09 October 2018

Badan Demam, Boleh Mandi atau Tidak?

Badan Demam, Boleh Mandi atau Tidak?

Halodoc, Jakarta - Demam adalah reaksi tubuh saat terkena infeksi atau penyakit. Karena tubuh mengalami peradangan, maka suhu tubuh naik. Ketika orang mengalami demam akibat penyakit, sering kali orang bilang jangan tidak mandi untuk menghindari suhu tubuh semakin tidak stabil. Benarkah begitu? Ini penjelasannya!

Orang Sakit Harus Bersih

Nyatanya, tidak ada hubungan antara demam dengan mandi. Justru ketika kamu terkena demam, membersihkan tubuh seperti dengan mandi sangat dibutuhkan untuk menjaga tidak ada lagi penyakit dan bakteri lain yang bisa masuk ke dalam tubuh. Memang dalam keadaan demam kamu akan merasa kurang nyaman jika mandi, karena keadaan suhu tubuh yang tidak stabil. Namun kebersihan tubuh, apalagi pada orang yang sedang sakit adalah sebuah keharusan.

Mandi dengan Air Hangat

Demam itu bukan penyakit, tetapi lebih kepada hasil proses peradangan dalam tubuh. Sistem imun yang sedang melawan infeksi menaikan suhu tubuh untuk memberi sinyal bahwa ada bagian yang terkena infeksi. Kamu bisa dikatakan demam kalau suhu tubuh mencapai 38-39 derajat celsius. Untuk anak anak, suhu tubuh yang mencapai 37 derajat celsius bisa disebut sebagai demam.

Karena sinyal pada tubuh dikirim dengan adanya kenaikan suhu, maka kamu boleh mandi saat demam, asalkan dengan air hangat. Jika kamu menggunakan air dingin saat demam, tubuh kamu akan menganggapnya sebagai ancaman terhadap proses melawan infeksi. Setelah itu, tubuh akan berusaha untuk menaikan suhu agar perlawanan terjadi kembali dan demam bisa jadi semakin parah. Mandi air dingin menutup pori-pori. Selain itu, penurunan suhu tubuh yang secara tiba tiba, akan memicu badan jadi menggigil.

Lakukan Penyekaan Jika Merasa Tidak Nyaman

Seperti sudah dijelaskan di atas, mandi saat demam memang sering kali tidak nyaman. Namun, membersihkan tubuh saat demam adalah hal yang sangat penting. Jika kamu memang tidak bisa menahan rasa risih ketika mandi, menyeka tubuh dengan lap basah bisa menjadi pilihan. Hanya saja, meski sudah diseka tubuh, biasanya tubuh masih terasa lengket. Perasaan ini juga bisa membuat kamu merasa tidak segar.

Rawat Diri Selama Demam

Obat Pereda nyeri seperti acetaminophen, ibuprofen, atau aspirin bisa kamu gunakan jika setelah mandi atau membersihkan diri kamu masih tidak nyaman. Obat ini juga bisa kamu gunakan saat suhu tubuh malah semakin meningkat. Namun, jangan lupa untuk menanyakan pada dokter cara penggunaan obat. Karena, jangan sampai kamu menggunakan lebih dari 1 obat yang menggunakan acetaminophen, ibuprofen, maupun aspirin.

Jika kamu atau keluarga ingin tahu lebih banyak mengenai demam, yuk tanyakan pada dokter dan spesialis dengan menggunakan aplikasi Halodoc! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!

Baca Juga: