Tips Merawat Rambut Usai Jalani Keratin Smoothing

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Desember 2022

“Rambut akan menjadi sangat rentan setelah menjalani keratin smoothing. Oleh karena itu, kamu harus melakukan beberapa perawatan setelahnya untuk menghindari kerusakan rambut.”

Tips Merawat Rambut Usai Jalani Keratin SmoothingTips Merawat Rambut Usai Jalani Keratin Smoothing

Halodoc, Jakarta – Keratin smoothing adalah jenis perawatan rambut yang bisa kamu dapatkan yang akan membuat rambut lebih halus, lembut, dan berkilau. Setiap helai rambut terbuat dari protein yang disebut keratin. Seiring waktu, itu bisa rusak oleh banyak faktor, seperti rutinitas penataan rambut normal.

Hal ini dapat kamu atasi dengan perawatan keratin. Namun, perawatan ini disinyalir mengandung formaldehida, yang bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips merawat rambut usai jalani keratin smoothing.

Tips Merawat Rambut Usai Jalani Keratin Smoothing

Perawatan keratin biasanya hanya memiliki ketahanan maksimal enam bulan, dengan catatan perawatan setelah treatment kamu lakukan dengan benar. Setelah melakukan treatment, kamu sebaiknya tidak mencuci rambut dengan air setidaknya selama dua hari. 

Kegiatan lain yang tidak disarankan setelah treatment, seperti mengepang, mewarnai, atau mencuci rambut dengan air yang mengandung klorin atau garam. Berikut beberapa tips lebih lanjut untuk merawat rambut setelah keratin smoothing:

1. Tidak Mencuci Rambut dengan Air Terlalu Sering

Air dan kelembapan dapat menyebabkan helaian rambut kehilangan sebagian dari perawatan keratin. Ini tidak hanya membuat rambut keropos dan mudah kusut, tetapi juga meninggalkan bekas di rambut. 

Hindari mencuci rambut setidaknya selama dua hingga tiga hari setelah perawatan, hindari berenang dan aktivitas fisik yang intens supaya rambut tidak berkeringat.

2. Jangan Mengikat Rambut

Jangan mengikat rambut selama beberapa hari pertama setelah perawatan. Keratin membuat rambut mudah dibentuk, sehingga menguncir dan mengepangnya dapat membuat rambut penyok.

Setelah sekitar tiga hari, kamu dapat menggunakan ikat rambut lembut untuk mengikat rambut, tapi jangan mengikat rambut terlalu lama.

3. Gunakan Produk Perawatan Rambut yang Aman

Kamu juga bisa menggunakan produk perawatan yang bebas dari detergen kuat seperti sodium lauryl sulphate atau sodium Laureth sulphate. Deterjen ini menghilangkan minyak alami dan keratin pada rambut, menyebabkan perawatan ini lebih cepat aus dari yang kamu harapkan. 

Kamu juga tidak disarankan untuk menggunakan produk penata rambut seperti hair spray atau gel, mousse, root-lifting sprays, dan lain-lain. Lakukan aplikasi ulang setelah tiga hingga lima bulan karena perawatan ini mulai memudar.

4. Terapkan Pola Makan yang Sehat

Konsumsi makanan dan minuman juga berdampak pada kesehatan rambut. Untuk rambut yang sehat, penuhi kebutuhan multivitamin harian seperti zinc, protein, asam lemak omega-3, vitamin E, dan vitamin C. Ingatlah untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan agar tubuh dan rambut terhidrasi.

5. Biarkan Rambut Terurai

Setelah mendapatkan perawatan keratin, rambut akan menjadi sangat rentan selama tiga hari ke depan. Untuk menghindari kerutan atau penyok pada rambut, sangat penting untuk menjaga rambut tetap terurai dan tidak terikat. Hindari juga menyelipkan rambut di belakang telinga.

Itulah pembahasan mengenai tips merawat rambut usai jalani keratin smoothing. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar kesehatan rambut dan kulit kepala, kamu bisa berkonsultasi ke dokter spesialis kulit melalui aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc melalui Play Store maupun App Store. 

Referensi:
All Things Hair. Diakses pada 2022. Keratin Treatment Aftercare.
Femina. Diakses pada 2022. Keratin Hair Treatment.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan