• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Viral Dalgona Coffee, Adakah Manfaat Kesehatannya?

Viral Dalgona Coffee, Adakah Manfaat Kesehatannya?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu yang suka bermain media sosial belakangan ini, pasti tidak asing dengan postingan tentang cara membuat dalgona coffee. Ternyata, kopi kocok susu ini ternyata berasal dari Korea Selatan. Cara pembuatan dan bahan-bahannya yang mudah membuat banyak orang yang penasaran ingin membuatnya. 

Cara membuatnya, kamu cukup menyediakan susu cair, bubuk kopi, dan gula. Pertama-tama, tuangkan susu cair ke dalam gelas. Nah, untuk membuat whipped cream kopinya, kamu harus mencampur satu sendok makan bubuk kopi dan satu sendok makan gula ke dalam satu sendok makan air panas. Setelah itu, aduk kopi sampai menjadi busa menggunakan sendok atau blender. Di balik kenikmatan dan ketenarannya, adakah manfaat kesehatan dari segelas dalgona coffee? 

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini Bahayanya Kebanyakan Minum Kopi

Manfaat Kesehatan dari Segelas Dalgona Coffee

Dalgona coffee terdiri dari susu cair, kopi, dan gula. Masing-masing bahan ini tentunya memiliki manfaat untuk kesehatan, yaitu:

  1. Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Kopi dikenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi dan berbagai nutrisi yang bermanfaat. Tujuan orang minum kopi biasanya untuk meningkatkan energi dan kewaspadaan saat bekerja. Sebagian besar kopi biasanya mengandung kafein, yakni sejenis zat psikoaktif untuk meningkatkan kewaspadaan seseorang. 

Saat kamu meminum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah dan kemudian ditransfer ke otak. Di otak, kafein bekerja untuk menghambat adenosin neurotransmitter. Ketika ini terjadi, jumlah neurotransmiter lain seperti norepinefrin dan dopamin meningkat, sehingga seseorang bisa menjadi lebih aktif dan waspada.

Melansir dari Healthline, kopi dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, seperti meningkatkan memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi dan fungsi mental seseorang.

  1. Manfaat Susu untuk Kesehatan

Bagi seseorang yang tidak suka kopi yang pahit, mencampurkan susu atau creamer ke dalam kopi menjadi pilihan yang tepat. Ketika kamu mencampurkan kopi dengan susu, tentunya kamu juga akan mendapat tambahan nutrisi lain. Seperti yang kita tahu, susu mengandung banyak sekali protein, mineral, dan vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh. 

Baca Juga: Ganti Susu Sapi dengan Kedelai, Sama Manfaatnya?

Selain itu, minum susu juga sering dikaitkan dengan pertumbuhan tulang yang sehat. Susu mengandung protein, kalsium, fosfor, magnesium, vitamin K dan vitamin D. Dikutip dari Healthline, protein, kalsium, fosfor dapat memperpadat tulang, sehingga kamu dapat terhindar dari osteoporosis. Sedangkan vitamin D yang ada dalam susu bekerja untuk membantu penyerapan kalsium dengan baik. 

  1. Manfaat Gula untuk Kesehatan

Selama ini, gula sering dicap sebagai bahan makanan yang tidak sehat. Padahal, tidak selamanya begitu. Jika dikonsumsi dengan takaran yang benar, gula memberikan segudang manfaat kesehatan. Ketika kita mengonsumsi gula, maka tubuh akan mengubahnya menjadi glukosa. Nah, glukosa ini diserap oleh sel-sel tubuh yang kemudian diubah menjadi energi atau cadangan energi. 

Jadi, saat kamu meminum segelas dalgona coffee, kamu mendapatkan manfaat antioksidan dari kopi, protein dan kalsium dari susu, dan glukosa dari gula. Semuanya tentu baik untuk kesehatan asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Pasalnya, minum terlalu banyak kopi dapat menimbulkan kecemasan dan insomnia. Sedangkan kalau kamu terlalu banyak asupan gula, kamu bisa berisiko mengidap penyakit diabetes

Baca juga: Inilah Tanda-tanda Kalau Kamu Kelebihan Gula Darah

Pada intinya, konsumsilah makanan dan minuman secukupnya saja. Apa pun yang berlebihan pasti tidak baik. Kalau kamu masih punya pertanyaan lain seputar nutrisi dari makanan atau minuman tertentu, kamu bisa menanyakannya ke ahli gizi melalui aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi dokter  kapan saja dan di mana saja.

Referensi :
Healthline. Diakses pada 2020. 13 Health Benefits of Coffee, Based on Science.
Healthline. Diakses pada 2020. 5 Ways That Drinking Milk Can Improve Your Health.
Healthline. Diakses pada 2020. 8 Big Lies About Sugar We Should Unlearn.