Perlukah Konsumsi Vitamin Anak Penambah Nafsu Makan?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 November 2021
Perlukah Konsumsi Vitamin Anak Penambah Nafsu Makan?Perlukah Konsumsi Vitamin Anak Penambah Nafsu Makan?

“Jika anak mengalami kehilangan nafsu makan, sebaiknya jangan terburu-buru memberikan vitamin anak penambah nafsu makan. Ibu perlu memastikan terlebih dahulu kondisi kesehatan anak. Jika anak masih dalam kondisi sehat dan aktif, sebaiknya berikan anak camilan sehat dan jadwal makan secara teratur. Jangan memberikan vitamin anak sembarangan tanpa anjuran dokter.”

Halodoc, Jakarta – Tentunya orangtua ingin anaknya melalui pertumbuhan dan perkembangan secara optimal. Bukan hanya mengajak anak melakukan berbagai aktivitas fisik, ibu perlu memastikan kebutuhan vitamin dan nutrisi anak terpenuhi dengan baik dengan memberikan beragam asupan makanan.

Lalu, bagaimana jika anak mengalami kesulitan makan? Perlukah ibu memberikan vitamin pada anak untuk menambah nafsu makan anak, sehingga kebutuhan nutrisi bisa dipenuhi dengan baik? Nah, simak ulasan mengenai pengonsumsian vitamin pada anak agar tumbuh kembang anak dapat berjalan secara optimal.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini 7 Tips Beri Suplemen pada Anak

Jangan Berikan Vitamin Penambah Nafsu Makan Sembarangan

Orangtua mana yang tidak senang melihat anaknya lahap saat mengonsumsi makan siang atau makan malamnya? Hal ini akan membuat semua orangtua lega dan tidak akan khawatir terhadap kondisi kesehatan anak.

Lalu, bagaimana jika anak tiba-tiba kehilangan nafsu makan dan sulit untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan yang ditawarkan oleh ibu? Perlukah tambahan vitamin anak untuk menambah nafsu makan anak? Anak sulit makan tentunya memicu rasa khawatir karena dapat menyebabkan terganggunya asupan nutrisi dan gizi dalam tubuh anak.

Namun, ibu tidak perlu memberikan tambahan vitamin anak penambah nafsu makan jika kondisi anak masih aktif dan sehat. Biasanya, kehilangan nafsu makan hanya berlangsung secara sementara.

Ada berbagai hal yang memicu anak kehilangan nafsu makan, seperti masih merasa kenyang, anak banyak mengonsumsi camilan, atau anak tidak terlalu aktif sehingga tidak memerlukan energi banyak.

Untuk mengatasi masalah ini, ibu bisa memberikan asupan makanan lebih sering dan beragam dalam porsi yang kecil. Tambahkan juga camilan sehat, seperti buah-buahan yang disukai anak agar anak tertarik untuk mencoba makanan yang ibu berikan. Berikan anak makanan secara terjadwal dan teratur setiap harinya agar anak tidak terlalu banyak nyemil yang membuat anak cepat kenyang. 

Baca juga: Vitamin C untuk Daya Tahan Tubuh Anak, Seberapa Penting?

Sebaiknya ibu tidak memberikan vitamin anak penambah nafsu makan sembarangan tanpa anjuran dan dosis sesuai saran dokter. Berlebihan memberikan vitamin anak dapat memicu berbagai gangguan kesehatan pada anak.

Jika anak kehilangan nafsu disertai dengan keluhan kesehatan lainnya, seperti demam, batuk, sariawan, dan menjadi lebih rewel, sebaiknya segera ajak anak ke rumah sakit terdekat

Lakukan pemeriksaan terkait keluhan kesehatan yang dialami oleh anak apalagi jika kehilangan nafsu makan sudah terjadi lebih dari seminggu. Ibu bisa buat janji melalui aplikasi Halodoc agar pemeriksaan yang dijalankan berjalan lancar. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Makanan untuk Penambah Vitamin Anak

Menghindari pemberian vitamin anak penambah nafsu makan sembarangan, sebaiknya ketahui beberapa jenis makanan yang bisa membantu ibu memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi anak meskipun anak kehilangan nafsu makan. Berikut ini makanan yang bisa ibu tawarkan pada Si Kecil, yaitu:

  • Telur

Telur menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan protein dan zat besi tinggi. Selain itu, telur mengandung kolin yang baik untuk mendukung perkembangan kognitif anak.

  • Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan serat yang sangat baik untuk kebutuhan anak-anak. Terpenuhinya kebutuhan serat pun dapat menghindari anak dari berbagai gangguan pencernaan.

  • Sayuran dan Buah

Ibu bisa memberikan anak sayuran dan buah saat anak kehilangan nafsu makan. Mengonsumsi kedua jenis makanan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin yang dibutuhkan oleh Si Kecil. Pastikan ibu memberikan buah dan sayuran yang beragam.

Baca juga: Kenali 6 Tanda Anak Kekurangan Vitamin

Itulah makanan yang bisa dikonsumsi anak sebagai pengganti vitamin anak penambah nafsu makan. Memberikan vitamin anak penambah nafsu makan harus sesuai dengan saran dokter agar tidak berlebihan. Jadi, hindari memberikan vitamin anak sembarangan.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

About Kids Health. Diakses pada 2021. Appetite Slump in Toddlers.
Grow by Webmd. Diakses pada 2021. Vitamin for Kids: Do Healthy Kids Needs Supplements?
Very Well Family. Diakses pada 2021. The 10 Best Foods for Kids.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan