• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 8 Tanda yang Menunjukkan Bayi Bahagia

Inilah 8 Tanda yang Menunjukkan Bayi Bahagia

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Semua orangtua pasti ingin anaknya merasakan bahagia, tidak terkecuali bayi. Faktanya, mengetahui tanda bayi bahagia terasa sangat membingungkan, khususnya bagi orangtua baru. Selain karena mereka belum bisa mengatakan apapun, bayi juga belum bisa tertawa di bulan-bulan pertama kelahirannya. Lantas, bagaimana tanda bayi bahagia?

Baca juga: Pasangan Workaholic Berdampak pada Perkembangan Anak

  • Bayi Senang Berada dalam Dekapan Ibu

Saat ibu mendekap dan menggendong bayi di tangan, dan bayi terlihat pulas, maka ini menjadi tanda bayi bahagia, karena merasa senang dan nyaman berada di dekat ibu. Jika ia justru menggeliat atau berjuang untuk melonggarkan dekapan ibu, hal tersebut menunjukkan bahwa ia tidak nyaman. Selain merasa bahagia, mereka merasa nyaman berada di dekapan ibu.

  • Bayi Memiliki Perkembangan yang Baik

Saat bayi memiliki perkembangan yang baik, hal tersebut bisa menjadi salah satu tanda bayi bahagia. Tumbuh kembang yang baik dapat dicontohkan dengan kemampuan untuk memegang lehernya dengan baik saat usianya menginjak tiga bulan, atau dapat berguling di lantai dengan perutnya. Kedua hal tersebut merupakan bukti bahwa bayi sudah memiliki kontrol yang cukup pada tubuh, serta otot-otot yang juga berkembang dengan cepat.

  • Bayi Menatap Mata Ibu

Seiring berjalannya waktu, mereka akan satu-persatu mengekspresikan hal-hal kecil sebagai ungkapan rasa bahagianya. Salah satunya dengan menatap mata ibu. Meski di usia dini bayi belum mampu melihat dengan baik, mereka sudah bisa fokus terhadap karakter dan ciri wajah ibu. Jika Si Kecil melihat ibu dan melakukan kontak mata yang cukup lama, artinya mereka bahagia.

  • Bayi Buang Air dengan Teratur

Ketika sistem pencernaan Si Kecil bekerja dengan baik, hal tersebut menjadi tanda bayi bahagia. Normalnya bayi akan buang air besar dan kecil sebanyak 8-10 kali sehari. Hal tersebut membuktikan bahwa Si Kecil mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya. Jika Si Kecil tidak buang air kecil dan air besar secara teratur, ini menjadi salah satu tanda jika ada yang tidak beres terhadap kesehatan tubuhnya.

Baca juga: Persaingan Antar Anak, Orangtua Harus Tetap Bersikap Adil

  • Bayi Merespons Suara

Ketika bayi lahir, kemampuan pendengarannya tidak setajam kemampuannya untuk mendengar suara-suara di sekitarnya. Saat bayi berusia sebulan ke atas, kemampuan pendengarannya akan meningkat seiring waktu. Dia akan bereaksi terhadap berbagai suara di sekitarnya, serta mampu memperhatikan semua gerakan yang ada di sekitarnya. Hal tersebut menjadi salah satu tanda bayi bahagia.

Bukan itu saja, Si Kecil akan menatap ibu saat ibu lewat di hadapannya dan akan terus menatap ibu menghilang dari pandangannya. Si Kecil juga sudah mulai merespons musik yang menenangkannya, serta mencoba mencari sumber atau arah dari mana suara itu berasal.

  • Bayi Mencoba Berkomunikasi

Tanda bayi bahagia selanjutnya adalah mulai merespons reaksi ibu saat berbicara. Biasanya hal ini terjadi saat bayi berusia 4 bulan ke atas. Mereka akan berkomunikasi dengan ibu melalui teriakannya. Tugas ibu adalah membalas suara dengan cara yang sama, sehingga Si Kecil akan merasa terhubung dengan ibu.

  • Bayi Tidur Nyenyak

Mendisiplinkan waktu tidur bayi merupakan salah satu rutinitas yang sulit dilakukan, karena pada awal kelahirannya mereka akan suka sekali begadang dan tidur di sepanjang siang. Saat mereka tumbuh, pola tidurnya akan ikut berubah. Hal tersebut merupakan pertanda baik untuk perkembangan fisiknya. Bayi yang tidur nyenyak juga menjadi tanda bayi bahagia. Pada usia sekitar 4 bulan, mereka akan mengalami jadwal tidur yang teratur.

  • Bayi Sering Tertawa

Saat ibu mencoba berkomunikasi dengan mengajaknya berbicara, mereka akan merespons rasa bahagia dengan memberikan senyum atau tawanya. Bayi baru lahir biasanya tersenyum ketika mereka sedang tidur. Dalam sehari, bayi bisa tersenyum sampai 300 kali, sama seperti orang dewasa. Jika bayi lebih banyak menangis dan muram, itu menandakan bahwa Si Kecil tengah gelisah dan tidak bahagia.

Baca juga: Begini Cara Tepat Mengatur Waktu Bagi Ibu Bekerja

Selalu perhatikan tumbuh kembang Si Kecil ya, bu! Saat ada yang tidak beres dengan tumbuh kembangnya, silahkan diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk menentukan langkah perawatan yang tepat!

Referensi:
Parents. Diakses pada 2020. Signs of a Happy Baby.
Parentlane.com. Diakses pada 2020. Signs Of A Happy Infant: Is Your Baby A Happy Baby?