Waspada Microsleep, Ini Waktu Terbaik Berkendara saat Mudik

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 April 2023

“Microsleep adalah hal yang mungkin terjadi saat kelelahan berkendara selama mudik dan menimbulkan bahaya kecelakaan. Untuk menghindarinya, ketahui waktu terbaik berkendara saat mudik.”

Waspada Microsleep, Ini Waktu Terbaik Berkendara saat MudikWaspada Microsleep, Ini Waktu Terbaik Berkendara saat Mudik

Halodoc, Jakarta – Setelah berkendara berjam-jam saat mudik, pasti kamu akan merasa kelelahan. Seringkali juga kamu akan menjumpai macet ataupun jalan yang monoton sehingga kamu kehilangan fokus pada mata selama beberapa detik. Ini merupakan situasi bernama microsleep.

Kondisi microsleep terjadi ketika otak berhenti sebentar seperti sedang tidur untuk beberapa saat. Meski kamu tidak benar-benar tertidur, ini adalah kondisi yang cukup berbahaya jika terjadi ketika mengemudi. Simak lebih lanjut bahayanya dan waktu terbaik untuk mudik agar terhindar dari rasa kantuk! 

Bahaya Microsleep saat Mengemudi

Microsleep bisa terjadi ketika kamu merasa mengantuk namun tidak mengatasinya dengan tidur. Tentu saja, hal ini harus kamu hindari ketika mengemudi karena akan membahayakan diri sendiri dan orang di sekitarmu. Meskipun hanya terjadi selama sepersekian detik, kendaraan yang berada dalam kecepatan tinggi bisa kehilangan kendali dan menyebabkan kecelakaan. 

Seseorang yang sedang merasa kelelahan juga akan kesulitan berkonsentrasi dan matanya tidak terfokus meskipun terbuka. Ini bisa meningkatkan risiko kecelakaan karena pengemudinya tidak sadar dengan lingkungan sekitar. Salah satu skenario lain yang membahayakan pula adalah jika tubuh tiba-tiba terasa lemas dan pengemudi terbangun kembali dengan kaget. Jika ini terjadi, ada kemungkinan kendaraan akan tiba-tiba berbelok dan menabrak kendaraan lain.

Waktu Terbaik untuk Berkendara saat Mudik

Nah, tentu saja tidak ada yang ingin hal ini terjadi saat mudik. Waktu lebaran adalah waktu untuk berkumpul bersama keluarga, jadi sebisa mungkin kecelakaan harus kamu hindari agar mudik berjalan aman.

Untuk menghindari hal ini, kamu perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berkendara di waktu mudik.

1. Di siang hari

Memang banyak pemudik yang memilih untuk mudik saat malam hari karena jalanan lebih lengang. Namun, sebenarnya waktu terbaik untuk mudik adalah di siang hari. Ada beberapa alasan mengapa mudik di siang hari lebih baik. 

Alasan yang pertama, kamu akan bisa melihat jalan dan lingkungan sekitar lebih jelas daripada malam hari. Lampu kendaraan atau penerangan jalan tidak akan menerangi seperti matahari, dan masih sering pengemudi kendaraan tidak menyalakan lampu kendaraannya. Ini akan meningkatkan risiko kecelakaan terlebih jika kamu mengalami microsleep.

Lalu, berkaitan dengan tidur, ritme tubuh normal menggunakan waktu siang hari untuk beraktivitas dan malam untuk beristirahat. Maka dari itu kamu akan cenderung lebih mengantuk di malam hari dan microsleep lebih rentan terjadi.

Jika kamu tetap berencana untuk mudik pada malam hari, kamu harus mengatur ritme tubuhmu terlebih dahulu agar terbiasa untuk terjaga saat malam hari.

2. Setelah beristirahat cukup

Untuk mencegah terjadinya microsleep, pastikan bahwa kamu hanya berkendara saat tidak mengantuk dan sudah beristirahat dengan cukup. Normalnya, seseorang yang akan mengemudi dalam perjalanan jauh telah tidur tidak kurang dari enam jam sebelumnya. Akan lebih baik lagi jika kamu sempat tidur selama 7-9 jam.

Kalau kamu merasa mengantuk, segera cari tempat istirahat terdekat atau bermalam di suatu tempat agar bisa memulihkan energi. Selain itu, orang lain yang ada di dalam kendaraan juga bisa bergantian mengemudi jika kamu harus sampai secepatnya. Untuk memastikan istirahat yang kamu lakukan cukup, Kenali Pola Tidur yang Baik untuk Kesehatan Tubuh.

3. Tidak di puncak arus mudik

Pada puncak arus mudik, akan lebih banyak kendaraan di jalanan karena jumlah pemudik akan sangat banyak. Hal ini menyebabkan jalanan menjadi lebih ramai dan perjalanan akan semakin panjang.

Oleh karena itu, hindari kelelahan yang menyebabkan microsleep dengan menghindari mudik di tanggal-tanggal puncak arus mudik. Perhatikan berita terkini untuk mengetahui kapan banyak orang akan mulai bepergian.

Mau tahu cara ampuh mencegah mabuk selama perjalanan mudik? Baca di artikel ini: “Ini 9 Cara Ampuh untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan“.

Itulah yang kamu perlu tahu tentang waktu terbaik untuk mudik agar terhindar dari microsleep. Kalau kamu memiliki pertanyaan atau keluhan tentang kelelahan saat mudik, jangan ragu untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc

Kini, kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja. Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Wuling. Diakses pada 2023. Microsleep While Driving: Why It’s Dangerous?
NSW Government. Diakses pada 2023. Science of Sleep: Microsleeps Mean Danger.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan