• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Persaingan Antar Anak, Orangtua Harus Tetap Bersikap Adil

Persaingan Antar Anak, Orangtua Harus Tetap Bersikap Adil

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Saat orangtua mempunyai anak lebih dari satu, tentu ada saja kejadian di antara keduanya dan umumnya dalam segi persaingan. Hal tersebut bisa dalam bentuk iri karena perhatian orangtuanya tidak setara atau barang-barang yang dibelikan kepada salah satu anak dibandingkan dengan anak lainnya. Perasaan tersebut harus segera ditangani karena dapat menumbuhkan sikap yang negatif pada anak.

Maka dari itu, orangtua perlu untuk tahu cara bersikap adil pada kedua anaknya sehingga tidak terjadi persaingan satu sama lain dan bahkan perkelahian. Ibu pasti inginkan melihat anak akur hingga mereka tumbuh dewasa? Cobalah untuk mengetahui beberapa cara yang dapat dilakukan agar dapat bersikap adil pada anak. Berikut beberapa caranya!

Baca juga: Cara Cegah Persaingan Antara Kakak dan Adik

Cara Bersikap Adil pada Anak

Memang, mempunyai lebih dari satu anak tentu menyenangkan karena rumah lebih terasa ramai dibandingkan biasanya. Selain itu, hal tersebut juga dapat menjadi motivasi tersendiri bagi para orangtua untuk lebih semangat dalam mencari rejeki. Namun, tidak mudah untuk membuat kedua anak agar tidak bersaing satu sama lain melainkan saling mendukung. Tentu hal ini sangat membutuhkan peran dari orangtua.

Ibu pasti tidak ingin kan bersikap tidak adil pada anak-anak atau hanya memperhatikan salah satu anak saja karena dianggap lebih berprestasi? Padahal, esensi dari keluarga adalah saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika anak sudah merasa iri dan diperlakukan tidak adil oleh orangtuanya, bukan tidak mungkin perasaan tersebut akan terus dipendam hingga dirinya dewasa.

Dengan begitu, penting untuk mengetahui beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai cara untuk bersikap adil pada anak-anak ibu. Sehingga, keharmonisan dari keluarga akan terlihat jelas karena setiap anak saling mendukung satu sama lain. Berikut adalah beberapa cara yang dapat ibu terapkan di kehidupan sehari-hari:

  1. Melibatkan Diri dalam Perkelahian Antar Anak

Penting untuk setiap orangtua mengetahui hal yang menjadi masalah sehingga timbul perkelahian pada anak sebagai cara untuk bersikap adil. Ibu harus benar-benar mendengarkan suara dari kedua anak tersebut terkait penjelasannya tentang saudara kandungnya. Dengan mendengarkan semua keluhan yang ada, ibu dapat memutuskan siapa yang salah dan memberikan hukuman serta nasihat agar tidak mengulanginya lagi. Selain itu, penting untuk meminta anak yang salah agar meminta maaf agar sadar akan kesalahannya.

Baca juga: Punya Anak Kembar, Ini Tips agar Tidak Pilih Kasih

  1. Pastikan Jika Semuanya Sama Rata

Banyak anak yang merasa iri satu sama lain karena dianggap jika perhatian dari orangtua hanya diberikan pada salah satu anak. Hal ini hanya dapat menimbulkan persepsi terkait seberapa banyak yang akan didapatkan dibandingkan bekerja sama. Saat orangtua melakukan upaya yang berlebihan untuk menjaga keseimbangan terkait keadilan, anak-anak cenderung lebih waspada terkait hak dirinya. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu membagi rata sebagai cara untuk bersikap adil pada anak.

Ibu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara-cara yang dapat dilakukan untuk selalu bersikap adil pada anak-anak. Caranya mudah sekali, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc dari Apps Store atau Play Store pada smartphone yang digunakan!

  1. Memahami Dasar Keadilan

Hal lainnya yang dapat ibu terapkan sebagai cara untuk selalu bersikap adil adalah dengan memahami segala dasar terkait keadilan. Ibu harus paham jika rasa adil tidak selalu membuat anak merasa bahagia tetapi terkait prioritas kebutuhan keluarga dan memastikan jika hak semua orang terpenuhi. Tidak ada satu orang pun di keluarga yang dianggap lebih atau kurang penting, semuanya sama. Juga, semua orang harus mengikuti aturan dan rutinitas yang telah disepakati sehingga rasa adil tercapai.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Pola Asuh Otoritatif pada Anak

Dengan mengetahui beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai cara untuk bersikap adil, ibu dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Sehingga, anak-anak ibu juga menghormati cara yang diterapkan sehingga tidak mudah melawan. Selain itu, ketegasan dari orangtua juga sangat penting untuk dilakukan.

Referensi:
Karen Skinulis. Diakses pada 2020. How To Be a Fair Parent.
Beliefnet. Diakses pada 2020. 6 Ways to Teach Your Children Fairness.