Waspada, Ini 4 Gejala Awal Anak Kurang Gizi yang Perlu Dipahami

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Januari 2023

“Anak kurang gizi adalah masalah yang dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan. Agar tidak menimbulkan gangguan di masa depan, masalah ini perlu ditangani segera dengan mengetahui berbagai gejala awalnya.”

Waspada, Ini 4 Gejala Awal Anak Kurang Gizi yang Perlu DipahamiWaspada, Ini 4 Gejala Awal Anak Kurang Gizi yang Perlu Dipahami

Halodoc, Jakarta – Untuk mendukung tumbuh kembang anak, gizi yang dibutuhkan harus tercukupi dengan baik. Sebab, anak yang diberikan makanan tanpa memperhatikan kandungan makronutrisi dan mikronutrisinya bisa berisiko mengalami kekurangan gizi. Setiap orang tua disarankan untuk tahu gejala awal dari anak kurang gizi agar bisa segera mendapat perawatan tepat.

Baca juga: Stunting Akibat Gizi Buruk, Ini 3 Faktanya

Beberapa Gejala Awal pada Anak Kurang Gizi

Kurang gizi atau malnutrisi adalah suatu kondisi yang dapat menyebabkan sistem imun tubuh menurun, sehingga meningkatkan risiko terjadinya infeksi dan membuat penyembuhan sulit dilakukan.

Ada beberapa gejala awal yang bisa terlihat pada anak kurang gizi, yaitu:

1. Masalah berat badan

Salah satu gejala yang terlihat jika anak mengalami masalah nutrisi, yaitu kelainan pada berat badannya, seperti menurun, bertambah dengan lambat, atau tubuhnya kurus. 

Jika anak mengalami hal ini, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Hanya dengan menilai secara fisik belum tentu disebabkan oleh kekurangan gizi, tetapi penyebabnya tetap perlu dipastikan.

Bukan hanya itu, anak yang kelebihan berat badan juga bisa mengalami kekurangan gizi.

2. Tidak mengalami pertumbuhan tinggi badan

Bukan hanya mengalami masalah berat badan, anak dengan masalah gizi juga bisa tidak bertambah tinggi atau bertumbuh.

Memang tingkat pertumbuhan setiap anak bisa berbeda-beda, tetapi jika perbedaannya terlalu jauh, ada baiknya untuk diperiksa.

Jika masalah ini terdeteksi secara dini, penanganan yang efektif bisa dilakukan.

Baca juga: Ibu, Ini Cara Mengukur Tinggi Badan Ideal pada Anak

3. Kurang aktif

Pada hakikatnya, anak memiliki keinginan untuk tumbuh dan belajar sesuatu yang baru setiap hari.

Jika tingkat keingintahuan anak lebih rendah dari biasanya, atau terlalu banyak tidur setiap harinya, ada baiknya melakukan pemeriksaan.

Sebab, kondisi ini bisa jadi disebabkan oleh gejala awal anak kurang gizi.

4. Makan lebih sedikit dari biasanya

Setiap orang tua juga perlu memperhatikan porsi makan anak. Jika ia hanya mengonsumsi beberapa sendok saja setiap makan, bisa jadi berhubungan dengan kekurangan gizi.

Terlebih jika makanan kesukaannya sudah tidak menggugah selera makannya, bahkan hingga menjawab jika ia tidak menginginkannya. Pemeriksaan kesehatan anak sebaiknya dilakukan sesegera mungkin.

Baca juga: Perlukah Konsumsi Vitamin Anak Penambah Nafsu Makan?

Selain itu, ibu juga perlu tahu berbagai hal yang dapat meningkatkan risiko anak mengalami kondisi ini. Salah satunya adalah kebersihan lingkungan yang buruk.

Berbagai penyakit bisa menyerang, sehingga mengalami masalah penyerapan gizi terhadap makanan yang dikonsumsi.

Maka dari itu, ibu perlu menjaga kebersihan tubuh anak, termasuk dengan menggunakan Lifebuoy Anti Bacterial, sabun yang terbukti ampuh melawan kuman berbahaya yang merugikan.

Bahkan, manfaatnya bisa didapatkan setelah seharian beraktivitas karena fitur Active Silver+ formula yang terkandung di dalamnya.

Sekarang ibu tahu beberapa gejala awal pada anak kurang gizi. Saat anak mengalami salah satu atau lebih dari gejalanya, segera lakukan pemeriksaan pada ahlinya.

Dengan begitu, berbagai masalah yang bisa disebabkan akibat tidak tercukupinya gizi pada anak, seperti masalah pertumbuhan, bisa dihindari.

Selain itu, ibu juga bisa bertanya pada dokter dari Halodoc melalui fitur tanya dokter tentang cara mencegah kekurangan gizi. Bahkan, ibu bisa mendapatkan potongan sebesar Rp 50.000 untuk berinteraksi dengan dokter di Halodoc melalui smartphone, kapan dan di mana saja.

Tunggu apa lagi? Ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
NHS. Diakses pada 2023. Malnutrition.
Feeding Matters. Diakses pada 2023. Five Warning Signs that Your Child is Malnourished.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan