Cek Fakta: Apakah Obat Pelancar Haid Bisa Gugurkan Kandungan?

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Februari 2024

“Sebenarnya, obat pelancar haid tidak diketahui efektivitasnya dalam konteks tersebut. Namun, mengonsumsinya saat hamil berisiko sebabkan komplikasi fatal yang dapat mengancam keselamatan jiwa.“

Cek Fakta: Apakah Obat Pelancar Haid Bisa Gugurkan Kandungan?Cek Fakta: Apakah Obat Pelancar Haid Bisa Gugurkan Kandungan?

DAFTAR ISI

  1. Fakta Mengenai Obat Pelancar Haid
  2. Kontrasepsi untuk Cegah Kehamilan
  3. Hubungi Dokter di Halodoc Jika Bingung Memilih Kontrasepsi
    1. dr. Marsell Phang Sp.OG
    2. dr. Lucia Leonie Sp.OG
    3. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG

Halodoc, Jakarta – Obat pelancar haid memang bermanfaat untuk alat reproduksi wanita untuk kasus tertentu. Misalnya, mengatur siklus haid pada wanita yang sering telat.

Namun sayangnya, penggunaan obat pelancar haid terkadang disalahgunakan sebagai cara untuk menggugurkan kandungan. 

Lantas, benarkah obat pelancar haid dapat menggugurkan kandungan? Yuk, ketahui faktanya di sini! 

Fakta Mengenai Obat Pelancar Haid

Sebenarnya tidak ada jamu atau obat khusus untuk menggugurkan kandungan.

Kendati demikian, banyak pihak yang biasanya menyalahgunakan jamu atau obat pelancar haid untuk menggugurkan kandungannya. 

Tak sedikit pasangan mencoba terminasi (aborsi) dengan jamu-jamuan. Selain jamu, obat-obatan anti prostaglandin juga kerap disalahgunakan oleh pelaku terminasi. 

Perlu kamu ketahui bahwa prostaglandin merupakan sejenis bahan kimia yang sebenarnya tubuh produksi secara alami.

Senyawa ini berfungsi untuk mengatur ketegangan otot, termasuk relaksasi dan kontraksi otot.  Obat ini menjadi pilihan karena dapat memicu kontraksi rahim.

Kendati demikian, beberapa jenis jamu, seperti jamu berbahan kunyit, temulawak, dan kencur, memang rentan menimbulkan kontraksi otot rahim. 

Otot rahim atau otot uterus, adalah otot yang terletak di dinding rahim atau uterus. Untuk mengenalnya lebih jauh, Kenali Anatomi Organ Reproduksi Wanita dan Fungsinya.

Nah, kontrasi pada otot rahimi berisiko pada kondisi keguguran janin, apabila ibu yang sedang hamil muda mengonsumsi jamu tersebut.

Sebab, kandungan temulawak dapat melemahkan perkembangan sel embrio. Apabila terlanjur mengonsumsinya secara terus-menerus, maka berisiko sebabkan keguguran.

Kendati demikian, jamu pelancar haid yang biasa digunakan sebagai obat untuk mengatasi nyeri menstruasi, tidak benar-benar bisa menggugurkan kandungan. 

Terkait penggunaan obat untuk melancarkan haid, hal ini nyatanya berisiko untuk alat reproduksi wanita bahkan bisa mengancam nyawa.  

Maka, kesimpulannya bahwa efektivitas obat pelancar haid untuk menggugurkan kandungan tidak benar-benar dapat dibuktikan. 

Namun, penggunaannya dalam menggugurkan kandungan malah berisiko menimbulkan komplikasi kesehatan yang fatal. Supaya kamu lebih waspada, Ini Bahaya Menggugurkan Kandungan untuk Tubuh Wanita

Sebelum konsumsi obat pelancar haid, sebaiknya konsultasi dokter di Halodoc✔️ terlebih dahulu.

Dokter bisa memberikan rekomendasi medis yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatanmu. Klik banner di bawah ini untuk tersambung dengan dokter. 

chat dokter halodoc

Kontrasepsi untuk Cegah Kehamilan

Ingat, tindakan aborsi di Indonesia hanya legal untuk tujuan menyelamatkan kesehatan sang ibu atau untuk korban kekerasan seksual.

Ketimbang melakukan aborsi dengan obat pelancar haid, sebenarnya penggunaan kontrasepsi dianggap lebih efektif untuk mencegah kehamilan sedari dini.

Berikut adalah beberapa pilihan kontrasepsi yang dapat kamu gunakan: 

1. Kondom 

Tak hanya menurunkan peluang kehamilan, kondom juga merupakan bentuk kontrasepsi yang mampu melindungi tubuh dari sebagian besar penyakit menular seksual. 

Selain itu, penggunaan kondom juga tidak akan memengaruhi hormon di dalam tubuh seseorang.

2. Pil KB

Alat kontrasepsi ini berbentuk tablet kecil yang perlu kamu minum sekali sehari dan tersedia dalam beberapa jenis. Namun, ini tidak sama dengan obat pelancar haid walaupun bisa juga mengatur siklus menstruasi.

Ada yang kombinasi (mengandung progestin dan estrogen), ada juga yang hanya mengandung satu hormon seperti progestin. 

Ketahui bahwa pil KB hanya dapat wanita konsumsi, dan efektivitasnya akan optimal jika setiap hari mengonsumsinya.

3. IUD (Intrauterine Device)

Jenis kontrasepsi ini berupa alat kecil yang dokter masukkan ke dalam rahim oleh profesional medis.

Ada dua jenis IUD: hormonal dan non-hormonal. Keduanya efektif dalam jangka panjang untuk mencegah kehamilan. 

IUD hormonal mengandung progestin yang bekerja dengan menebalkan lendir serviks sehingga menghambat gerakan sperma, dan mencegah terjadinya ovulasi. 

Sedangkan IUD non horminal bekerja dengan cara menghambat gerakan sperma dan mencegah pembuahan. 

4. Suntik Kontrasepsi

Jenis kontrasepsi ini yaitu memberikan suntikan hormonal untuk mencegah kehamilan. Suntik kontrasepsi umumnya mengandung hormon progestin. 

Fungsinya ada beragam, termasuk mencegah ovulasi (pelepasan telur dari ovarium), menebalkan lendir serviks untuk menghambat gerakan sperma, dan mengubah kondisi rahim sehingga sulit untuk terjadi pembuahan. 

Namun, suntik kontrasepsi harus kamu ulang secara berkala, sehingga kamu perlu rutin sesuai jadwal untuk menjaga efektivitasnya.

Hubungi Dokter di Halodoc Jika Bingung Memilih Kontrasepsi

Hubungi dokter apabila kamu punya pertanyaan seputar kontrasepsi. Mereka bisa memberikan informasi sekaligus merekomendasikan kontrasepsi yang sesuai dengan preferensi kamu.  

Berikut adalah beberapa dokter spesialis kandungan  yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun.

Mereka juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Ini daftarnya:

1. dr. Marsell Phang Sp.OG

Pertama, kamu bisa menghubungi dr. Marsell Phang Sp.OG merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2012 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2018. 

Ia saat ini berpraktik di Gresik, Jawa Timur, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Memiliki pengalaman selama 12 tahun, ia mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar pemilihan kontrasepsi maupun masalah reproduksi.

Dokter Marsell Phang Sp.OG juga bisa memberikan saran terkait program hamil, keluarga berencana, kesehatan kandungan, kehamilan berisiko tinggi dan penyakit kelamin. 

Chat dr. Marsell Phang Sp.OG mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Lucia Leonie Sp.OG

Kamu juga bisa menghubungi dr. Lucia Leonie Sp.OG. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha pada 2011 dan Universitas Hasanuddin pada 2017. 

Dokter Lucia Leonie Sp.OG saat ini berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 13 tahun yang ia miliki, dr. Lucia Leonie Sp.OG. memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait jenis-jenis kontrasepsi.

Chat dr. Lucia Leonie Sp.OG mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

3. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG

Pilihan lainnya, yaitu dr. Fitria Angela Umar Sp.OG yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2015 dan 2022. 

Dokter Fitria Angela Umar Sp.OG  saat ini berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 8 tahun yang ia miliki, dr. Lucia Leonie Sp.OG. memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar kelebihan dan kekurangan dari tiap jenis kontrasepsi. 

Ia juga bisa memberikan konsultasi terkait kesehatan kandungan, kesuburan, gangguan haid dan hormon, serta program hamil.  

Chat dr. Fitria Angela Umar Sp.OG mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis kandungan yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan informasi tentang kontrasepsi.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Medline Plus. Diakses pada 2024. Ending pregnancy with medicines. 
Medical News Today. Diakses pada 2024. Is turmeric safe during pregnancy?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan