6 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
6 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta - Kunyit, salah satu jenis rempah yang sudah dikenal sejak lama. Kunyit oranye dikenal sebagai salah satu rempah yang memiliki banyak khasiat, begitu juga kunyit putih. Meskipun warna dan kandungannya berbeda dengan kunyit oranye, kunyit putih juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Memiliki nama ilmiah Zedoaria atau Curcuma Zedoaria, kunyit putih adalah jenis tanaman rempah yang hampir semua bagiannya, seperti akar, minyak, dan daunnya, dapat digunakan untuk obat. Tanaman yang banyak ditemukan di daratan Indonesia dan India ini juga telah banyak dibudidayakan di Eropa, Amerika Serikat, dan berbagai wilayah Asia lainnya.

Baca juga: 4 Produk Kecantikan yang Ada di Dapurmu

Karakteristik kunyit putih agak berbeda dengan kunyit oranye. Tekstur dagingnya lebih lunak dan rasanya cenderung mirip dengan jahe, tetapi meninggalkan jejak rasa getir di akhir. Di dalam dunia pengobatan, manfaat kunyit putih lama digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Berikut 6 manfaat kunyit putih bagi kesehatan tubuh, yang perlu diketahui:

1. Obat Alergi Alami

Senyawa curcuminoids yang terkandung dalam kunyit putih, bermanfaat sebagai antialergi, dan terbukti mengatasi gejala alergi pada kulit. Sebagai obat antialergi, kunyit putih bekerja layaknya antihistamin yang berfungsi untuk menghambat aktivitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, yaitu zat kimia yang memicu reaksi alergi.

2. Antimikroba dan Antijamur

Dikutip dari Journal of Pharmacy and Pharnacology, kunyit putih memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang cukup baik. Ekstrak kunyit putih terbukti melawan beberapa spesies bakteri penyebab penyakit seperti E. Coli, bakteri penyebab berbagai gangguan pencernaan, dan Staphylococcus Aureus, bakteri penyebab bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomielitis.

Kunyit putih untuk kesehatan mampu melawan infeksi jamur, seperti Candida dan Aspergillus, serta menghambat aktivitas jamur-jamur lainnya pada tubuh manusia. Selain itu, manfaat kunyit putih turut andil dalam mengurangi jumlah bakteri jahat di mulut, dengan hasil yang setara dengan produk obat kumur yang biasa dijual di pasaran.

Baca juga: 5 Tanaman Alami untuk Mengobati Kanker Prostat

3. Mencegah Kanker

Meskipun keefektifannya dalam mengatasi kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut, kandungan zat RIP (Ribosom Inacting Protein) dalam kunyit putih diduga mampu mencegah, merontokkan, memblokir, dan menonaktifkan sel kanker dalam tubuh, tanpa merusak sel di sekitarnya.

Menurut Journal of Pharmacy and Pharnacology, kunyit putih juga diyakini mampu menghambat metastasis kanker dari suatu organ ke organ tubuh lainnya.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Dari ribuan tahun yang dilewati kunyit putih dalam dunia pengobatan tradisional, keampuhannya dalam mengatasi masalah pencernaan mestinya sudah tidak diragukan lagi. Minyak esensial dari kunyit putih ini cukup bermanfaat dalam mengobati maag, perut kembung, sembelit, kolik, kejang otot, dan masalah lambung lainnya.

Tepung dari akar kunyit putih juga dipercaya mengurangi jumlah dan tingkat keasaman cairan lambung, sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan tukak lambung. Jangan ragu untuk konsultasikan kesehatanmu pada dokter melalui aplikasi Halodoc, sekarang juga jika kamu memiliki gangguan kesehatan pada bagian tukak lambung!

5. Penawar Bisa Ular

Ekstrak dari khasiat kunyit putih dapat menjadi pertolongan pertama yang ampuh sebagai penawar dan penghambat aktivitas racun ular dalam tubuh.

Baca juga: Berbagai Jamu yang Baik untuk Wanita

  1. Meringankan Rasa Sakit

Kunyit putih dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang kamu alami. Hal ini disebabkan kunyit putih mengandung sifat analgesik.

Tidak ada dampak pada kesehatan dari pengonsumsian kunyit putih. Namun, terkhusus untuk wanita hamil dan ibu menyusui, sebaiknya ikuti petunjuk tim medis atau dokter ketika akan mengonsumsi kunyit putih.

Referensi:
Journal of Pharmacy and Pharmacology. Diakses pada 2019. Curcuma Zedoria Rosc. (White Turmeric): a Review of Its Chemical, Pharmacological and Ethnomecinal Properties.
Turmeric for Health. Diakses pada 2019. What Is The Difference Between Yellow Turmeric and White Turmeric: Curcuma Longa Vs Curcuma Zedoria
Health Benefits. Diakses pada 2019. White Turmeric Facts and Health Benefits