Turunkan Kolesterol dengan Apel, Ini Caranya

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 September 2021
Turunkan Kolesterol dengan Apel, Ini CaranyaTurunkan Kolesterol dengan Apel, Ini Caranya

“Banyak rumor yang menyebutkan jika apel adalah salah satu buah yang ampuh untuk turunkan kolesterol. Faktanya memang demikian. Apel mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah dan mengeluarkannya dari tubuh. Namun, bagaimana caranya menurunkan kolesterol dengan makan apel?”

Halodoc, Jakarta – Kondisi kolesterol tinggi itu berbahaya untuk kesehatan, lho. Sebab, kondisi ini dapat menjadi pemicu berbagai penyakit serius lainnya, seperti stroke dan serangan jantung. Oleh karena itu, kolesterol di dalam tubuh perlu dijaga tetap normal dengan berolahraga teratur dan minum obat untuk kolesterol yang diresepkan dokter. 

Apakah cara tersebut cukup? Tentu saja tidak. Mereka yang memiliki kolesterol tinggi juga perlu memerhatikan asupan makanannya sehari-hari. Salah satu makanan yang dipercaya mampu untuk turunkan kolesterol adalah apel. Apakah hal tersebut benar? Bagaimana cara untuk melakukannya? Nah, ketahui selengkapnya di sini!

Cara Turunkan Kolesterol dengan Konsumsi Apel

Memang ada banyak buah-buahan yang dipercaya ampuh untuk menurunkan kolesterol, termasuk juga apel. Namun, apa alasannya apel bisa memberikan manfaat yang sangat baik agar masalah yang berhubungan dengan kolesterol dapat teratasi?

Apel dapat menjadi buah terbaik untuk menurunkan kolesterol karena mengandung pektin (terutama bagian kulitnya), yaitu serat larut air yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Jenis serat ini dapat menyerap kolesterol tinggi dan lemak jahat di dalam usus halus, lalu dibawa keluar tubuh lewat urine dan feses.

Baca juga: Ini Batas Kadar Kolesterol yang Normal Bagi Wanita

Mengutip penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition, disebutkan jika mengonsumsi dua bua apel utuh setiap hari mampu menurunkan kolesterol di dalam darah. Tentu saja cara ini juga bisa membantu tubuh mencegah serangan jantung atau stroke. Penurunan terhadap kolesterol jahat (LDL) dapat mencapai 10% dan meningkatkan kolesterol HDL sebanyak 10% juga.

Kandungan pektin dan polifenol dalam apel juga berkontribusi pada peningkatan kadar kolesterol baik. Apel juga sering dikonsumsi pada program diet karena nutrisinya dan rendah lemak. Selain itu, ditemukan juga polifenol yang terkandung di dalam apel dapat menurunkan oksidasi LDL yang dapat berkontribusi dalam pembentukan aterosklerosis.

Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol, yang dapat bantu kurangi peradangan dalam tubuh. Manfaat lainnya dari buah ini adalah kandungan seratnya yang tinggi, sehingga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dan keinginan untuk makan makanan tidak sehat pun bisa dihindari.

Jika kamu ingin mengetahui lebih jauh tentang manfaat apel untuk menurunkan kolesterol, dokter dari Halodoc siap menjelaskannya dengan lengkap. Kamu bisa berinteraksi dengan ahli medis hanya menggunakan smartphone di tangan. Maka dari itu, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk merasakan kemudahan dalam akses kesehatan tanpa batas!

Buah-buahan yang Efektif untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

Di awal telah disebutkan bahwa sebenarnya ada banyak jenis buah yang baik dikonsumsi oleh orang dengan kolesterol tinggi. Pada dasarnya, buah-buahan mengandung serat larut air, yang dapat mengikat asam empedu sehingga penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah dapat menurun. 

Baca juga: Menurunkan Kolesterol atau Berat Badan, Mana yang Lebih Dahulukan?

Selain apel, apa saja buah-buahan lainnya yang dapat efektif untuk menurunkan kolesterol? Nah berikut daftarnya:

1. Alpukat

Sebagai sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung, alpukat mengandung tinggi vitamin, mineral, dan senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol tinggi dalam tubuh. Itulah sebabnya mengonsumsi 1 buah alpukat per hari dapat turunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

2. Pir

Kandungan serat alami yang cukup tinggi, membuat buah pir masuk ke dalam daftar buah penurun kolesterol. Sama seperti apel buah pir mengandung jenis serat pektin, yang dapat mengikat kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh.

3. Pepaya

Selain efektif untuk menurunkan kolesterol, buah pepaya juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan E. Kandungan vitamin C dan E dalam buah ini dapat menghambat terjadinya oksidasi kolesterol dalam pembuluh darah. Oksidasi kolesterol adalah proses menempelnya kolesterol pada pembuluh darah, sehingga membentuk plak dan menutupi pembuluh.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kadar Kolesterol Saat Liburan

4. Buah Beri

Sama seperti apel, kelompok buah beri seperti stroberi, blueberry, dan cranberry, kaya akan pektin yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Hal ini membuat kadar kolesterol jahat dalam tubuh menurun dan tergantikan oleh kolesterol baik. 

5. Anggur

Buah anggur memiliki kandungan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol pada usus halus. Anggur juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

6. Jambu Biji

Kandungan vitamin dan antioksidan dalam jambu biji bermanfaat untuk melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan kalium dan serat larut air dalam jambu biji juga dapat bantu turunkan kolesterol dan tekanan darah, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik.

7. Kiwi

Buah bercita rasa asam ini juga termasuk salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk turunkan kolesterol jahat dan tingkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Di sisi lain, buah kiwi juga mengandung serat larut air yang dapat bantu serap air di dalam sistem pencernaan, yang juga dapat membentuk gel untuk menghalangi penyerapan kolesterol dalam usus.

Itulah penjelasan tentang buah apel yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi, beserta jenis buah lainnya yang bisa kamu konsumsi. Semoga membantu, ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:
CCM. Diakses pada 2019. Fruit Which Reduce Cholesterol.
Eating Well. Diakses pada 2019. 10 Foods That Lower Cholesterol.
Very Well Health. Diakses pada 2021. Can an Apple a Day Keep High Cholesterol Levels at Bay?



Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan