Waspada, Ini 4 Ciri Darah Keguguran pada Hamil Muda

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 September 2023

“Tanda keguguran yang paling umum adalah pendarahan pada vagina. Cirinya dapat berupa bercak ringan hingga keluarnya gumpalan berwarna merah cerah.”

Waspada, Ini 4 Ciri Darah Keguguran pada Hamil MudaWaspada, Ini 4 Ciri Darah Keguguran pada Hamil Muda

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Keguguran merupakan istilah medis untuk menggambarkan berakhirnya kehamilan secara tidak sengaja. Masalah ini umumnya terjadi sebelum kehamilan menginjak usia 20 minggu. 

Ada banyak hal yang menjadi penyebab keguguran. Di antaranya masalah genetik, infeksi, penyakit kronis, pola hidup tidak sehat selama kehamilan, dan trauma fisik atau stres secara emosional.

Masalah ini rentan terjadi di trimester pertama dan risikonya akan menurun seiring bertambahnya usia kehamilan. Lantas, apa saja ciri darah keguguran pada hamil muda? Selengkapnya di bawah ini.

Ciri Darah Keguguran pada Hamil Muda

Tanda keguguran yang paling umum adalah pendarahan vagina. Namun, darah tersebut memiliki beberapa ciri spesifik yang membedakannya dengan perdarahan akibat kondisi medis. Ini ciri-cirinya: 

1. Mengalami perdarahan yang bervariasi

Di sini, ibu hamil bisa mengalami perdarahan berupa bercak ringan atau perdarahan hebat. Dalam kasus yang parah, vagina bisa mengeluarkan gumpalan berwarna merah cerah. 

2. Perbedaan warna

Warna darah akibat keguguran bisa berkisar dari merah muda hingga merah hingga coklat. Darah merah adalah darah segar yang keluar dari tubuh dengan cepat. 

Sebaliknya, darah coklat adalah darah yang sudah lama berada di dalam rahim. Selain itu, seorang wanita yang mengalami keguguran juga mungkin melihat keluarnya warna bubuk kopi, atau hampir hitam.

3. Terjadi selama beberapa hari

Perdarahan terberat umumnya akan berakhir dalam waktu 3 hingga 5 jam sejak pendarahan hebat. Namun, perdarahan ringan akan terjadi dalam waktu 1 hingga 2 minggu. 

4. Volume darah bisa keluar lebih banyak

Saat keguguran terjadi, seluruh jaringan di dalam rahim akan terlepas. Hal inilah yang menyebabkan peningkatan volume darah saat keguguran. Masalah itu juga bisa terjadi saat serviks melebar untuk membantu mengeluarkan jaringan kehamilan di dalam rahim.  

Jika ibu mengalami perdarahan vagina selama kehamilan, penting untuk segera memeriksakan kondisi kehamilan dan kesehatan pada dokter. Apalagi jika sudah mengalami keguguran tiga kali berturut-turut.

Risiko keguguran juga meningkat saat mengonsumsi obat pelancar haid. Simak fakta selengkapnya di sini: Cek Fakta: Apakah Obat Pelancar Haid Bisa Gugurkan Kandungan?

Berbagai Gejala Keguguran 

Selain perdarahan dari vagina, keguguran juga dapat menimbulkan beberapa gejala lain, seperti: 

  • Kram dan nyeri di perut bagian bawah. 
  • Keluarnya cairan dari vagina. 
  • Keluarnya jaringan dari vagina. 
  • Tidak lagi mengalami gejala kehamilan, seperti rasa sakit dan nyeri payudara.
  • Kandungan tidak berkembang.
  • Janin tidak memiliki detak jantung.
  • Ibu mengalami penurunan nafsu makan dan kelelahan.

Gejala di atas dapat terjadi pada keguguran tidak sengaja dan yang disengaja. Pada keguguran yang terjadi sengaja, ini bahaya yang bisa saja terjadi pada ibu: Bahaya Menggugurkan Kandungan untuk Tubuh Wanita

Berapa Lama Perdarahan Keguguran Terjadi? 

Durasi keguguran akan bervariasi pada setiap orangnya dan bahkan dari kehamilan ke kehamilan. Dalam banyak kasus, keguguran akan memakan waktu sekitar dua minggu untuk berlalu secara alami. 

Dokter mungkin akan meresepkan obat misoprostol (Cytotec) untuk membantu keguguran lebih cepat. Pendarahan dapat terjadi dalam dua hari setelah memulai pengobatan. 

Bagi yang lain, mungkin membutuhkan waktu hingga dua minggu. Setelah keguguran dimulai, jaringan dan pendarahan terberat harus dikeluarkan dalam waktu sekitar tiga hingga lima jam.

Setelah janin keluar, wanita yang mengalami keguguran mungkin masih mengalami bercak, dan kehilangan jaringan ringan selama satu hingga dua minggu.

Jika terjadi keguguran berulang, kondisi ini bernama abortus habitualis. Ibu bisa mengetahui penjelasannya dalam artikel ini: Keguguran Berulang, Kenali Gejala dan Penyebab Abortus Habitualis

Itulah beberapa ciri perdarahan akibat keguguran. Salah satunya adalah perdarahan yang bervariasi, baik berupa bercak ringan atau perdarahan hebat, hingga keluarnya gumpalan berwarna merah cerah. 

Jika ibu mengalami hal tersebut, segera periksakan diri ke dokter. Bila pernah mengalami keguguran, sebaiknya bicaralah dengan dokter kandungan jika kamu merencanakan kehamilan lagi setelah keguguran. 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. What Does a Miscarriage Look Like?
National Health Service UK. Diakses pada 2022. Miscarriage.
Very Well Health. Diakses pada 2023. Miscarriage Bleeding.
Miscarriage Matters NZ. Diakses pada 2023. What is happening in your body during a miscarriage. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan