitas karena rasa nyerinya. Rekomendasi obatnya, yaitu Betadine, Betadine Solution, Minol Minyak Luka, Hansaplast Salep Luka, dan Tieh Ta Yao Gin.”

Ini 5 Daftar Obat untuk Luka Bernanah dan Bengkak di ApotekIni 5 Daftar Obat untuk Luka Bernanah dan Bengkak di Apotek

DAFTAR ISI

Pilihan Obat Luka Bernanah dan Bengkak di Apotek


Halodoc, Jakarta – Nanah adalah cairan kental yang biasanya muncul saat luka di kulit terkena infeksi. Warnanya putih, kuning, hijau, atau coklat, biasanya tidak memiliki bau, tapi juga bisa berbau tidak sedap.

Nanah bisa menjadi bagian alami dari proses penyembuhan luka. Cairan ini juga menjadi pertanda bahwa tubuh sedang berusaha melawan infeksi. Ketahui di bawah ini obat luka bernanah dan bengkak yang bisa kamu coba!

Pilihan Obat Luka Bernanah dan Bengkak di Apotek

Adanya nanah di permukaan luka bisa disertai dengan gejala lain, seperti bengkak, kemerahan, demam, panas dingin, dan kelelahan. Gejalanya mirip dengan flu, tapi biasanya terjadi dalam intensitas lebih parah.

Beberapa pilihan obat luka bernanah dan bengkak yang ada di apotek, antara lain:

1. Betadine 10% Salep 10 g 

Betadine 10% Salep 10 g adalah obat topikal yang mengandung zat aktif berupa povidone Iodine sebanyak 10%. Salep antiseptik ini efektif membunuh kuman penyebab infeksi pada luka di permukaan kulit. 

Cara menggunakannya dengan mengoleskan 1-2 kali sehari ke seluruh permukaan kulit yang terluka. Obat hanya untuk pemakaian luar dan hindari penggunaannya pada pengidap hipersensitif terhadap iodium.

Rentang harga: Rp25.400 – Rp29.600 per tube.

Dapatkan Betadine 10% Salep 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Betadine Solution 15 ml

Pilihan obat luka bernanah dan bengkak selanjutnya adalah merek Betadine Solution berukuran 15 ml. Obat ini mengandung 10 persen povidone iodine yang bersifat antiseptik sehingga efektif membunuh kuman penyebab infeksi.

Dengan membunuh kuman, Betadine bisa mencegah infeksi dan mendukung proses penyembuhan. Povidon iodine juga membantu mengurangi peradangan pada area luka dan mengurangi rasa sakit serta ketidaknyamanan.

Rentang harga: Rp16.500 – Rp18.800 per botol.

Dapatkan Betadine Solution 15 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Kamu juga bisa menggunakan rekomendasi obat dalam artikel ini jika mengalami luka bakar dalam intensitas ringan hingga sedang: Ini 7 Obat Luka Bakar yang Ampuh dan Mudah Ditemukan

3. Minol Minyak Luka 15 ml

Minol Minyak Luka 15 ml adalah obat luka bernanah dan bengkak yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan alami. Minyak ini memiliki aroma khas rempak yang mampu mengeringkan berbagai jenis luka, termasuk luka bernanah.

Penggunaan Minol Minyak Luka tidak menimbulkan rasa sakit atau perih, sehingga nyaman digunakan. Dosis penggunaannya bisa sesering mungkin dengan diteteskan atau dioleskan ke area kulit yang luka.

Rentang harga: Rp13.400 per botol.

Dapatkan Minol Minyak Luka 15 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Hansaplast Salep Luka 20 g

Hansaplast Salep Luka 20 g adalah salep penutup luka yang mengandung white petrolatum, thin paraffin oil, ceresin wax, glycerin, panthenol, dan glyceryl stearate

Formulasi pada Hansaplast Salep Luka digunakan untuk membantu proses penyembuhan luka dengan mengurangi risiko luka membekas, melindungi dan menenangkan kulit yang rusak seperti kering serta pecah-pecah.

Penggunaan Hansaplast Salep Luka minimal 2 kali per hari pada bagian yang sakit. Oleskan obat pada bagian yang sakit, kemudian tutup luka dengan plester.

Rentang harga: Rp50.400 per tube.

Dapatkan Hansaplast Salep Luka 20 g di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Tieh Ta Yao Gin 30 Cc

Rekomendasi obat luka bernanah yang terakhir adalah Tieh Ta Yao Gin 30 Cc. Obat herbal ini dapat membantu tak hanya mengatasi luka bernanah, tapi juga mengurangi rasa nyeri dan melancarkan peredaran darah.

Penggunaannya sebanyak 3-4 kali per hari. Pastikan untuk membersihkan area kulit yang terluka sebelum mengaplikasikan luka untuk menghilangkan kotoran. Hindari penggunaan di sekitar area mata.

Rentang harga: Rp25.600 per botol.

Dapatkan Tieh Ta Yao Gin 30 Cc di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi obat luka bernanah dan bengkak yang bisa kamu gunakan untuk membantu mengatasi luka. Kamu bisa mendapatkan obat-obatan di atas dengan cepat dan praktis melalui Toko Kesehatan Halodoc

Pastikan juga untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Kamu juga perlu mengecek kesesuaian dan kelengkapan produk, serta periksa juga masa berlaku produk yang kamu beli.

Referensi:
MedicineNet. Diakses pada 2024. Is Pus a Sign of Infection? What Causes It?
Healthline. Diakses pada 2024. Everything You Need to Know About Pus. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan