• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tubuh Tetap Bugar saat Harus Puasa di Rumah

Tubuh Tetap Bugar saat Harus Puasa di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat ini, dunia sedang dalam masa kritis terkait penyebaran virus corona. Pandemi ini membuat kamu diharuskan untuk selalu tetap berada di rumah agar tidak melakukan kontak dengan orang lain yang mungkin dapat menjadi penyebar penyakit tersebut. Jika memang terpaksa keluar rumah, ada baiknya menggunakan masker dan menjaga jarak dengan orang lain.

Gangguan yang disebabkan oleh virus corona ini juga terjadi pada bulan puasa. Karenanya, penting untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa agar tidak mudah terserang penyebab penyakit tersebut. Maka dari itu, ketahui beberapa cara yang dapat dilakukan agar tubuh tidak rentan terserang penyakit. Berikut bahasan lengkapnya!

Baca juga: Cara Agar Badan Tetap Bugar Saat Puasa

Menjaga Tubuh Tetap Bugar saat Puasa

Sangat penting untuk menjaga tubuh tetap fit selama berpuasa di bulan Ramadan. Pasalnya, saat menjalankan puasa, kamu akan menahan haus dan lapar seharian. Jika tubuh dalam keadaan kurang fit, bukan tidak mungkin beberapa penyebab penyakit lebih mudah untuk menyerang. Salah satu yang ditakutkan belakangan ini adalah virus corona.

Dengan selalu menjaga kesehatan, kebugaran, dan daya tahan tubuh, diharapkan semua penyakit yang menyerang dapat dengan mudah diatasi. Maka dari itu, lakukan beberapa hal yang mampu menjaga tubuh kamu tetap bugar saat melakukan ibadah puasa. Berikut beberapa caranya:

  1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Hal pertama yang dapat kamu perhatikan untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa adalah dengan memastikan selalu mengonsumsi makanan bergizi. Kamu harus benar-benar mengonsumsi makanan pilihan saat sahur dan berbuka agar tubuh tetap berenergi dan sistem imun tetap prima. 

Saat sahur, kamu dapat mengonsumsi beberapa makanan yang kaya protein agar tidak mudah lapar. Lalu, saat waktunya berbuka puasa, kamu disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan dengan gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, serat, dan protein. Dengan menerapkan hal tersebut, diharapkan kebugaran tubuh dapat terjaga selama puasa.

  1. Menjaga Asupan Air Putih

Hal selanjutnya yang penting kamu perhatikan untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa adalah selalu memperhatikan asupan air putih selama satu hari. Sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi agar tidak mudah lemas saat puasa. Kamu harus mengonsumsi delapan gelas dalam satu hari selama berpuasa, dengan pembagian 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas di malam hari.

Baca juga: Puasa Bermanfaat Bagi Kesehatan, Ini Buktinya

  1. Berolahraga

Meski puasa identik dengan rasa lemas, penting untuk menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga. Kamu dapat memilih jenis olahraga yang tidak terlalu banyak membutuhkan energi dan dapat dilakukan di rumah. Selain itu, penting juga untuk mengatur jam untuk olahraga agar dapat tetap beraktivitas seperti biasa, sehingga rutinitas tidak terganggu.

  1. Istirahat yang Cukup

Saat pandemi seperti ini, penting untuk memastikan waktu istirahat cukup agar tidak mengalami stres. Jika stres terjadi, kesehatan mental dan fisik dapat terpengaruh sehingga mengganggu kebugaran tubuh saat puasa. Maka dari itu, selalu pastikan jika kamu tetap beristirahat selama 6-8 jam dalam satu hari, sehingga tubuh mampu melindungi diri dari segala penyebab penyakit.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa. Dengan melakukan semua kegiatan tersebut, diharapkan sistem imun tubuh kamu dapat menghadang segala penyebab penyakit yang berusaha menyerang. Sehingga, segala aktivitas yang wajib dilakukan tidak terganggu nantinya.

Baca juga: Tips Sehat dan Bugar Selama Berpuasa

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa. Dengan begitu, tidak ada puasa yang batal karena tubuh yang kurang fit. Untuk mendapatkan akses tersebut, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan!

Referensi:
The Body Coach. Diakses pada 2020. How I stay fit and healthy during Ramadan.
Celebrity Fitness. Diakses pada 2020. 5 tips for a fit Ramadan!