• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bakteri Es dari Air Mentah Sebabkan Sakit Tenggorokan

Bakteri Es dari Air Mentah Sebabkan Sakit Tenggorokan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Setiap orang pasti tidak ingin mengalami sakit pada tenggorokan, terutama pada momen-momen tertentu yang penting. Sebab, gangguan tersebut dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat suara menjadi serak. Terlebih lagi jika kamu harus berbicara di depan orang banyak yang memang menentukan masa depanmu. Maka dari itu, pastikan untuk selalu menghindari penyebab dari sakit tenggorokan.

Salah satu penyebab seseorang mengalami sakit tenggorokan adalah mengonsumsi es terlalu sering. Terlebih lagi, jika es yang dikonsumsi tersebut berasal dari air mentah karena dipercaya masih mengandung bakteri. Untuk mengetahui lebih jauh terkait hal tersebut, berikut ulasannya!

Baca juga: Es dari Air Mentah atau Matang: Apa Bedanya?

Sakit Tenggorokan Karena Es yang Terbuat dari Air Mentah

Air mentah adalah cairan yang belum mendapatkan penyaringan dan pengolahan agar lebih steril dari bakteri dan zat-zat berbahaya lainnya. Seseorang dapat mengonsumsi air mentah yang sudah memasuki tahap pemrosesan sehingga aman untuk diminum. Biasanya, seseorang akan memasak air hingga matang agar aman untuk dikonsumsi tanpa menimbulkan dampak buruk.

Meski begitu, pasti kamu pernah mendengar ada beberapa pedagang yang menggunakan es batu dengan bahan dasar air mentah saat penyajian minuman. Faktanya, masih banyak orang yang tidak tahu atau bahkan tutup mata jika air yang masih mentah sebaiknya tidak dikonsumsi. Padahal di dalam air mentah masih banyak terkandung bakteri dan zat berbahaya yang menyebabkan gangguan secara cepat atau lambat.

Selain itu, salah satu penyebab sakit tenggorokan adalah mengonsumsi es yang terbuat dari air mentah. Gangguan tersebut dapat terjadi disebabkan oleh bakteri yang masih terdapat pada endapan es dan masuk ke tubuh lalu menyebabkan radang pada tenggorokan. Beberapa gangguan yang lebih parah lainnya juga dapat terjadi jika sistem imun seseorang yang mengonsumsinya terbilang lemah.

Baca juga: Minum Es Sebabkan Radang Tenggorokan, Benarkah?

Lalu, bagaimana cara untuk menghindari konsumsi es yang terbuat dari air mentah? Kamu harus mengetahui ciri-ciri dari es yang berasal dari air mentah. Hal pertama yang dapat terlihat adalah apakah es batu tersebut terlihat bening atau berwarna putih. Es batu yang berbahan dasar air belum matang akan berwarna putih karena endapan berbahaya di bagian tengah es yang ikut membeku. Maka dari itu, saat kamu membeli minuman yang memperlihatkan ciri-ciri seperti itu, ada baiknya untuk menghindarinya.

Lalu, ciri es batu yang menggunakan bahan dasar air matang akan terlihat bening dan tembus pandang. Hal tersebut karena gas dan zat-zat berbahaya sudah terurai saat proses perebusan dan tidak ada yang mengendap pada es batu. Dengan mengetahui perbedaan es yang menggunakan bahan dasar air mentah dan matang, kamu dapat lebih bijak saat membeli minuman.

Maka dari itu, kamu harus benar-benar menyaring segala minuman es yang kamu konsumsi dan menghindarinya jika es yang digunakan berasal dari air mentah. Dengan begitu, kamu dapat menjaga kesehatan tubuh dari segala gangguan yang ringan hingga berbahaya. Lebih baik membeli air dengan es yang agak sedikit mahal tetapi menyehatkan daripada harus terserang penyakit.

Baca juga: 7 Cara Ampuh Atasi Radang Tenggorokan

Jika kamu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk segera mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc. Tanpa perlu repot, kamu bisa berbicara dengan dokter kapan dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Ayo, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
CDC. Diakses pada 2020. Food & Water Precautions.
Everyday Health. Diakses pada 2020. What Is 'Raw' Water, and Should You Drink It?