22 April 2019

Bangun Sahur Saat Puasa, Apa Manfaatnya?

Bangun Sahur Saat Puasa, Apa Manfaatnya?

Halodoc, Jakarta - Bangun pagi-pagi untuk makan atau biasa disebut sahur adalah salah satu kegiatan yang hanya dilakukan saat bulan puasa. Tidak bisa dipungkiri sebagian besar orang merasa malas melakukannya. Tidak jarang beberapa orang sering tidak sengaja melewatkannya. Meski bangun sahur terasa merepotkan bagi sebagian orang, tapi ternyata manfaat bangun sahur sangat banyak.

Supaya kamu jadi rajin bangun sahur, berikut ini manfaat bangun sahur yang wajib kamu tahu:

  • Sumber Energi Seharian

Ibadah puasa mewajibkan untuk tidak makan dan minuman selama terbit hingga tenggelam matahari, maka tubuh memerlukan asupan makanan bergizi sebagai sumber energi. Bangun sahur dengan mengonsumsi makanan yang berisi karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serat dan lain-lain adalah hal yang disarankan. Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi cukup air agar tidak dehidrasi. Jika diperlukan, saat bangun sahur kamu bisa mengonsumsi suplemen untuk memelihara kesehatan selama puasa.

  • Menguatkan Sistem Imun

Menurut berbagai sumber, manfaat bangun sahur selanjutnya adalah mampu menjaga sistem imun tubuh. Konsumsi makanan kaya gizi saat sahur membuat kamu tidak mudah terserang penyakit dan tubuh secara otomatis menjadi lebih baik.

Baca Juga: Menjaga Pola Makan Sehat selama Puasa

  • Membantu Program Diet

Tidak sedikit orang yang memanfaatkan puasa untuk sekalian menjalankan program diet. Jika kamu sedang diet, makan sahur jadi pendukung program dietmu karena saat sahur, kamu bisa memilih makanan sehat dengan sayuran dan buah. Tapi jadwal sahur sehat juga perlu diimbangi dengan tidur cukup, karena kurang tidur saat melakukan sahur akan meningkatkan berat badan. Selain itu, kamu harus menghindari kebiasaan buruk lain seperti tidur lagi setelah sahur.

  • Mencegah Penyakit

Karena sifatnya wajib bagi para pemeluk agama Islam, gaya hidup sehat harus tetap dijalankan selama puasa. Salah satunya dengan bangun sahur agar kekebalan tubuh tetap terjaga. Karena kekebalan tubuh membaik, otomatis kesehatan juga membaik dan tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Manfaat bangun sahur lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes dan stroke yang diakibatkan oleh sindrom metabolik. Sindrom metabolik ini merupakan kondisi kesehatan yang memburuk akibat naiknya tekanan darah, kolesterol, gula darah, dan penumpukan lemak. Sahur juga membantu mencegah mual, muntah dan sakit kepala saat berpuasa. Hal ini karena sahur berperan mengatur tingkat gula dalam darah.  Sahur juga diduga dapat memperbaiki masalah pencernaan.

Baca juga: 5 Kebiasaan Tak Sehat saat Puasa

Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi Saat Sahur

Nah, supaya selama puasa kamu tidak merasa lemas, berikut ini nutrisi puasa yang wajib kamu penuhi:

  • Air putih. Konsumsi air putih yang cukup sangat penting dikonsumsi selama sahur. Air putih akan membuatmu selalu segar dan terhindar dari dehidrasi.

  • Zat Besi. Nutrisi ini dibutuhkan selama berpuasa guna mengontrol kadar hemoglobin dalam darah sehingga tubuh tidak lemas. Zat besi bisa didapatkan dari banyak jenis makanan diantaranya daging merah, ikan, kacang-kacangan, kismis, plum, kuning telur, sayuran  berdaun hijau dan gelap, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Karbohidrat Kompleks. Sebagai sumber energi, karbohidrat tentu sangat diperlukan saat makan sahur. Sebaiknya pilih karbohidrat kompleks seperti beras merah agar kadar gula darah bisa tetap stabil.

  • Protein. Asupan protein saat sahur juga penting dikonsumsi saat sahur. Protein sangat berguna untuk membangun tubuh sehingga kesehatan kamu tetap terjaga.

  • Magnesium dan Potasium. Konsumsi juga makanan-makanan yang mengandung 2 mineral penting ini. Mereka akan membantu tubuhmu menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas sepanjang hari selama puasa.

Baca Juga: Biar Diet Lancar, Hindari Kebiasaan Buruk Ini Saat Puasa

Kini kamu sudah paham manfaat bangun sahur dan beberapa nutrisi yang wajib ada dalam menu sahur. Jika selama puasa kamu kamu mulai merasakan keluhan fisik dan butuh saran ahli, hubungi dokter di aplikasi Halodoc saja! Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips puasa sehat dari dokter terpercaya dan rekomendasi beli obat supaya kamu lebih cepat sembuh. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!