• Home
  • /
  • Awas Cyber Abuse Bisa Dilakukan Tanpa Sadar

Awas Cyber Abuse Bisa Dilakukan Tanpa Sadar

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Awas Cyber Abuse Bisa Dilakukan Tanpa Sadar

Halodoc, Jakarta – Saat ini banyak jenis media sosial yang bisa menjadi pilihan untuk digunakan. Tidak hanya mendapatkan informasi, cukup banyak manfaat dari media sosial yang bisa dirasakan, seperti mendapatkan hiburan atau berjumpa dengan teman-teman yang sudah cukup lama tidak bertatap muka.

Baca juga: Cyberbullying Bisa Sebabkan Depresi Hingga Bunuh Diri

Namun tidak hanya itu, perhatikan aturan saat menggunakan media sosial agar kamu tidak melakukan hal-hal negatif yang mungkin saja terjadi, salah satunya adalah cyber abuse. Dilansir dari Kids Health, cyber abuse atau cyber bullying adalah penggunaan teknologi yang disalahgunakan dan umumnya digunakan mengancam, mempermalukan, atau melecehkan seseorang melalui media sosial.

Kenali Lebih Banyak Cyber Abuse

Sebaiknya jangan sembarangan menyiarkan foto, gambar, atau tulisan orang lain pada halaman media sosial. Kegiatan ini dapat termasuk ke dalam cyber abuse ketika orang yang berkaitan dengan foto, gambar, atau tulisan merasa marah, dilecehkan, atau disakiti. Tidak hanya itu, cyber abuse juga termasuk ketika kamu memberikan komentar yang bernada intimidasi, kejam, dan menghina orang lain. 

Bukan hanya orang yang kita kenal, nyatanya cukup banyak orang-orang yang mudah memberikan komentar atas postingan yang dilihat pada halaman media sosial orang lain meskipun tidak mengenal dengan baik. Dilansir dari Kids Health, kondisi ini terjadi karena melakukan intimidasi terhadap orang lain dianggap lebih mudah dilakukan pada halaman media sosial dibandingkan secara fisik.

Tindakan cyber abuse dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan mental. Seseorang yang mengalami cyber abuse dapat mengalami depresi, stres, perubahan suasana hati yang begitu cepat, gangguan tidur, gangguan makan, dan gangguan kecemasan. Jika kamu mengalami gejala tersebut, tidak ada salahnya meminta bantuan pada dokter maupun psikolog agar kondisi ini dapat segera kamu atasi.

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan Ketika Pergoki Anak Melihat Konten Dewasa

Kenali Tindakan yang Memicu Cyber Abuse

Tidak ada salahnya untuk bijak menggunakan media sosial, agar kamu tidak terlibat dalam cyber abuse pada media sosial yang digunakan. Namun, ada beberapa tindakan yang dapat memicu seseorang melakukan cyber abuse tanpa disadari.

1. Merasa Mendapatkan Hiburan

Media sosial bisa digunakan sebagai sarana untuk mencari hiburan. Berbagai macam hiburan dapat ditemukan dengan bantuan gawai dan internet, namun hindari membuat komentar-komentar negatif pada halaman media sosial seseorang. Meskipun kamu hanya bercanda, komentar negatif yang tidak dapat diterima oleh orang yang berkaitan dapat menjadi cyber abuse. Hindari memberikan komentar-komentar negatif pada halaman media sosial orang lain.

2. Kurang Bijak Menggunakan Media Sosial

Saat ini hal yang cukup banyak ditemukan pada media sosial adalah berita hoax atau berita bohong yang belum dikonfirmasi kebenarannya. Sebaiknya, saat mendapatkan berita yang belum dikonfirmasi kebenarannya, tidak langsung memberikan komentar negatif atau kasar. Bijaklah menggunakan sosial dan jangan menyebarkan berita tersebut. Penyebaran berita bohong dan komentar negatif dapat menjadi salah satu contoh dari cyber abuse.

3. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Memiliki rasa percaya diri tentu dapat membantu kamu mendapatkan kualitas hidup yang berkualitas. Dengan begitu, kamu tidak pernah melihat kekurangan orang lain. Namun, rasa percaya diri yang kurang baik akan membuat kamu lebih sering membandingkan diri dengan orang lain. Dengan begitu, kamu lebih mudah mencari kekurangan pada orang lain dan menuliskannya pada kolom komentar.

Baca juga: Kecanduan Media Sosial? Begini Tips Ampuh Mengatasinya

Sebaiknya tetap bijak saat bermain gawai. Tidak ada salahnya untuk bertemu langsung dengan teman-teman maupun kerabat serta keluarga agar hubungan kamu dan kerabat semakin dekat dan berkualitas. 

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2020. Cyberbullying
Understood. Diakses pada 2020. Cyberbullying: What You Need to Know