• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tak Kalah dengan Susu Sapi, Ini 6 Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tak Kalah dengan Susu Sapi, Ini 6 Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan

Tak Kalah dengan Susu Sapi, Ini 6 Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 November 2021
Tak Kalah dengan Susu Sapi, Ini 6 Manfaat Susu Kedelai bagi KesehatanTak Kalah dengan Susu Sapi, Ini 6 Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan

“Susu kedelai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak kalah dengan susu sapi, susu kedelai juga mengandung kalsium yang baik untuk tulang. Bagi mereka yang menerapkan vegetarian atau memiliki alergi laktosa, susu kedelai bisa jadi pilihan yang baik. Kesehatan otak dan jantung akan terjaga dengan rutin meminum susu kedelai.”

Halodoc, Jakarta – Susu kedelai biasanya dipilih sebagai pengganti susu sapi. Selain jadi susu pengganti bagi orang yang memiliki alergi laktosa, susu kedelai juga bermanfaat untuk kesehatan. Awalnya susu kedelai merupakan limbah dalam proses pembuatan tahu, kini minuman ini dijual sebagai pengganti susu bebas laktosa yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Bagi kamu yang memiliki gaya hidup vegetarian atau memiliki alergi laktosa, susu kedelai adalah pilihan yang baik. Melihat banyak manfaat kedelai yang ditawarkan, banyak yang beralih dari susu sapi ke susu kedelai. Lantas, apa saja manfaat kedelai yang perlu diketahui?

Baca juga: Susu Sapi atau Kedelai, Manakah yang Lebih Sehat?

  1. Baik untuk Kesehatan Otak
baik untuk kesehatan otak

Susu kedelai kaya akan asam lemak omega-3, yang merupakan lemak sehat. Asam lemak omega-3 bermanfaat untuk menurunkan risiko demensia dan penyakit Alzheimer. Hanya saja untuk manfaat ini, masih diperlukan banyak penelitian. Manfaat kedelai secara umum salah satunya sebagai sumber asam lemak omega-3 non-hewani. 

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
meningkatkan kesehatan jantung

Susu kedelai juga dapat mendukung sistem kardiovaskular. Minuman ini juga sumber potasium yang sangat baik, baik yang telah diperkaya atau belum. Kalium bermanfaat untuk menjaga tekanan darah rendah dan denyut nadi tetap teratur. 

Selain itu, dengan minum susu kedelai kamu dapat menjaga kadar kolesterol tetap rendah. Terutama bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi. 

Baca juga: Segala Hal Mengenai Susu UHT yang Perlu Diketahui

  1. Mengurangi Gejala Menopause
mengurangi gejala menopause

Isoflavon salah satu senyawa yang terkandung dalam kedelai. Bahan kimia ini juga dikenal sebagai “fitoestrogen”. Isoflavon ini bereaksi dalam tubuh seperti bentuk estrogen yang lemak. Penelitian juga menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi susu kedelai dan produk kedelai lainnya dapat membantu mengurangi gejala menopause. Contohnya gejala hot flashes.

  1. Pertumbuhan Rambut Jadi Lebih Baik
pertumbuhan rambut lebih baik

Jika dikombinasikan dengan pola makan kaya protein, meminum susu kedelai akan berdampak baik pada rambut. Kandungan susu kedelai mampu merangsang pertumbuhan rambut yang lebih baik untuk meningkatkan penampilan. Susu kedelai bahkan juga bermanfaat untuk orang dengan rambut keriting dan sulit diatur. 

  1. Memperkuat Tulang
memperkuat tulang

Susu kedelai kaya akan kalsium, sehingga bermanfaat untuk kekuatan tulang. Kandungan kalsium dalam minuman ini mampu meningkatkan kesehatan tulang dengan membuatnya lebih kuat, menjaga struktur tulang tetap utuh, sehingga mengurangi risiko patah tulang. 

Baca juga:  Begini Manfaat Susu untuk Penyintas COVID-19

  1. Sebagai Antidepresan
antidepresan

Siapa sangka, dengan minum susu kedelai juga bisa meningkatkan mood. Hal ini berkat kandungan vitamin B6 dan vitamin B kompleks yang  bermanfaat dalam meningkatkan suasana hati. 

Selain itu, susu kedelai juga kaya akan magnesium yang melepaskan hormon serotonin dalam tubuh. Kandungan tersebut berfungsi sebagai antidepresan untuk pikiran.

Nah, itulah beberapa manfaat susu kedelai. Jika kamu belum pernah mencoba minum susu kedelai, semoga dengan informasi ini jadi tertarik untuk meminumnya. 

Namun, jika kamu memiliki kondisi tertentu seperti alergi, sebaiknya tanyakan terlebih dulu pada dokter di aplikasi Halodoc mengenai manfaatnya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Soy Milk
Doctor NDTV. Diakses pada 2021. 7 Proven Health Benefits Of Soy Milk
Livestrong. Diakses pada 2021. 6 Solid Benefits of Soy Milk, and 2 Drawbacks to Consider