Ibu, Ini Cara Mengukur Tinggi Badan Ideal pada Anak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Oktober 2022

“Jangan asal saat mengukur tinggi badan anak. Pasalnya, ada cara tepat yang bisa dilakukan untuk mengukur tinggi anak. ”

Ibu, Ini Cara Mengukur Tinggi Badan Ideal pada AnakIbu, Ini Cara Mengukur Tinggi Badan Ideal pada Anak

Halodoc, Jakarta – Orang tua tentu perlu memerhatikan tumbuh kembang anak. Seperti dengan mengukur berat badan hingga tinggi badan anak secara rutin. 

Untuk memastikan berat badan, ibu bisa menggunakan timbangan yang ada di rumah. Lalu, untuk mengukur tinggi badan anak sebaiknya ibu ketahui beberapa langkah khusus agar pengukuran bisa dilakukan dengan benar.

Cara Mengukur Tinggi Badan Ideal Anak

Memantau tinggi badan menjadi salah satu cara orang tua untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain melakukan pengukuran di rumah sakit atau klinik kesehatan, ibu juga bisa mengukur tinggi badan anak di rumah dengan cara yang tepat.

Berikut ini cara mengukur tinggi badan ideal pada anak di rumah:

  1. Pastikan Anak Tidak Menggunakan Alas Kaki

Sebelum melakukan pengukuran, anak tidak diperbolehkan menggunakan alas kaki atau aksesoris rambut agar pengukuran akurat. Kemudian, letakkan alat ukur pada lantai dan tempelkan pada permukaan yang datar seperti dinding.

  1. Anak Harus Berdiri Tegak

Pastikan anak berdiri tegak dan menempel pada dinding yang telah terpasang alat ukur. Posisi kaki harus lurus, lengan berada di samping, kepala tegak, dan bahu sejajar.

  1. Gunakan Benda Datar untuk Memastikan Tinggi Anak

Setelah anak berdiri tegak, ibu bisa gunakan benda datar untuk membentuk sudut siku. Turunkan perlahan alat tersebut hingga menyentuh kepala anak bagian atas. Ibu bisa memastikan tinggi anak dengan melihat angka pada lokasi benda tersebut berhenti.

Jangan lupa untuk catat dengan akurat setiap hasil pengukuran yang ibu lakukan bersama anak. Catatan ini juga bisa ibu bawa saat anak mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh.

Memenuhi kebutuhan nutrisi pada anak membuat tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal. Selain makanan, ibu juga bisa memberikan anak suplemen agar kesehatannya selalu optimal. 

Cek kebutuhan suplemen yang dibutuhkan oleh anak menggunakan Halodoc. Dengan begitu, kebutuhan medis yang diperlukan bisa langsung diantarkan di mana pun ibu berada. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
CDC. Diakses pada 2022. Measuring Children’s Height and Weight Accurately At Home.
Healthy Heights. Diakses pada 2022. How to Measure Your Children’s Height at Home.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan